Kaos kebanggaan urang Samarinda

loh loh, ini kenapa judulnya typo? sabar mas sabar. ini memang kayak gitu. "urang" itu bahasa Banjar. sengaja nyisipin di judul supaya keliatannya banjar banget. keliatan nggak sih?



ya sudah. aku hari ini mau mau ngasih rangkumanku selama jalan jalan ke RSJ. bukan bukan, bukan rumah sakit. RSJ itu kepanjangan dari Rumah stok jukut. semacam distro khas samarinda gitu. nah, disana aku dapat kesempatan tanya jawab dengan ownernya. keren banget kan? kesempatan ini aku dapat karena aku mengikuti lomba blog yang diadakan dtepian

Foto022

 

namanya Jukut. celotehan khas Samarinda. alamatnya di jalan A.M Sangaji nomer 123. ini alamatnya


View Larger Map

pertama, kita baca sejarahnya dulu aja kali ya. kenapa sejarah duluan? karena sejarah terjadi terlebih dulu dari pada masa sekarang. ya iyalah masa gitu aja nggak tau. sejarah itu nggak bisa dilupakan. tapi ya jangan juga terlalu membesar besarkan sejarah. contohnya fans Liverpool. masih tetap nggak ngerti definisi sejarah? ya sudah mendingan baca disini. Jukut itu pertama kali hadir di Samarinda pada bulan Mei 2012 jadi belum sampai 1 tahun. awalnya, jukut mulai dikenal dari serangkaian pameran yang diadakan di Samarinda maupun kota kota besar lainnya. biasanya kaos kaos jukut itu berdasarkan celotehan celotehan orang Samarinda. contohnya kayak gini

jukut1

ngerti artinya ngga? kalau nggak ngerti tanya aja sama orang orang banjar.

nah, trus kenapa harus bahasa banjar? karena bahasa banjar itu bahasa gaulnya orang Samarinda. jadi jukut mau memajukan bahasa banjar ke seluruh dunia. mulia banget kan? ya iyadong.

bajunya juga cocok untuk semua kalangan. tua, muda, kaya, miskin, cewek, cowok, ganteng, cantik,  jelek semua boleh pake. harganya juga nggak mahal kok. Rp. 70.000 untuk semua design. murah kan? murah, cuman nggak murahan bahannya. pakai cotton 20s trus sablonnya pakai sblon rubber. nggak ngerti kan maksudnya apa? sama aku juga sih pokoknya enak dipake lah. trus pilihan designnya udah sampai 100 lebih loh. jadi bisa pilih yang mana yang disuka. kalau kamu sekarang berada di Samarinda ayo segera beli. Jukut juga tersedia di Jl. Antasari tepatnya di eastkalimantan center samping happy puppy. kalau kamu bukan orang samarinda tapi berencana untuk datang ke Samarinda bisa langsung kesana untuk di jadiin oleh oleh untuk saudara saudara, tetangga, keluarga atau mungkin musuh kamu. ya siapa tau aja mereka langsung kesenangan trus kamu langsung dikasih uang 1 milyar dari dia.

gimana? bermanfaat kan untuk hidup kamu? jelas lah. nggak ada tulisan yang sia sia.

ada yang mau ditanyakan? eh iya. Jukut itu bahasa dari Kutai yang artinya ikan. trus yang mau liat liat design bajunya bisa klik disini

Comments

  1. aku cuma tau arti kata BUNGAS yg dikaosnya... :D
    samarinda jauh kali yaa... :|

    ReplyDelete
  2. Wah ada juga ya kaos celotehan khas Samarinda??
    keren deh

    oya aku udah liat desain kaosnya
    simpel tapi bagus

    ReplyDelete
  3. baru tau samarinda juga punya

    ReplyDelete
  4. ikut lomba blog ya?
    semoga menang ya.. :D
    ntar deh pas aku jalan-jalan ke samarinda aku sempetin ke jukut.. :D

    ReplyDelete
  5. Wah, keren samarinda punya Jukuttt..semoga lancaarrrr jayyyaaaaaa...:)

    ReplyDelete
  6. 'o' aku nggak ngerti artinya apaan kakak...

    ReplyDelete
  7. sepertinya tiap daerah punya kaos kebanggaan masing2 ya.. di Pontianak, merek bajunya Selembe :)

    Selembe, dalam bahasa indonesia, artinya cuek.

    ReplyDelete
  8. masa jauh sih kalau dari sini enggak kok hahahaha
    nanti mampir ke ibu kota Kalimantan timur ini ya :D

    ReplyDelete
  9. keberagaman itu indah. #ILoveIndonesia :)

    ReplyDelete
  10. jukut itu kalau bahasa balinya artinya sayur.. :D

    ReplyDelete
  11. orang samarinda punya bahasa gaul tersendiri gitu jadinya :)))
    semoga menang ya :D

    ReplyDelete
  12. apa artinya tuh acilku BUNGAS banar ??
    haha..
    kalau pekanbaru palingan kaosnya "I LOVE PEKANBARU"
    :D

    ReplyDelete
  13. wah aku taunya 'bungul'..ahahaha
    lam kenal ya...Blogger Samarinda

    ReplyDelete
  14. wah wah, beda jauh ya hahaha

    ReplyDelete
  15. iya. punya bahasa gaul gitu. kalau di jakarta pakai 'Lo' kalau di Samarinda pakai 'ikam'

    ReplyDelete
  16. acil = tante, bungas = cantik, banar = banget. jadi kurang lebih "tanteku cantik banget"

    ReplyDelete
  17. ni kontes sampe kapan mas?
    ulun kagak bisa ikutan karena ulun orang jawa, pian enak tu bisa ikutan hahaha
    guringan aja dah, kagak ngerti bahasa banjar saya :(

    ReplyDelete
  18. wah ternyata di samarinda juga ada kaos kebanggaan mirip dagadu ya...harganya juga standard sama dengan dagadu dan joger...mantabs luarbiasa :-)
    http://hariyantowijoyo.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Ini bhs banjar, jadi seharusnya kaos khas banjarmasin.. Bukan untuk kaltim.. "Loh, berarti smd ga ada identitas..?" "ada, bahasa kutai atau dayak" sori, hanya usul.. Mohon doa nya, saya juga baru mau buka kaos khas kutai.. Hehe..

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.