Ulasan seminar Alitt @shitlicious

pagi tadi aku mengikuti seminarnya Alitt shitlicious. hah? nggak kenal? itu loh penulis novel shitlicious & skripshit sekaligus blogger terkenal yang juga selebtwit. dan dia datang ke Samarinda. dia membahas bagaimana caranya menjadi blogger yang baik dan benar sesuai aturan yang telah ditentukan undang undang yang berlaku. karena aku berbaik hati aku mau bagiin ilmu dari alit untuk kalian semua.

aku sengaja datang pagi pagi supaya dapat tempat yang enak dan ngisi formulir paling pertama dan dengan harapan bisa dapat kenang kenangan seperti seminar TEDx  kemaren. tapi ternyata nggak dapat juga sih. tapi ya nggak papa. lumayan dapat view yang enak. seperti biasa, seminarnya out of the time atau yang biasa disebut dengan Ngaret. karena di smsnya acaranya mulai jam 8:30.  aku udah jalan dari GOR Segiri dari jam 8.00 dan berhubung Unmul itu besar jadi aku menyempatkan diri untuk tersesat terlebih dahulu. sampai sana sudah setengah sembilan lebih sedikit. dan istimewanya masih sepi! dan aku berhasil menjadi peserta pertama yang ngisi daftar peserta yang ikut. habat sekali memang.



beberapa menit kemudian band indie masuk membuka acara. peserta semakin banyak dan baru sekitar jam 10 guest star kita datang. Alitt Susanto! awal masuk ke panggung dia sudah di foto fotoin orang. maklum terkenal. dengan gayanya dia bergaya alay alay zaman sekarang mencairkan suasana. alit membawakan cerita ala stand up comedy selama kurang lebih 20 menit yang semakin membuat suasana seru.  beberapa lama kemudian alit membawakan materinya. yang pertama itu basic banget. dia mengajarkan bagaimana caranya buat blog, cara posting nggak pakai komputer dsb. pokoknya masih yang standar banget kamu kamu semua pasti udah tau lah. masalah yang mana platform mana yang bisa dipakai untuk nge blog itu katanya sih sebenarnya sama aja tergantung kebutuhan. kalau mau yang simple kayak twitter gitu mendingan pakai tublr trus kalau mau yang standar, mudah dan tinggal pakai itu mendingan pakai blogspot trus kalau yang suka ngedit ngedit template gitu mendingan pakai wordpress cuman agak sulit dikit sih. kalau blogku ini sih pakai wordpress.

setelah itu break untuk sesi tanya jawab pertama. nggak ada yang berani nanya sampai sejauh ini. dan seminar dilanjutkan. menurutku ini materi yang paling membuat kesan di acara ini. dia menceritakan bagaimana tips tips supaya blog kita dikenal orang orang, bagaimana perjuangannya nge blog, gimana supaya postingan menarik dan nggak bosan dengan cerita kita dan lainnya. dengan tekad yang kuat aku menulis rangkuman apa apa aja yang udah di kasih alit selama seminarnya. dan aku sekarang mau ngebagiin ini ke kamu kamu semua.

menurutnya, penulis itu menceritakan hal yang yang lebih detil seolah olah pembaca tidak mengenal kita seelumnya. jadi bayangkan pembaca yang membaca tulisan kita itu belum kenal dengan kita. ceritakan aja pada saat itu situasinya kayak gimana supaya yang membacanya bisa sekalian membayangkan apa yang penulis ceritakan. jadi semacam dongeng gitu. tips selanjutnya adalah bagaimana supaya pembaca mau tertarik dengan apa yang kita tuliskan. kuncinya adalah judul. karena dari judul pembaca menganalisa itu tulisan bagus apa enggak. dalam ngasih judul kita harus ngasih judul yang bisa membuat orang penasaran dengan apa yang kita tulis. contohnya buku Kabing Jantan nya raditya dika. dari judulnya aja bikin penasaran itu buku peternakan atau gimana sih? jadi orang orang tertarik membaca tulisan kita yang kita tulis. kadang orang juga suka bigung perbedaan penulis sama pencerita. bedanya adalah penulis itu menceritakan hal yang lebih mendalam detil detilnya sementara pencerita itu menceritakan apa yang terjadi di permukaannya aja.

lanjut ke perjuangannya alit sampai terkenal seperti sekarang. dari SMP alit sudah suka menulis. dulu tulisannya cuman ditulis di kertas aja. biasanya dia menceritakan apa yang terjadi di sekelilingnya. sampai tahun 2006 dia mulai nge blog. dulu dia sampai ngabisin uang 25.000 cuman untuk nulis di blog. 25000 itu dulu mahal banget menurutnya. setelah bertahun tahun dia menulis akhirnya baru di tahun 2010 dia baru mulai dikenal orang. bayangin aja 4 tahun menulis tanpa ada yang ngeranin baru di tahun 2010 baru dia terkenal. alit juga sudah sering ditolak sama penerbit penerbit. mungin sudah belasan naskah yang dikirimnya. dan kalau ditanya nyesal atau enggak waktu ditolak bilangnya enggak. karena kalau setelah di liat lagi tulisannya dulu dengan sekarang itu beda banget. dulu masih jelek. ntar kalau tulisan jeleknya di publish ntar yang beli malah kecewa.

nah terus ada yang nanya gimana karakter tulisan kita sebenarnya. apakah advenrure, komedi, motivasi dsb. caranya adalah teruslah menulis. karena lama lama tulisan kita jadi berkarakter. trus boleh nggak kita terinspirasi dengan tulisan orang? jawabannya boleh tapi jangan terinspirasi dengan 1 orang aja. ntar jadinya sama kayak orang itu. terinspirasilah dari 3 atau 4 penulis. ntar lama lama tergabung semua. jadi kayak raditya dika + agnes davonar + dee lestari = kamu. kurang lebih kayak gitu maksudnya.

lanjut ke sesi tanya jawab. banyak sekali pertanyaan pertanyaan yang diajukan ke alit dan diantaranya ada di ringkasan yang aku tulis di atas. aku sendiri sebenarnya mau nanya. cuman bingung mau nanya apa jadinya aku nggak ada nanya langsung. setelah itu lanjut ke sesi terakhir yaitu sesi foto. udah pasti aku nggak mau ketinggalan sesi fotonya jadi aku foto dengan alit. ini fotonya

IMG_0107

gimana? ganteng kan?

ya udah, kayaknya itu aja yang bisa aku share tentang seminar yang aku ikuti tadi pagi menurutku seminar ini berhasil walaupun nggak ada ACnya. emang sih udah kayak reporter aku nge reviewnya. tapi bermanfaat banget kan ulasanku kali ini?

Comments

  1. Intinya, buat tulisan kamu berkarakter. Lama-kelamaan, orang akan sadar kalo tulisan kamu beda dan unik. Jadi mereka akan tertarik.
    Bener tuh, yang terpenting judul... dan kalimat pembuka.

    ReplyDelete
  2. keren ini ulasannya (y)
    setuju deh, kalo terus menerus nulis, ntar ketauan deh tulisan kita berkarakter seperti apa..

    aaaa asik fotoan sama bang alitt >,<

    ReplyDelete
  3. keren fotonya , bang alit dibawa dong ke BE :)

    ReplyDelete
  4. Keren ya kalo jadi orang terkenanl. ngasih seminar aja dah dibuatin postingan khusus utk lebih terkenal. mau dong jd orang terkenal. heheh

    ReplyDelete
  5. cieeeee seneng ya bisa ketemu sama Alit langsung.. bisa dateng ke seminarnya n dapet ilmu pula, pengin :)

    iya bener tuh kata Alit, kita harus punya karakter sendiri n pastinya menggabungkan beberapa penulis utk dijadikan inspirasi

    thanks ilmunya ya

    ReplyDelete
  6. kapan ya bang Alitt datang ke kotaku tercinta :|

    ReplyDelete
  7. o0o0..
    Begitu ternyata tampangnya si Alit..


    My last post:#blGodok #01

    ReplyDelete
  8. wah..keren ya bisa seminar dengan orang yang udah terkenal di dunia blog
    apalagi kalau sama raditya dika...
    pasti keren banget

    ReplyDelete
  9. Ciee yang udan pernah foto sama Atlitt. Jujur saya juga gak terlalu kenal sih.. aktif ngeblog baru tahu.

    Wuidih jadi peserta pertama haha rajin banget datang pagi pagi ternyata molor.. ternyata sama saja yah.. di Indonesia dimana-mana menggunakan jam karet atau memang karena ada halangan. Perginya jam 8 Alittnya baru nyampe jam 10. Oke itulah yang namanya perjuangan hehe

    btw Kukuh ngereviewnya lengkap juga yah mulai dari penjelasan pembuatan blog, cara koment , perjuangan Alitt dari bawah hingga menjadi blogger terken sampai pertanyaan dari peserta pun di tahu. Haha pantas saja. Kan di catat.

    oke saya juga setuju banget tuh.. kalau menulis jangan hanya terinspirasi dari satu orang, tapi dua, tiga, atau empat penulislah sambil terus menulis biar bisa kita kenali rasa tulisan kita. Iya kan.


    yip postingannya tetap bermanfaat meski sudah dari sepuluh bulan lalu ya:D

    ReplyDelete
  10. WHAT!!! TERNYATA LOE PERNAH FOTO BARENG SAMA BANG ALITT?!!!
    Shitlicious itu Dewa Mahasiswa Abadi #Halah Hahaha... Dia inspirasi gue.. :)
    Dia emang sering bilang Karakter dalam menulis itu penting, makanya sampe skrng gue masih mencari karakter, soalnya Nulisnya masih belom konsisten :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.