Tips tips magang

seperti yang kalian ketahui sebelumnya, mulai bulan Juni sampai bulan Agustus aku diberi kesempatan buat magang. buat kamu kamu yang belum tau aku magang di mana bisa baca di artikel Pra-kerin.

nah, sebelum itu kami sebagai murid murid yang akan prakerin diberi pengarahan sebelum mendapatkan tanggung jawab yang maha besar untuk menjaga nama baik sekolah di mata dunia.

supaya tips tipsnya berguna buat khalayak ramai aku disini mau membagikan tips tipsnya untuk kalian semua. sebuah tips yang akan membuat hidup kamu lebih baik selama 3 bulan kedepan. disini aku bukan sebagai narasumbernya ya, aku cuman mau nyampaikan kembali apa yang disampaikan guru guru di SMK7 Samarinda dengan gaya bahasaku sendiri. dan ini dia " 5 tips magang dari SMK7"



Komunikasi

sama seperti pacaran, komunikasi itu emang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu hubungan yang harmonis, Sakinah, Mawadah dan tentunya Warohmah. jadi di hari hari awal magang kita usahain sok asik aja dengan karyawan karyawan tetapnya. kenalin diri kamu itu siapa, kamu bisanya apa atau bisa juga dengan topik ringan kayak "Om, suka bola nggak? tim favoritnya apa om?", "Manchester United dong.", "wah om seleranya bagus banget. MU kan memang tim terbaik sedunia. saya juga suka itu om. berarti kita jodoh :* " ya pokoknya sok asik aja lah dulu, supaya nggak diem dieman dan ujung ujungnya putus. putus hubungan kerja magang maksudnya

Peka

lagi lagi sama seperti pacaran, kita harus peka. maksudnya disini adalah peka terhadap lingkungan sekitar, jadi misalnya ada mba mba yang jalan megang map atau binder yang banyak banget. terus di situasi itu kamu musti bantu bantu dikit lah, siapa tau mba nya jatuh cita dan kalian jodoh kan. #haseg. ehemmm, maksudnya ada kerjaan yang sekiranya bisa kamu bantu. nah kesempatan itu harus dimanfaatkan dengan membantunya. istilahnya "jangan berat tangan lah." jadi kalau ada kerjaan yang bisa di kerjain walaupun bukan sesuai dengan jurusan ya mbok di kerjain dulu lah. itung itung kan #pencitraan buat bos nya supaya kamu dianggap orang yang baik dan rendah hati.

Jangan berorientasi kepada uang

sama lagi kayak ...ya tau sendiri lah pokoknya. sebagai anak magang kita nggak boleh matre. dikit dikit minta imbalan. itu tidak baik kawan, nanti akhirnya uang itu akan menjadi bom waktu buat kita sendiri. karena ntar kita nggak mau kerja kalau nggak digaji. ada benarnya juga sih, kita kan ngerjain tugas. tapi kan disini kita diposisikan sebagai anak magang, jadi tujuan utamanya untuk mencari pengalaman kerja di dunia yang sesungguhnya. bukan buat digaji.

Sabar

jadi anggap aja kamu udah magang 3 hari terus kerjaannya cuman bikin kopi, beresin ruangan dan disuruh beli gorengan. terus kamu lapor sambil nangis nangis ke mentor dan minta pindah tempat magang. tapi sebenarnya (mudah mudahan) itu cuman buat nge tes gimana cekatannya kamu dan gimana mental kamu yang sesungguhnya. terus perlahan lahan mereka mulai percaya sama tugas kamu dan pada akhirnya kamu diangkat jadi direktur utama perusahaannya #yeay. kalau kata iklan semir sepatu sih "Karena sukses berawal dari bawah"

Cerita ke mentor

kalau di SMK7 sih setiap siswa yang magang akan ada mentornya. jadi kita dipantau ngapain aja kita selama disana. terus kita bisa berkeluh kesah gimana perlakuan mereka selama kita disana. baik atau buruk bisa diceritain ke mereka terus nanti mentor itu akan memberi solusi yang bisa menyelesaikan masalahnya. kalau emang nggak bisa di baikin lagi terpaksa kita harus putus dan move on ke tempat magang lain.

ya kurang lebih gitu lah isi materi yang diberikan oleh guru guru yang memberikan gimana strategi saat magang nanti, umpama dan kata kata yang ditulis disini cuman karangan karanganku aja sih. jadi ya kurang lebihnya mohon maaf Assalamualaikum Wr. Wb. #UdahKayaTulisanFormal

Comments

  1. Saya bisa berkesimpulan bahwa sebenarnya ini adalah tips pacaran sama mentor. Iya kan?

    ReplyDelete
  2. hah masa sih? enggak maksudnya sih bukan gitu bro ._.

    ReplyDelete
  3. Menurut yang saya runut dari atas ke bawah... ya kesimpulannya begitu... LOL

    ReplyDelete
  4. wahhh magangnya seru gak?

    ReplyDelete
  5. cie Kukuh anak magang! kalo suka dukanya magang apa? dibully nggak?? semangat! emang kalo lagi magang terus berorientasi pada uang ga bakalan bisa sih ya...hmm..

    ReplyDelete
  6. Dulu gue juga gak minta imbalan tapi sering dikasih uang... Asik deh prakerin :3

    ReplyDelete
  7. ARie SuryawinataJune 1, 2013 at 1:42 AM

    Sayangnya gue dulu sekolah di SMA, jd kagak ada tuh yg namanya magang..kyknya seru yaaa..hehhe

    ReplyDelete
  8. Syukurlah dulu magangnya di BKKBN saya pas SMK, jadinya tips di atas juga saya pake waktu itu. Hehe. Makasi ya, jadi ngingetin masa magang SMK dulu. :)

    ReplyDelete
  9. semangat magangnya :)... pasti kalau baru-baru gitu ada bully didalamnya. iya gak sih?

    ReplyDelete
  10. wah, magang nih...hahaha

    ReplyDelete
  11. nih gua lg magang bray, kesan hari pertama tu emang gk enak ya ._.

    ReplyDelete
  12. magang itu kalau di kulia semacam PPL yahh... tips yang berguna banget buat anak SMK dan sejenisnya;D

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.