MLM itu..

di suatu sore yang cerah, saat itu aku lagi jogging di balai kota. tiba tiba ada telpon masuk dari Disa.
Kuh, nanti malam temani aku jalan ya, ada bisnis!

 

seperti biasa, aku sih oke oke aja kalau diajak jalan. jadi sehabis jogging aku menemani disa untuk ikutan bisnis yang sebenarnya kita juga belum tau sama sekali itu bisnis apa. yeah!

Jam setengah delapan Disa sampai kerumahku dan kami langsung jalan ke tujuan. ketika aku tanya, "dis, bisnis apa sih?", "nggak tau, kayaknya madu, kayaknya mereka mau masang iklan di blog kita", "masa sih?"

sesampainya disana kami disambut dengan AC yang dingin. ada 1 orang yang ngajak Disa kesana dan 1 orang lagi temannya teman disa emmm, gimana ya jelasinnya, pokoknya mereka pegawai tempat itu lah. kantornya bagus. dugaanku sih ini bisnis Multi Level Marketing (MLM). seperti yang aku dengar dengar dari beragam StandUp comedy MLM itu : pembohong. jadi bawaannya udah nggak enak aja. yang aku tau dari MLM itu : kalau ngajak 2 orang teman beli produknya kamu akan dapat uang beberapa persen. terus kalau teman kamu ngajak 2 orang lagi nanti level kamu jadi diamond. taunya gitu aja sih.

cerita dimulai, kami datang dengan wajah ganteng siap untuk menerima tawaran iklan untuk dipasang di blog. mba mba nya dengan muka baik membawa binder berwarna hitam kepada kami. harapannya sih itu binder adalah surat proposal penawaran iklan seharga 2 milyar. tapi ternyata..... mereka menawarkan madu impor *jleb



aku ingat banget kalau aku masuk di kantornya jam 7:30 suasana di seitar kantornya masih banyak kendaraan yang lewat, dan kami masuk dengan yakinnya. semua menyambutnya dengan riang gembira. terdengar suara terompet, balon di setiap sudut dan nasi tumpeng yang sudah siap dipotong. kami datang dengan karpet merah yang disekelilingnya ada wartawan wartawan dari berbagai media cetak maupun media elektronik.

setelah perkenalan aku dan disa dibuat masuk ke dunia madu impor itu. ternyata mba nya masih muda muda nggak kaku. jadi aku berinisiatif untuk nge troll mba mba nya. sebut saja nama mereka mba before dan mba after. karena mba satunya keliatan sudah pakai madu impor itu sedangkan mba before kebalikannya. sementara mereka ngejelasin aku dengan disa cuman ketawa ketawa aja, kalau ada statistiknya mungkin aku lebih banyak nge troll mba nya daripada dengarin apa yang dijelasinnya. nggak tau diri memang -_-v

sekitar jam 8:00 datang seseorang berwajah oriental ke kantor itu. beberapa detik kemudian kedua mba mba itu menangis haru seakan tak percaya kalau keajaiban itu datang kepada mereka. di detik itu juga mba before dan mba after langung ngajak mba baru datang ngejelasin.

mba before & after kesenangan selebrasi di depan kami dan di belakang mba oriental. bahkan mereka sempat harlem shake disana. sementara kami jadi bosan dengan penjelasannya. mba baru datang ini keliatan udah dewasa, jadi nggak enak juga kalau nge troll dia. jadi kita cuman angguk angguk dan bilang iya aja.

nggak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 8:35. dan aku sebentar lagi tewas kebosanan. padahal aku cuman bilang iya iya aja, tapi mba baru datang ceritaaaa terus.

nggak berapa lama mba pemilik datang. ngejelasinnya sama gitu gitu aja, tapi yang mba pemilik ini lebih hebat. dia bikin interaktif gitu kayak "kukuh sama disa sekolah dimana?", "oh, jurusan apa?" itu basa basi kan harus dijawab. walaupun aku jawab seadanya lalu mba pemilik cerita lagi. gitu gitu aja lah pokoknya. sementara di sisi lain mba before dan mba after masih melakukan selebrasi didepan kami. mereka melakukan atraksi yang atraktif dan spektakuer.

sudah semakin malam dan pembahasan masih tentang madu impor. terus cobaan belum berakhir, datang lagi mas mas pemilik yang ikut ikutan buat ngobrol. mas masnya bawa tahu isi yang sudah 3/4 bagian. ceritanya tetap. itu itu aja, ngejelasin kelebihan kelebihan MLM, cerita cerita sukses dan segala embel embel didalamnya. saking bosannya, ketika ditanya kami berdua cuman diam. lalu 3 detik kemudian baru kita jawab "hmmmm" lalu mas masnya dengan tahu isi yang 3/4 bagian itu cerita lagi.

akhirnya jam 9:40 kami dibebaskan setelah berjam jam di kantor MLM madu impor itu. kami selebrasi ke mba before dan mba after. akhirnya bisa menghurup udara segar, bertemu keluarga berserta teman teman kami kembali.

aku tau kamu pasti bosan dengan cerita ini. sama kayak bosannya aku dengar cerita cerita tentang bisnis madu impor ini. jadi pada intinya MLM itu..... ya begitulah pokoknya.

Comments

  1. aduhhh, kena trap bisnis mlm, sama gw juga mals klo ngikutin bisnis MLM, bisnis MLM itu kadang harus tega makanin temen. hihi

    ReplyDelete
  2. beruntung kamu kuh, kamu bisa selamat..

    ReplyDelete
  3. buang2 waktu ikut mlm...:D

    ReplyDelete
  4. Selamat Kukuh lolos dari MLM:)

    ReplyDelete
  5. HaHaHa... jadi ini versilain dari MLM tahu isi itu yah? waduh-waduh..

    ReplyDelete
  6. Lutfie Nur IkhsanJune 12, 2013 at 4:00 AM

    wahahahah xD Bisnis madu ya? MLM sama mbak mbak!

    ReplyDelete
  7. iya, untung aja aku nggak di sekap berhari hari dan minta tebusan ber milyar milyar :

    ReplyDelete
  8. iya iya. kok sampe diselamatin gitu. kayak habis lolos dari kepungan singa yang nanya permintaan terakhir, terus aku jawab LEO. dan semua singa menari yey! -___-

    ReplyDelete
  9. MLM itu intinya madu dan wanita cantik to

    ReplyDelete
  10. Wuidih.. udah banyak cerita tentang beginian emang...
    dan kbanyakan yg aku dengar jelek2nya doang =w=

    ReplyDelete
  11. dan kita sujud syukur akhirnya bisa keluar..

    ReplyDelete
  12. Kasih tips kuh, gimana carany lolos dari MLM.. haha

    ReplyDelete
  13. Hidup belum lengkap kalo belum kena jebakan MLM....

    ReplyDelete
  14. KUH ! GUE LEBIH PARAH DARI ELO JADI KOBAN MLM!
    hahaha elo itu beruntung, beruntung banget , serius

    ReplyDelete
  15. APA? BENARKAH SEBERUNTUNG ITU? TERIMAKASIH SANG PENCIPTA!
    emang kamu kena jebakan yang kayak gimana dotz -_-

    ReplyDelete
  16. saya dua kali kena jebakan MLM.. di imingi pekerjaaan eh tahunya bisnis semacam it sy gak minat banget.. waduhhh sampai malam ckckc jd pngalaman brharga wkwkw

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.