Perbedaan mati, tewas, meninggal dan wafat

Di hari yang berbahagia ini  aku mau memberikan sebuah pelajaran bahasa persatuan kita tercinta bahasa Indonesia. walaupun dari awal nge blog tulisanku jauh dari kata baku dan melanggar EYD. tapi tidak papa, hari ini aku mau berbagi pengetahuan yang sepertinya tidak diajarkan di sekolah. bagi yang sudah tahu perbedaannya ya baca aja. siapa tau kamu salah kaprah dengan pengertiannya, atau siapa tau aku yang salah. boleh loh di koreksi di kolom komentar.



sebenarnya kalau dalam bahasa inggris sih terjemahan dari 4 kata itu sama "Died" tapi kenapa bahasa indonesia ada 4 kata? kenapa jadi ribet gitu? kenapa ada artikel ini? ya nggak tau juga sih santai aja dong mas.

[caption id="attachment_450" align="alignnone" width="625"]died ini kata bro Google Translate ya..[/caption]

pasti kamu sudah penasaran kan apa bedanya ke 4 kata yang dalam bahasa Inggris itu sama semua? okeh, ini dia

Mati
MATI AJA KAMU! SANA PERGI, AKU TIDAK BUTUH ORANG SEPERTIMU

eh eh, kalau yang ini sumpah serapah ya. bukan itu yang kita maksud. jadi mati itu terlalu kasar kalau diperuntukan kepada manusia. biasanya sih mati lebih layak untuk flora & fauna. maksudnya hewan ataupun tumbuhan. gini contohnya

https://twitter.com/kurniawankukuh/statuses/282392025129705472

https://twitter.com/kurniawankukuh/statuses/282390283109416961

https://twitter.com/kurniawankukuh/statuses/282391101887873024

iya, itu contohnya cerita nyata. memo itu bukan catatan. memo itu ikan nemo ku yang sudah mati akhir tahun kemaren. memo juga sudah pernah aku perkenalkan disini

Tewas

tewas ini lebih cocok untuk orang yang meninggal dalam keadaan yang mengenaskan. biasanya sih tabrakan, jatuh dari jurang atau sok sokan naik motor laju laju trus tabrakan salto dan masuk jurang. ya pokoknya yang tragedi tragedi gitu lah. ini dia contohnya

[caption id="attachment_451" align="alignnone" width="300"]yang ini agak bego sih yang ini agak bego sih[/caption]

Meninggal

yang paling sopan di antara yang lainnya. cocok digunakan untuk orang yang meninggal karena sakit. jadi kalau mau nenanyakan seseorang yang baru saja tewas bisa kayak gini bertanya nya "siapa yang meninggal?" "si John, gara gara balapan sambil mabuk" contohnya bisa kayak gini

https://twitter.com/kurniawankukuh/statuses/191881881460027392

itu maksudnya bapak dalam gamenya ya. jangan salah sangka loh.

Wafat

wafat agak jarang dipakai sih. biasanya cuman dipakai untuk meninggalnya tokoh tokoh masyarakan atau raja raja yang memang layak dikenang orang banyak. contoh orang wafat kayak gini

wafat

 

nah, gimana cukup membantu kan? tapi ini bener kan penjelasannya? kalau salah mohon kiranya dapat dikoreksi. karena sesungguhnya manusia tidak ada yang sempurna kesempurkaan hanya milik Allah semata. #SudahKayakCeramah -____-

Comments

  1. Jadi "mati" dalam bahasa Indonesia ini mengenal kasta ya....


    -_-

    ReplyDelete
  2. Nice, info bro :D

    ReplyDelete
  3. Duuhhhh... Gila tu orang, masa mati gara2 nonton euro. Gue sebulan nonton euro. Alhamdulillah masih idup. Hihi :3

    ReplyDelete
  4. ARie SuryawinataJune 5, 2013 at 10:50 PM

    Pak guru, kan kalo mati itu lebih cocok untuk hewan/tumbuhan...
    terus kalo wafat, boleh gak di pakai buat hewan/tumbuhan... Ini ceritanya, hewan itu adalah tokoh masyarakat juga...Hohoho#PertanyaanGakMutu

    ReplyDelete
  5. Indonesia kan kaya bahasa jadi mati tewas meninggal dan wafat yah semacam sinonim tapi dibilang sinonim jg nggak lupa apa istilahnya dalam bahasa indonesia walau maknanya sama tapi pemakaian kata-kata atau penyebutannya it dikhususkan nah seperti kata meninggal untuk manusia dan mati untuk hewan.. Nice post. Bermanfaat banget nih tulisan khususnya bagi mereka yang msih belum bisa membedakan 4 kata diatas:D

    ReplyDelete
  6. Bro, yang kata "beadaptasinya" di tweet itu kayaknya yang benar adalah "beradaptasinya" :)

    ReplyDelete
  7. waaah iyah iyah , kata tewas memang agak mengenaskan :|

    ReplyDelete
  8. waaaah kuh, gue berasa jadi anak SD ..

    mengingat kembali pelajaran yang penting tapi sering terlupakan :-*

    ReplyDelete
  9. memang ko indonesia bahasanya selalu rumit..

    ReplyDelete
  10. ahmad muazim abidinJune 7, 2013 at 5:40 AM

    perbedaan penggunaan kata kayak diatas tuh kalo ga salah namanya ameliorasi... jadi semacam penggunaan kata sesuai konteksnya

    ReplyDelete
  11. Mati itu lebih kasar biasanya kan untuk hewan

    ReplyDelete
  12. Semoga saja ketika kita bisa menggunakan kosakata "wafat", ha ha ha ha
    ZaenuriAchmad.com

    ReplyDelete
  13. wih, mantep nih. jadi dapat info baru :))

    ReplyDelete
  14. Ada satu kata lagi gan, yaitu Gugur. Biasa digunakan untuk orang yg meninggal di medan pertempuran.

    ReplyDelete
  15. Mati itu bahasa asing (arab).
    Bkn bhsa indonesia. Tlg belajar lg..

    ReplyDelete
  16. Innashalaatii wa nusukii wamahyaaya wa MAMATII.....

    ReplyDelete
  17. Innashalaatii wa nusukii wamahyaaya wa MAMATII.....

    ReplyDelete
  18. Ada lagi selain mati meninggal tewas wafat gugur, yaitu mampus.., satu lagi koid

    ReplyDelete
  19. kalau tokoh pahlawan gugur di medan perang itu mati atau wafat?

    ReplyDelete
  20. Makasih gan. Mantap lah. Jadi lebih paham gw.

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.