Bisnis franchise yang pernah booming di Samarinda

Zaman sekarang tuh kata orang orang adalah zamannya kreatif. Jadi kalau kamu nggak kreatif berarti kamu ketinggalan zaman. Nah, karena Samarinda adalah kota yang kreatif jadi banyak sekali bisnis bisnis baru di Samarinda. Paling banyak ya tentunya bisnis makanan. Ya namanya juga makanan, semua makhluk hidup juga butuh.

Bisnis makanan dibawah ini adalah bisnis yang pernah booming di Samarinda. Nggak tau deh di daerah lain. Tapi yang jelas usaha-usaha ini saat ada yang mengawali, tiba-tiba banyak brand brand yang KW. Nggak tau sih ini kreatif atau enggak, pokoknya Samarinda tetap kreatif!

Bisnis kayak ini dinamakan franchise dari namanya aja udah keren. Maksud franchise bisa kamu baca aja di sini. Jadi di usaha franchise ini rata-rata hadir saat bulan mulai terlihat hingga matahari memancarkan sinarnya. Enggak sih, palingan juga jam 10 sudah tutup. Karena jualannya malam, mas masnya kadang bermuka mesum. Bukan bukan, mas masnya baik kok. Kumisnya aja sexy. uwuw..

Mas mas berkumis ini kebanyakan jualannya pakai gerobak... Oke nama grobak kurang elit mari kita ganti. Mas mas berkumis ini kebanyakan jualannya pakai booth. Sama sih, cuman kan namanya lebih keren. Kalau peminatnya banyak mas mas kumis ini akan tetap bertahan, tapi kalau peminatnya semakin lama semakin sedikit ya mas kumis akan pergi mencari usaha baru.. Kasian deh. Tapi namanya juga hidup. Mas kumis pun terpaksa gulung both.

Nah jadi tujuan dibuatnya postingan ini ya supaya kamu jadi terinspirasi. Siapa tau di kota kamu belum ada. Terus kamu curi start dan akhirnya sukses deh. Kalau sudah sukses jangan lupakan aku ya. Sebagai timbal balik, kamu cukup membelikan aku MacBook pro aja. Aku pasti senang banget kok :')


Tela tela
Percayalah, tampilan aslinya nggak se mewah ini..
gambar minjem di : dokterbisnis.net



Sesuai nama, tela tela adalah makanan yang terbuat dari ketela (singkong). Tela-tela lah pelopor bisnis franchise di samarinda. Tela-tela ini dijual dalam berbagai macam rasa. Ada barbeque, balado, jagung bakar sampai Pizza. Iya, singkong rasa Pizza! masuk akal banget! Pilihan rasanya pasti sudah bisa menyaingi rasa Indomie. Kenapa namanya tela tela mungkin karena tela nya banyak. Karena ini bukan di Inggris, nggak mungkin kan namanya jadi The Telas jadi biar Indonesia banget jadilah nama Tela-tela biar kayak kupu-kupu atau berang-berang gitu.
Soal rasanya tidak perlu diragukan lagi. Pokoknya Pak Khairul Tanjung harus nyoba singkong yang di bumbuin ini. Terus Pak Khairul Tanjung nggak perlu ngejual royalti buku Si anak singkong atau sampai nekat ngejual Trans corp. Karena harganya (hanya) sekitar 5-7 ribu.

Namun sayangnya bisnis tela-tela ini sekarang sudah jarang ditemukan di pinggir pinggir jalan. Jadi biasanya sih tela-tela ini cuman dijual di SD SD. Itu juga produk yang KW. Jadi maksudnya sekarang nama brand tela tela di tulis dengan nama pemilik sendiri. kayak misalnya "Tela-tela bu rita", "Tela tela pak kumis". Gitu, jadi nggak elit namanya. Pasti Pak Khairul Tanjung kecewa kalau beli makanan ini :(


Kebab
Buat yang belum tau, ini namanya kebab.
untung kamu buka blog ini. jadi tau deh ini namanya kebab :)
gambar dari : babarafi.com


Setelah era tela-tela lahirlah kebab. Sama seperti daerah lainnya, Samarinda juga ketularan demam kebab. Pasti kamu tau kan gimana bentuk makanan dari arab ini. ya tau lah, di samping kan udah ada gambarnya.
Liat deh, daging merahnya itu loh menggoda banget. Lembut lagi emmm pasti enak deh. Pasti kamu kepingin kan? Sama. Makanya belikan aku dong.. Eh enggak, kamu kan mau belikan aku MacBook :)

Sama seperti tela-tela, sekarang kebab banyak KW nya. dulu kebab cuman ada 1 brand. Yang terkenal itu. Tapi makin kesana kebab namanya makin aneh aneh. Sampai ada yang namanya kebab spongebob. Ih, sok tau deh. spongebob kan makannya kraby petty!

Hot tahu
dapat dari : pestagram.com

Kata orang Samarinda, makan itu nggak seru kalau nggak pakai lombok. Aku sendiri kurang setuju dengan kalimat itu. Iya, aku nggak tahan pedas. Mungkin beranjak dari situ lahirlah yang namanya hot tahu. Jadi tahunya lebih berkelas gitu. Nggak kalah dengan keripik singkong pedas yang berasal dari Bandung itu.
Tahunya ada level levelnya. Semakin tinggi levelnya maka semakin pedas dan bertambah harganya. Kenapa namanya hot tahu. Kembali lagi, ini bukan di Inggris. kalau di Inggris pasti namanya berubah spicy know. Eh bukan deng. Bahasa Inggrisnya tahu apaan sih?





Mendem duren
Minum supaya tambah haus
sumber gambar : mendemduren.com

Bukan cuman perasaan yang bisa di pendem. Duren juga. masa mau belah duren terus sih. Jadi maksudnya mendem duren ini es. sama kayak es kelapa. cuman ini duren. Kreatif banget nggak sih.. Bikinnya juga sederhana, durian beku, es serut, susu kental manis terus atasnya dikasih kacang. Jadi deh. Benar kata almarhum Steve Jobs yang membuat MacBook itu. Thing Simple.

Tapi sayangnya es mendem duren ini nggak bertahan lama. Karena menurutku gagalnya mendem duren dikarenakan nggak semua orang suka durian dan kalau kamu mau minum untuk menghilangkan haus tidak direkomendasikan minum es ini. Soalnya ini bukan pop ice yang biar rasa durian tetap segar. minum mendem duren akan membuat kamu tambah haus. Nggak praktis. Lagian juga harganya 13.000. Uang segitu kan bisa buat beli nasi campur lengkap dengan teh gelas.

Cap Cin
Supaya keliatan gaul ingat ini..
capcin = Cappucino cincau.
gambar : http://pointofauthorities.blogspot.com

Ini masih fresh nih. Sekarang orang orang berlomba lomba buat jualan es cincau. Cuman namanya aja yang beda "es Cap Cin 5000", "es Cap Cin goceng", "5000 buat es  Cap Cin aja kok repot" ya begitu lah.. sekarang es cap cin sudah mainstream. oia, cap cin itu kepanjngan dari capucino cincau. whoa, kreatif banget kan singkatannya!

Palingan juga es cap cin bernasib sama kayak yang lainnya. Eh tpi tergantung sih. Soalnya kan es cincau bikin haus hilang. Tapi ya liat aja deh nanti.










Oke, segitu dulu postingan kali ini. Mudah mudahan bermanfaat untuk kelangsungan hidup kamu. Aku cuman berpesan. Kalau sudah sukses nanti belikan MacBook yak. Kalau ada yang lain atau ide bisnis yang lain share di komentar yuk!

Comments

  1. Wahhh boleh dicoba nih buat jd usaha di tempat gue, tp kira2 modalnya berapa yah... Duhh tabungan gue di ATM cuma 20ribu itupun udah gak bisa ditarik lagiii... :{D

    What ada yg gak suka duren??!!!!! EVERYBODY LIKE DUREN!! Aneh aja kalo ada yg gak sudak durenn.. Duuhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok yang nggak suka, katanya bisa bikin mabuk.. ini beneran, bukan mabuk karena belah duren looh..

      Delete
    2. Oohh itu toh, gue juga suka mabok kalo lihat duren.. #ehh #DurenYgMana :{D

      Delete
  2. sekarang sih yang jadi rajanya ya kebab, setiap tikungan ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa, namanya juga enak.. tapi sekarang kebanyakan kebab yang KW -__-

      Delete
  3. entah kenapa aku gak terlalu suka dengan makanan ato minuman franchise, apalagi hot tahu! udah isinya dikit! harganya naik mulu! hih! mending bikin sendiri dirumah! minuman-minumannya juga -____- bisa juga kale dibikin dirumah~ * berlalu sambil nyedot teh 2 daun*

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw follow blog aku juga ya Kuh ;) aku udah folow blog kamuuuuuhhh

      Delete
    2. tapi kan enak -__-
      teh 2 daun itu bukan franchise ya.. iya, bukan...
      oke, bentar yaa..

      Delete
  4. itu gambarnya, semuanyaaaaa bikin ngiler.. mendadak pengen capcin,kebab sama mendem dureen.. aaahh tapi dompet lagi kanker -,-
    #lah kok malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, beli semua, beli..
      nah, karena udah bikin ngiler kamu.. mau dong MacBook nya hahahaha

      Delete
  5. Postan nya bermanfaat bgt buat para entrepeneur kyk gue. walau bisnis gue baru smpe ke bisnis yg lwt online dan skrg jg udh gulung tiker( gara" sibuk ya) dan gak prnh jg nybain berbsnis mkanan. hhe dan kyk ny jg dr td gue baca gak pernah lupa nih ya ngingeti buat macbook nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa, sebuah kebanggaan tersendiri kalau bisa bikin tulisan yang bermanfaat.
      iya, kalau sudah sukses ingat itu ya.. hahaha :D

      Delete
    2. iyaa alhamdulillah sesutau yah :D hha okelah kalo inget wkwk

      Delete
  6. di samarinda ada nggak Es Udang Rebus :o

    ReplyDelete
  7. wuih.. enaknya,.. mantapnyo/// ingin pesan satu bang!!!
    ingin ngerasain gimana enaknya tuh.. liat aja bikin perut kelaparan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesan 1? pesan 1? ehm, gimana ya.. emm, bukannya nggak mau buatin. tapi aku memang nggak jual :|

      Delete
    2. hahahhahaha.... sip-sip bang...sip dech..

      Delete
  8. samaaaaaaak, cuman kalo di sini keknya belumm ada mendem duren duh itu buah buahan paling asoy geboy se dunia tuh, buah paling nikmaaaaaaaaaaaaaaaat....tela tela udah ada dari agakan lama gitu yak, tahu pedes juga tuh...ternyata sama yak...ah, kapan gue ke samarinda yak Kuh @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo mbak meykke kesamarinda nanti kita sambut..
      Huwalaaa

      Delete
  9. Capcin keren.-. Fotonya sama aslinya sama fnggak kuh?

    ReplyDelete
  10. mendem duren .... itu kayaknya mengugah selera banget ya.. jadi mau... ada yang tau gak yang jual di daerah jakarta pengen beli :x

    ReplyDelete
  11. aaaa...kangen mendem dureen...dulu di sini ada, sekarang udah nggak ada... *curhat

    disini juga booming smua itu loh kuh...apalagi capcin...udah banyak banget disini,...zzzz,,

    ReplyDelete
  12. Kuuuuuuuuuuuuuh, kirimin makanan itu sekarang juga. KEBAB! gue suka banget sama kebab. Jujur. gue jadi nggak fokus baca tulisan lo, gara-gara ngeliat kebab. Er........

    ReplyDelete
  13. bnyak bgt sekarang, jamur crispy, kentang, dll dkk.... tapi yg baru aku tau disini mendem duren sama kebab doang.

    ReplyDelete
  14. we kalo disini mungkin mie setan, mie tomcat , ceker setan dkk ... kalo duren bikin bikin naik darah :v

    ReplyDelete
  15. Kripik singkong pedas ga booming di sana nih?

    ReplyDelete
  16. itu booming disana tapi kayaknya asalnya sebagian besar gak dari samarinda kan?
    kaya tela2 dan mendem duren pasti dari jawa

    ReplyDelete
  17. Nanti nyusul lagi kuh pentol isi keju, itu rencana bisnis franchise ku wkwk

    ReplyDelete
  18. yang lagi booming di sini (malang) capcin
    kalau tela2 udah gak ada ..hehehee

    ReplyDelete
  19. Aku mw coba bisnisa n nich... kira2 duren mendem ma capcin enk mana yah?.
    Klo jual dua2nya gmn tuch...

    ReplyDelete
  20. Nikin Brand sendiri terus di Booming lebih keren..
    Rasanya gimana gitu :)

    Ijin meninggalkan info. Jika ada yang butuh Kemasan Makanan bisa hubungi kami Greenpack.

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.