Happy Birthday Mars!


Tepat satu tahun yang lalu, aku membeli ikan komet yang kuberi nama Mars , dialah yang menemani hari hariku. Mars ini merupakan jenis ikan komet. Masih dianggap keluarga sama ikan mas. Kayaknya sih. Aku percaya percaya aja.

Sebenarnya Mars ini hanya pelarian setelah Memo mati. Ya, Memo mati secara tragis. Tenggelam di dasar akuarium kamar, kasian. Setelah di visum penyebab kematian Memo karena nggak pernah marasakan nikmatnya oksigen buatan. Ini semua salah mas mas tukang ikan yang aku tanyain
"Mas, ini ikannya kan masih kecil. dikasih oksigen nggak papa kah?"
"Jangan, nanti dia telempar lempar. Biarin aja asal airnya sering diganti"
2 minggu kemudian, Memo mati. Tragis.

Sebagai gantinya, aku membeli Mars. Ikan yang keliatannya nggak rewel dan siap hidup mandiri. Ternyata terbukti, udah setahun di akuarium SENDIRIAN dia masih happy happy aja. Yang penting makannya lancar. Gitu aja sih persyaratannya. Nggak perlu ditanyain keadaan setiap saat.



Nggak terasa udah setahun aku memeliharanya. Sekarang aku jadi tau banget gimana sifat aslinya. Lincah, suka makan, suka tidur siang, mandiri dan introvert. Iya, kalau mars punya masalah, dia nggak pernah cerita ke siapapun. Bahkan selama setahun ini dia juga nggak pernah ngomong. Kalau gitu dia bukan introvert, dia bisu!

Bukan, itu karena dia ikan.

Pertumbuhan mars tergolong lambat. Dari aku beli ukuran tubuhnya juga segitu segitu aja. Aku juga belum tau mars ini jenis kelaminnya apa. Misterius sekali.

Secara ajaib dan di ada adakan, ternyata ikanku ini punya surat terbuka buat pemiliknya.

Dear, Kukuh
Makasih ya udah mau ngerawat gue selama setahun ini. gue bahagiaaa banget.
Walaupun gue cuman sendiri dan elu suka lupa gantiin air gue, nggak papa kok. Gue udah maklumin lu sebagai manusia.
Mudah mudahan kerjasama kita nggak berakhir sampai situ aja. 
Oh iya.. MAKANANNYA JANGAN ITU ITU AJA WOY! Bosen tauk!
kalau sampai nggak mau ganti menu makanan akan aku kasih tau kebiasaanmu setiap hari!!

Ternyata gitu. Bahkan ikan aja lebih gaul daripada pemiliknya. Walaupun akte kelahiranmu sampai sekarang belum ditemukan, HAPPY BIRTHDAY MARS :). Sekian.

Comments

  1. wah..kuat banget sampe setahun gitu kuh...
    aku dulu pernah pelihara ikan koi..tapi bukan yang komet...
    dan akhirnya mati dalam 2-3 bulan...padahal udah aku kasih oksigen... *nyesek

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti ikanmu kurang mandiri mif hahaha

      Delete
    2. iya ya, harusnya ak kasih ikan lain...biar nggak jomblo..hahaha

      Delete
  2. Apa ini njir? Sialan, sampai salam WYATB ku buat Mars. Semoga dia tetap rendah hati. Amin.

    ReplyDelete
  3. Lo jahat Kuh, kenapa lo gak beli ikan satu lagi buat temen Mars, kasian dia stahun hidup dalam kesendirian.

    Elo dikutuk jadi jomblo selamanya sama Mars tau rasa deh lo.

    Btw, Mars.. Met ultah ya..
    Makan2nya dooonk~

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh nggak gitu juga dotz -__-

      iya, katanya dia mau traktir takari 2 bungkus dotz..

      Delete
  4. Wah kuat juga lo rawat ikan selama setahun kuh. Mungkin ini adalah tantangan yg sama kek merawat anak loe nanti. Jd nanti kalo lo punya anak bikinin akuarium aja.. Hahaha xD

    Met Ultah Mars! Kalo besaran dikit ganti nama jd Matahari ya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau gitu jadi manusia amfibi dong. ini apa apaan -___-

      Delete
  5. setahun itu waktu yang lama loh kuh. kucing gue aja cuma bertahan 2 bulan. dan sebulan yang lalu dia mati :( jaga si mars kaya lo jaga perasaan lo yak wkwk
    selamat ulang tahun mars^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing cuman 2 bulan?? biasanya kucing kan sampai 3 tahun lebih :|

      Delete
  6. Mars.. Mars gue kira planet -_- ternyata ikan, kurang apersepsi lo kuh jadi fikiran gue kemana-mana haha

    Selamat ulang tahun mars, kalo lo mau tau jenis kelaminnya, pegang ajah tete-nya kuh ntar kalo dia gampar lo berarti dia cewe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak tega fik. ntar kalau masuk penjara gara gara "Seorang pemuda divonis 2 tahun karena pelecehan seksual terhadap ikannya sendiri" gimana hahaha

      Delete
  7. hebat bisa nyampe setahun. aku pernah pelihara ikan, belum nyampe seminggu udah mati karna di obok-obok sama anak kecil rese-__-
    tapi kasian juga si mars, masa selama setahun dia sendiri terus. beliin ikan lagi deh, biar ada temennya. binatang juga butuh bersosialisasi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia udah bilang.. nggak mau pendamping hidup. dia lebih baik sendiri agar cintanya nggak terbagi bagi hahaha

      Delete
  8. Gue baru, kalo ikan lo yg sebelumnya mars itu adalah ikan yg gagal. Iya, masa matinya gara-gara tenggelam. Gak elit banget untuk seekor ikan.

    Coba bayangi kalo berita kematiannya masuk di halaman utama koran nasional. "Diduga belum professional, seekor ikan kecil bernama nemo ditemukan tewas tenggelam" idih, pasti ga ada yg baca. Sebagai keluarga ikan, aku merasa malu.

    Btw buat mars, selamat ulang tahun ya. Moga betah di akuarium sendirian, moga kelaminnya jelas jenisnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh itu maksudnya gue baru tahu -_-

      Terus nama ikannya itu typo, maksudnya memo bukan nemo -_-

      Delete
    2. Iya, emang nggak elit banget matinya. mungkin lebih elit kalau "Diduga kedinginan, seekor ikan kecil bernama memo tewas terbakar"

      Delete
  9. Haha... keren mars!
    Sejak kapan kamu lahir di dunia,... aku nggak tahu.. ya wes.. selamat ulang tahun ya..
    Semoga arwahmudi sna baik-baik.. titip salam ke teman-teman mars yang telah mati duluan dan juga telah reinkarnasi ke dunia baru. Jagnan lupa,..salam kalau daging teman-teman; lele, mujair, dan tongkol, pindang lain-lain dagingnya enak.. sip..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. reinkarnasi -___- gila, bahasanya keren banget..

      Delete
  10. Wkwkwkwwkk aku juga punya ikan semacam itu kuh, ada 5 malahan. Udah ditaruh diakuarium gedhe plus ada oxygen + terumbu karang tapi tetep aja gak bisa bertahan 1 tahun -_- paling cuman 6 bulanan lah. Lah si Mars sekalipun hidup mandiri tapi bisa survive yak ? Kasih makan apasih ? :o

    ReplyDelete
  11. Gue kira yang ulang tahun Bruno Mars -____-"

    ReplyDelete
  12. Gue udah ngira kalo mars ini hewan peliharaan. Dan ternyata itu nama ikan. Memang sangat amat biasa sekali yak _ _".
    Tpi itu umur yg bisa terbilang panjang, krena bsa bertahan slama stahun.
    Ini knpa binatang lo kyak kucingnya radit? Bisa nulis psan gtu _ _"
    Hbd, mars. Smoga tahun ini udah pnya pacar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ENGGAK, ayaknya dia lebih senang menyendiri zi hahaha

      Delete
  13. hahahhaa ku kira Mars planet, ternyata ikan
    ppfft kena tipu juga nih ehhe
    selamat ulang tahun ya si ikan Mars, minta sama bosmu buat beliin satu lagi ikan buat nemenin kamu plus makanannya memang harus gonta-ganti tuh
    hahahaha
    Kukuh km lucu deh

    ReplyDelete
  14. mhuahahahaha ternyata mars itu ikan yuaa wkwk kirain kekasih hatinya kukuh.. duuh udah setahun kok bisa pertumbuhannya lama banget.. btw carikan pasangan gih si marsnya biar gak kesepian.. kasian juga sendiri di aquarium

    ReplyDelete
  15. Kuh, si Mars tidurnya merem gak?
    Enakan melihara kucing deh, Kuh.
    Unyu soalnya bisa ngilangin stres.
    Tapi ya tetap aja Happy Birthday ya buat si Mars.

    ReplyDelete
  16. happy birthday yak Mars!! Kasian banget lu udah setaun masih segitu aja, dikasih makanan apa sama si Kukuh?? coba dikasih masakan padang pasti lu berkembang pesat. Apalagi sama daun ketela berserta sambel sambelnya. Sumpah, Mars! Itu enak!

    Semoga lu semakin betah disana ya, dan semoga lu segera didekatkan tulang rusuknya..berdoa aja biar si Kukuh sanggup bawain temen hidup buat lu...masa peliharaan sama majikan satu nasib? Jangan, kasiaaan...

    ReplyDelete
  17. ini apaan-_-.. keknya otak lu udah keganggu banget xD apa karena kelamaan jomblo lu jadi gini? sampe ikan aja diginii astaga xD... #cabuut

    ReplyDelete
  18. Wah selamat ulang tahun ya ikan mars.... semoga lekas ketemu akta kelahirannya.. wahahaha jangna lupa cantumkan nama ayah dan bunda nya y? :p

    ReplyDelete
  19. Selamat ulang tahun mars :DD
    Ayo ikan kutunggu PU kamu "̮ ƗƗɑƗƗɑƗƗɑ "̮
    Lah ikan kan kasian sih ikannya hidup sendirian ??
    Kasian lagi gue sama loe ketika loe jomblo kuh hahaha #cabut ..

    ReplyDelete
  20. Sendirian aja Kuh? Kan kasian, kalo kesepian gimana. Trus kalo malam minggu galau masa harus berdoa minta hujan. Kan ga ngefek, dia kan ikan--"

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.