MB3 - Nasib Secret Admirer

Serial Mari Belajar Bahasa Banjar yang  hadir pertama kali di tahun 2014. Rubrik yang berisi cerpen bilingual bahasa Indonesia dan Banjar. Pasti tetap menghibur dan mengedukasi kamu yang suatu hari nanti liburan ke Kalimantan. Bahasa Banjar di tulisan ini mungkin bukan bahasa Banjar yang seutuhnya. karena ini adalah bahasa banjar yang disesuaikan dengan logat Samarinda. Baca juga serial MB3 lainnya.


Bel telah berbunyi, tanda hari pertama belajar siswa SMP Harapan Dunia dimulai. Bukan hanya murid berseragam SMP yang ada disana, terdapat juga 501 anak-anak berpakaian putih merah khas seragam Sekolah Dasar. Hari itu merupakan pertama kalinya mereka menjadi siswa SMP. Tak terkecuali Mahmud, dia sangat gugup ketika di depannya sudah banyak kakak kelas berwajah menyeramkan yang terpilih untuk menjadi panitia MOS. Diantaranya ada kakak yang wajahnya mirip Karni Ilyas, Syahrini kalau make-up nya luntur, Doraemon, Pokemon bahkan Scooby Doo. Oleh karena itu, kedua orang tua Mahmud sudah siap siaga dibelakang gerbang sekolah. Jadi kalau kakak OSIS itu "mengerjainya" dia tinggal bilang.
"Mamaaaaa, Papaaaaa. Itu dia mau gangguin aku, Toloooong"
Siswa SMP yang seharusnya baru masuk SD.

Luncing dah bunyi, itu berati anak-anak SMP Harapan Dunia turun lagi. Kada cuma murid bebaju SMP nang ada disana, ada jua 501 anak bebaju putih kayak anak SD. Haritu hari pertama bubuhannya jadi anak SMP, termasuk Mahmud. Inya gaer pas di muka ada kaka kelas bemuha sangar yang tepilih buat jadi panitia MOS. Kaya Karni ilyas, Syahrini kalo make-up nya luntur, Doraemon, Pokomon sama Scooby Doo. Saking takutannya digerbang ada abah lawan mamanya betungguan. Biar inya aman aja pang. Jadi kena kalo anak OSIS nganuin inya tinggal teriak
"Mamaaaaa, Abaaaah, itu dia mau gangguin ulun. Tulung nah, munyak banar"

Strategi Mahmud berhasil. Kalau teman-temannya dikerjain, Mahmud tidak. Tidak ada satupun anak OSIS yang berani menyentuhnya. Contohnya saat yang lain disuruh bermain game kekompakan "Satu Aqua gelas harus diminum untuk 10 orang". Mahmud lebih memilih untuk beli minum sendiri. Dia bahkan berkomentar
"Ah, Aqua kecil gitu aja diminum 10 orang, kayak orang susah aja".

Cara Mahmud sukses. Jadi kalo kawalnya dikerjain, Mahmud kada. Kedada anak OSIS wani melawaninya. Kayak pas kawal-kawalnya disuruh main game kekompakan "Sebuting Aqua halus harus diminum 10 urang". Mahmud ya mending beli sorang. Inya bilang jua
"Bah, Aqua halus keitu diminum 10 urang. Kek orang kedada duit haja"



Tantangan hari itu adalah meminta tanda tangan 10 anak OSIS yang telah ditentukan. Sebenarnya Mahmud udah pengen bilang toloooong, tapi gagal saat ada nama "Jessica" disitu. Dia tau, Jessica adalah anak kelas 9 yang  cantik seksi, imut dan menggemaskan. Dia tau karena sebelum MOS dia browsing "Cewek cantik SMP harapan dunia" dan menemukan Jessica di daftar pencariannya. Oleh karena itu, Mahmud langsung bersemangat dan menyisir rambutnya yang kebetulan botak itu dengan pasir.

Haritu tatangannya minta tanda tangan 10 buan OSIS. Padahal Mahmud malas pang, tapi inya hancap pas ngeliati ada ngaran Jessica di dalamnya. Dia tahu Jessica anak kelas 9 yang pokonya bungas banar. Nyaman jua diliat. Inya tahu gara-gara sebelum MOS inya buka google "Bebinian bungas SMP harapan dunia" sekalinya ada Jessica. Makanya Mahmud semangat banar nyisir rambutnya yang botak tu make pasir.

Setelah selesai MOS, Mahmud merasa lebih ganteng dan gaul. Ini dikarenakan dia tidak lagi memakai tas karung suruhan anak OSIS, kini ia memakai tas bergambar Upin & Ipin. Dengan modal itu Mahmud memulai pendekatan dengan Jessica. Dia mendapatkan di akun Twitter-nya. Kebetulan Jessica menaruh lengkap akun sosial medianya di bio Twitter. Pasti ini supaya Jessica di SMS Mahmud duluan. Mahmud sangat percaya diri dengan prediksi brutalnya itu. Padahal Jessica belum kenal dengan dirinya.

"Btuh mdbstr! | <3 @iqbaale| ig: Jessica_SMPhd | line: Jessica_hrpndunia | cp: Jessica : 081256789101".

Habis MOS, Mahmud dah merasa ganteng sama gaul. Ini gara gara inya kada lagi pakai tas karung yang disuruh ana' OSIS. Sekarang Mahmud pake tas gambar Upin & Ipin. Modal keitu aja inya mulai ngedekati Jessica. Mahmud dapat numur dari twitternya. Kebujuran Jessica naroh lengkap akun susial medianya di bio Twitter. Pasti biar Mahmud yang ngesemes duluan. Mahmud dah kepedean dengan tebakan sembarangannya. Padahal Jessica aja belum kenal lawan inya.

"Btuh mdbstr! | <3 @iqbaale| ig: Jessica_SMPhd | line: Jessica_hrpndunia | cp: Jessica : 081256789101".

Dari situ Mahmud mulai SMS. Dia mengaku kalau dirinya bernama... Joe.
Mahmud Joe mulai maksa supaya cocok dengan Jessica. Padahal kan cinta itu lebih berwarna kalau saling mengisi kekurangan masing-masing. Mulai dari nama yang sama sama berawalan J, sama sama nggak suka pakai rok mini sampai yang paling ekstrim, sama sama suka Barbie. Krisis identitas banget, padahal Mahmud lebih suka Upin & Ipin.

Mahmud mulai SMS. Inya bepadah kalau ngarannya... Joe.
Mahmud Joe mulai ngikuti kebiasaan Jessica. Dari ngaran haja dah di samakan depannya J, Sama sama kada suka berok mini sampe yang paling bungul, Sama sama suka Barbie. Bungul banar.

Setelah 10 bulan rutin SMSan dengan Joe, Jessica penasaran. Jessica pengen kenal Joe lebih dekat karena dia pengen ngeliat wajah aslinya, apakah benar benar mirip Justin Bieber, Jessica juga pengen dengar candaannya yang garing itu secara langsung. Sama seperti cewek seusianya, strategi Jessica adalah ngasih kode ke Mahmud, via twitter.

10 Bulan esemesan lawan Joe, si Jessica penasaran ae. Jessica handak tahu Joe lebih parak. Inya muhanya, masa bujuran kayak Justin Bieber. Inya jua pengen dengar lucu-lucuannya yang kada lucu  secara langsung. Strategi Jessica sama kayak bebinian seumurannya. ngasih kode ke Mahmud, pake Twitter.

@Jessicacute: pEngEn KnL mA J
@Jessicacute: kU mw ktmu qmuue
@Jessicacute: quu s'Bnrx syg loh ma kmu

Ngeliat tweet tweet itu, jelas buat Mahmud tertantang. Mahmud udah nggak tahan pengen menunjukkan jati dirinya. Karena anak remaja seusianya selalu nggak pengen kalah, Mahmud juga ikutan ngetweet kode. Di Twitter juga!

Ngeliati tweet itu, apa kada panas si Mahmud. Kada tahan lagi dan pengen nunjukin iya yang asli. Namanya lelakian pastiai kada mau kalah. Mahmud juga ikut ikutan ngetweet kode. Di Twitter jua!

@Mehmeddd : Q lh yG qm cri s'lama nie
@Mehmeddd: Q jg mw ktmu ma Qm, q jg mw yg lbh dr cm tmn"
@Mehmeddd: Ohhh, J. Q luv km.

Satu jam....
Dua jam....
Tiga jam....

Mahmud membatin. "Kok dia nggak peka ya?". Ah, udahlah daripada nunggu lebih lama lagi, lebih baik nekad sekalian.

Mahmud bepadah dalam hati "Ko kada peka lah?" Bah, daripada kelawasan aku nunggu, Mending nekat aja langsung.

@Mehmeddd: @Jessicacute: Hy Jessica, cek TL gw y.

Satu jam...
Dua jam...
Tiga jam...
......

Besok paginya.

@Jessicacute: @Mehmeddd OH JADI KAMU JOE? JADI KAMU NGEBOHONGIN AKU?!!"
@Jessicacute: @Mehmeddd KAMU KOK TEGA BANGET SIH!! MULAI SEKARANG JANGAN HUBUNGI GW LAGI!!!

Satu menit kemudian, Mahmud pingsan. Cerita selesai..
Habis sepuluh menit, Mahmud Pingsan.kesah selesai.

Comments

  1. hahaha koplak. gue sakit mata baca tulisan alaynya. ada gitu ngesearch cewek cantik sekolah bisa langsung nemu di google. pesan moralnya lebih baik jujur diawal. dari pada bohong yg baik2 ujungnya ketauan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya pendalaman peran yog. Biasanya kan anak SMP baru memasuki masa alay.
      Wah, pesan moralnya dapat banget!

      Delete
  2. mantap, serial yang nanti kalo kamu punya buku mesti kamu masukkan ini Kuh.

    ReplyDelete
  3. yah intinya kebohongan tetap kebohongan... apapun alesannya..hahaha
    btw itu tulisan alay-nya bikin pusing banget...bikin capek mata juga kuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, namanya juga pendalaman karakter mif.. biar lebih realistis aja gitu..

      Delete
    2. iya kuh..berhasil...berasa realistis banget tokoh2nya...berasa alay-nya...ahaha

      Delete
  4. hahahaha JOE KW ketahuan dan angsung diputusin Jessica wkwkwkw kasian, makanya kalo modus itu jgn pake nama samaran :p
    lucu ceritanya Kuh, walau ada beberapa bagian bahasa Banjar yg gak aku ngerti hehehe
    btw aku gak suka dengan orang yg bernama JESSICA ":eh malah curhat"
    sukses Kuh bikin cerita2 gini lagi yaw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, namanya juga mengenalkan bahasa Banjar :D
      Oia, Mereka juga belum sempat pacaran loh

      Delete
  5. Hahaha bagus ceritanya saya baca sekaligus belajar bahasa banjar... ah mama mahmud sok sok pke nama joe... hihi.... nilai moralnya.. sepintar pintar berbohong pasti ketahuan juga #ccocok gak ni.... btw ada lagu banjar judlnya iya kada...berarti artinya iya tidak yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya betul. lama lama ngerti bahasa Banjar kan :))
      Bujur, Lawas lawas ngerti jua bahasa Banjar lok :))

      Delete
  6. Cuma sekedar saran: Tolong sebelum ngepost, di cek dulu ya bro. di paragraf ke 1, 3, 5, kata-kata nya ada yang salah.
    Semoga bermanfaat.
    SALAM KENAL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah dibaikin, makasih ya koreksi & sarannya :)
      Yoi, SALAM KENAL.

      Delete
  7. wah, bagus banget tuh rubriknya.
    bisa dicontoh, buat ngembangin bahasa daerah.
    ceritanya juga bagus :)

    ReplyDelete
  8. hahaha pke boong segala siich , :-D


    ciye cerita di atas ngikut perkembangan jaman nie, kenalannya dah pke mensyen2an segala.
    kalo osis jaman dlu blm ada, yg ada pke surat :-D

    ReplyDelete
  9. krisis identitas,
    itu tulisan alay apa huruf braile, tapi bangga nulis bahasa daerah ya.
    ceritanya lucu, asli.

    ReplyDelete
  10. hahahahaha,, sekarang emang lagi musimnya anak-anak alay yang suka malsuin identitas, korbannya ya alay juga pastinya, abisnya sama-sama oon sih,,, :)
    pesan: hati-hati kalo kenal orang di media sosial maupun SMS-SMS nyasar, bisa jadi orang itu lagi nipu kalian... :)

    ReplyDelete
  11. gimana sih, mahmud udah tau ngakunya joe malah mensyen dia pake akun mahmud hahahaha gue tadinya nggak ngeh kenapa kok jesika malah marah agak telmi -_-

    pesan moral. nambahin yg di simpulin bang yoga, jangan bohong lebih baik jujur di awal. kalo udah kepepet ya lanjutin haha

    ReplyDelete
  12. Jadi intinya lebih ke "be your self" gitu ya..
    Coba Mahmud minta sama Ortunya buat ganti namanya aja jadi Joe.
    Tapi ini mendingan dari pada kena friendzone :))

    ReplyDelete
  13. Pusinggg gue kuh bacanya. Hahaha... Tulunggg... Tulunggg... xD
    Eh tapi ada gitu search di google cewek tercantik di sekolahnya. -__-" sekolahnya udah terkenal banget pasti.

    Kuh, kalo boleh bedain bahasa indonesianya di bold atau bahasa banjarnya di bold biar gak pusing. Di HP gak kelihatan bedanya :3

    ReplyDelete
  14. tulisannya mehmed masyaallah bikin gue pengen netesin insto kemata gue -__-

    ReplyDelete
  15. hahaha keren nih, aqq juga sempat kepikiran mau buat cerpen bahasa daerah aq, tapi belum sempat. aq ngerti sdikit2 tnp bca trjemahanny, alnya di tempat ortu ku kerja banyak orang banjar. keren deh keren :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.