Kepadatan yang memuncak

Sama seperti artis profesional yang jadwalnya selalu padat sampai harus mempunyai manager. Akhir akhir ini jadwalku memang sama seperti mereka. Cuma bedanya nggak punya manager. Lebih tepatnya nggak ada yang mau jadi manager. Padahal sekarang lagi ngetrend bio yang isinya nomor HP manager, Biasanya temannya sendiri sih. Biar keliatan keren aja.

Kalau biasanya aku cuma menyibukkan diri sendiri, kali ini beda. Ini namanya sibuk karena profesionalitas sebagai seorang pelajar. Buat yang kebetulan nyasar, ditipu, atau memang kasian aja sama yang punya blog kerena keliatannya nggak ada yang buka. Aku adalah seorang siswa kelas 12 di sebuah SMK yang terkenal di Samarinda. Mudah mudahan Pak kepala sekolah baca, siapa tau aja kan aku diluluskan otomatis.

Jadi di postingan ini aku akan ngejelasin satu satu arti dari semua jadwal itu berserta tanggal mainnya. Buat menambah wawasan kamu juga.



Project Work (18-20 Februari)
Karena siswa SMK belajarnya lebih banyak praktek daripada teori, maka ada yang namanya Project Work yang tujuan utamanya untuk mengukur apakah kami sudah siap terjun ke dunia kerja atau belum. Karena anak SMK adalah orang yang diproyeksikan bisa langsung kerja. Maka dari itu, di Project Work kami harus mengerjakan suatu proyek yang telah disiapkan. Jadi seolah olah kami adalah seorang profesional yang mengerjakan tugas dari client. Sok banget nggak sih.

Karena aku mengambil jurusan Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak, cuma bagusan nama Internasionalnya) maka aku seolah olah jadi programmer sungguhan yang ditugaskan membuat website / program komputer dalam waktu 24 jam. Keren kan? Enggak juga. Project work itu gengsinya sama dengan UN, kalau anak anak SMA UN ada pelajaran IPA atau IPS nilai ujian nasional pelajaran kejuruan 60% dari PW.

Try Out (24-25 Februari & 24-25 Maret)
Try artinya mencoba, Out artinya keluar jadi try out artinya mencoba keluar. Aku juga sebenarnya pengen cepet cepet keluar dari semua ini. Tapi sayangnya hidup nggak sama seperti The Sims yang bisa di skip.

Nama aslinya sih Tes Daya Serap. Dilaksanakan 24, 25 Februari dan 24, 25 Maret. Tes ini digunakan sebagai tolak ukur kemampuan kita sampai mana untuk menghadapi UN. Ya kalau dalam sepak bola ada yang namanya laga persahabatan, begitu juga dengan try out. cuma bedanya, try out bukan sahabat.

Ujian Sekolah (10-18 Maret)
Ini adalah akhir dari pelajaran pelajaran yang selama 12 tahun dipelajari, sebut saja Fisika, Kimia, Biologi, PKN, Seni budaya. Kalau di film laga yang penuh aksi seperti Power Rangers mereka seperti anak buah yang banyak tapi sekali pukul langsung mati. Hanya cameo. Nggak gitu juga sih. Mereka semua penting. Misalnya aja pelajaran Kimia, kita perlu meghitung kalor buat... eh, menghitung kalor buat apa sik?

Begitulah.

Ujian Nasional (14-17 April)
Kalau di Power Rangers UN udah kayak musuh utamanya. Biasanya monster dan paling susah dikalahkan. Tapi kalau udah dibunuh pakai pedang sakti, monsternya bukan mengeluarkan darah, tapi kembang api. Namanya juga pedang sakti.

Kalau di Power Rangers, setiap ranger punya kekuatan masing masing. Ada yang punya pedang sakti, ada yang cepat lari, ada yang hebat main flappy bird. Lha, Buat apa coba. Tapi UN beda. Di UN setiap murid disamakan harus mengerti pelajaran pelajaran yang di inginkan pemerintah kita tersayang ini. Padahal kan setiap manusia memiliki minat dan keterampilan masing masing. Jadi SMK ada 4 mata pelajaran yang di UN kan. Mereka yang beruntung itu adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika & jurusan masing masing.

Aku memang udah nggak se santai tahun lalu yang bisa mainan... Tiap hari semauku. Sama seperti detak jantung, hidup nggak bisa selalu statis. Selalu banyak kejutan, kalau nggak ada kejutan, mau nggak mau kita harus di kejutkan dengan alat ini

Bukan, ini bukan foto sadis dokter nyetrika pasien.
Ini defibrillator, alat pemompa detak jantung. 
Terakhir, mungkin aku akan mengurangi intensitas ngeblog dalam 3 bulan ini. Doain yang terbaik aja ya :)

Comments

  1. Kukuh kelas 3 juga ya? Sama dong...
    Sama aku juga sangat sibuk, kesekolah pagi pulangnya sore. Tugas numpuk. Try out datang bertubi-tubi gak punya perasaan. Dan Ujian Nasional yg kurang lebih 48 hari lg itu yg bikin deg-degan :(

    Semoga kita semua lulus ujian nasional dgn nilai yg memuaskan, AMIN! , pokoknya sih kita harus merelakan waktu luang hanya untuk belajar, belajar, dan belajar. Semangat :D

    ReplyDelete
  2. Eh.. kukuh ternyata masih kelas XII ya? Baru nyadar, dari dulu pikirku kukuh itu sudah kuliah dan semester VI.. dari tulisannya udah keliatan...

    Semangat bro, ujian terberat bukanlah UN. Namun. Saat kita memiliki waktu kosong saat itulah kita diuji. Ingat, waktu itupenting banget..

    ReplyDelete
  3. wuiiidddihh ternyata kegiatan anak sekolah ajaran akhir berat juga yaa
    apalagi anak SMK, harus ikutan project work juga
    semangat Kukuh jangan menyerah kamu pasti bisa lolos semua termasuk UJIAN NASIONAL amiiin
    tapi jangan lupa belajar... main juga boleh kok asal tetap fokus hehehe
    santai boleh sih Kuh, jangan terlalu tegang akh

    ReplyDelete
  4. kelas XII emang paling berat dan pasti banyak banget acara-acara yang gak terduga. Nikmatin aja masanya, kuh. Entar juga bakalan enak.

    dibikin kalem aja, entar malah terlalu tegang. lumayan lama juga 3 bulan ninggalin blog -____-

    ReplyDelete
  5. Nikmatin aja ujian itu satu per satu. Suatu saat pasti bakalan kangen momen2 'padat' kayak gitu. Gue juga dulu gitu, belum ditambah bimbel. Pulang ke rumah cuma buat numpang makan+tidur :)))

    Semoga ntar lulus dengan nilai yang bagus yak! Btw kita tetanggaan. Gue di Balikpapan :))

    ReplyDelete
  6. selamat menempuh schedule2 yang antri minta diselesaikan itu ya kuh.

    SMK brarti klo lulus siap terjun di dunia kerja krna udah dibekali softskill+hardskill yak ^^
    sip...
    blognya dinomorduakan /dikurangin intensitasnya dlu gpp.
    yang peting sukses agendanya ampe pertengahan april.

    ReplyDelete
  7. Yang paling berat di masa SMA emang yang pas di bagian giniannya, cerita indah kamu pake seragam putih abu abu bakal segera berakhir dan kamu bakal ngenang itu buat selama-lamanya buat jadi kisah yang manis atau pahit ya tergantung di saat-saat ini,
    oke selamat berjuang kawan...

    ReplyDelete
  8. Sebentar lagi meninggalkan masa sekolah kamu, Kuh.
    Nikmatin semua kesibukanmu itu. Pas jadi mahasiswa, aku jamin bakal kangen sama masa-masa itu.
    Percaya deh, aku pembohong.

    ReplyDelete
  9. Jadwalnya seabrek -_-
    Kirain jadwal sehari penuh, taunya beberapa bulan.

    ciee mau siapan buat lulusan.

    siap-siap aja hape penuh nomor baru ngirim sederet huruf A sampe E.

    Tetep semangat dan belajar jangan dilupain walo akhirnya liat kunci jawaban -_-
    Pengalaman aku sih, semua bahan ajar yang udah tersusun apik di otak dari rumah, langsung buyar lebur begitu saja kalo udah sampe bangku panas.
    Serius deeeh

    ReplyDelete
  10. kalau ibarat mesin, anak SMA itu kayak mesin honda, panasnya di akhir-akhir hahahahaha.


    nikmatin ajah kuh kan jarang-jarang elo sibuk amat, biasanya mah nongkrong doaang hehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.