Untuk RPL Reguler '14


Seluruh siswa berekspresi cemas memasukkan NISN mereka ke portal internet sekolah. Kemudian ekspresi itu berubah menjadi ultraman senyum bahagia, beberapa sujud syukur dan sebagian menangis karena rasa haru.
Sementara aku, Panik. Bukan, bukan karena aku nggak lulus, tapi aku cuman nggak tau nomer NISN sendiri. Bego banget sih. Aku harus ke ruang guru hanya untuk bertanya nomer NISN. Tapi pada akhirnya semua dari kita lulus teman. Berakhirlah perjuangan kita sekolah selama 12 tahun. Sebuah akhir masa sekolah namun juga sebagai awal kehidupan sesungguhnya.



Untuk merayakan kelulusan, kita corat coret baju seragam dengan tanda tangan dan juga dengan pilox. Sekolah yang awalnya melarang kami corat coret di area sekolah akhirnya memaklumi aksi kami. Mereka sebenarnya bisa aja mengusir kami ataupun menyita spidol dan juga pilox kami, tapi itu nggak mereka lakukan. Mungkin karena mereka mengerti bagaimana perjalanan kami untuk mencapai sebuah kelulusan. Saat ketika lagi sibuk Project Work, US dan UN. Karena mereka mendampingi kami, mereka tau gimana rasanya akhir dari perjalanan itu. Perjalanan yang  diakhiri dengan kata LULUS.
Berfoto bersama Pak Daroini, kepala sekolah kesayangan kita semua.
Yang ini adalah Kak Ipul, sekertaris jurusan RPL yang bajunya dibasahin pakai satu gelas Aqua.

Kanan dan kiri adalah superhero kelas,
yang tengah adalah rakyat biasa yang selalu butuh pertolongan mereka.

Balik ke 3 tahun sebelum hari itu terjadi. Kita semua adalah sekumpulan remaja baru puber berambut tentara, ini akibat MOS kami di komando distrik militer. Padahal semuanya juga tau kalau kita akan masuk sekolah IT, bukan akademi tentara. Saat itu semuanya masih berkeinginan untuk mencapai cita cita untuk menjadi seorang programmer. Bermacam macam alasan ketika kita semua ditanya mengapa memilih SMK Negeri 7. Banyak yang memilih jawaban standar seperti "Pengen jadi programmer" tapi ada juga jawaban mengejutkan seperti pengen menjadi Bill Gates sampai hanya karena pengen mendapatkan sebuah laptop.
Kita dulu kayak gini.
Aku yakin kalian pasti ingat, di minggu minggu awal sekolah ada teman yang kita anggap sebagai pembunuh berdarah dingin karena sifatnya yang terlalu pendiam. Kalau marah bisa aja dia mengeluarkan pisau lalu melibas leher kami. Tapi ternyata dia menjadi ketua kelas kita di kelas XII.
Dulu juga kita sempat protes dengan kelas  yag menurut kami panas, punya jaringan Wifi lambat dan asisten kelas yang kurang kita cintai. Tapi semua itu terbayar saat kelas XII kelas kita adalah yang terbaik satu sekolah, kelas kita punya 2 jaringan wifi sendiri, 2 AC yang cukup dingin, LCD proyektor dan colokan yang berhamburan kemana mana
Epent, Bang Jacob, Bang rainbow adalah karakter fiksi kelas kita
Kita absurd bahkan sebelum kata absurd populer
Bulan bulan awal sekolah kita sempat berniat untuk memecahkan rekor muri dengan sedotan terpanjang se-Indonesia. Kita nggak disupport, akhirnya adalah kita disuruh membuang rangkaian sedotannya. Kita semakin akrab, kita nge PES bareng, nge DOTA bareng, Rubber Ninja bareng dan game game lain yang membuat kelas semakin akrab.

Diakui atau tidak, kelas kita semakin nakal. Main Dota atau PES saat pelajaran, ketika siswa lain mendengarkan khotbah sholat jum'at tapi (sebagian dari) kita makan pangsit dulu dan baru wudhu 5 menit sebelum iqomat, kita hampir demo sama guru yang kita nggak suka walaupun nggak jadi karena nggak ada yang berani memulai duluan. Kita pernah mencoba membunuh kodok menggunakan mercon lalu besoknya semua pelaku kena karma. Kita main kartu UNO lalu ketahuan dan dihukum jalan jongkok keliling sekolah, kita pernah membuat video harlem shake yang sampai ditonton lebih dari 1.000 orang. Kita memang nakal, tapi setidaknya kita nggak pernah merugikan atau menyakiti orang lain.






Apapun kita lakukan supaya terhindar dari bola kertas ini.
Walau nakal, kelas ini bukan tanpa bakat. Ada yang mewakili sekolah di LKS kategori web design, kita punya pemain dan kapten basket sekolah. Kelas ini punya kiper inti tim futsal sekolah. Punya anak shuffle yang sering tampil di berbagai ajang di Samarinda. Oh iya, kelas kita juga punya superhero. Dari itu semua ada yang paling membanggakan. Kelas ini adalah satu satunya kelas yang memajang prestasinya di tembok kelas, juara 1 lomba balap karung dan juara 2 lomba tarik tambang tingkat sekolah.
Sebut saja namanya Mawar.
Kelas ini memang di desain untuk menjadi kelas yang awesome. Kelas mana lagi yang berani mengganti foto gubernur dan wakil gubernur dengan sertifikat yang sebenarnya nggak terlalu penting. Kelas mana lagi yang pernah mencoba memecahkan rekor MURI dengan sedotan terpanjang se Indonesia? Kelas mana lagi yang berani bermain bola gebok keliling keliling sekolah tanpa alas kaki? dan kelas mana lagi yang iseng meledakkan kodok pakai mercon? Iya, itu kelas kita teman.

Aku yakin cerita itu nggak akan pernah hilang dalam ingatan. Sekarang kita punya jalan masing masing, ada yang ingin menjadi guru, ada yang ingin menjadi sutradara tapi masih banyak juga yang tetap menjadi programmer. Nggak papa, inilah yang dinamakan seleksi alam. Pilih yang sesuai dengan kemauan sendiri.

Terakhir, aku mau mengucapkan terima kasih kepada semua yang pernah terlibat dalam kelas terakhir RPL Reguler dan juga buat seluruh guru dan staff SMK Negeri 7 Samarinda.

Achmad Riyan Fahriyal, Agung Setia Budi, Alditya Warman, Alviani Krisma, Alya Rozzan, Andre Gerardo, Andy Nur, Ary Kurniawan, Basah Linda Ariani, Dewi Setia Ningsih, Dwiky Novendy, Fahmi Fitnanda, Farisha Fahira, Fariz Riqwal Rinjani, Febry Dwi Atmojo, Fikri Aditya, Ghulam Yahya Azzakia, Hairul Fajrin, Ilham Akbar Maulana, Irfan Seprtiyadi, Ismayadi Kamil, Kukuh Kurniawan Nugraha, Muhammad Reybof Isharyadi, Muhammad Romadinu Almukabbir, Muhammad Yafie Albana, Mulki Fitrian Firdaus, Nayaka Mangkara Putra, Nor Dana Rahadi, Rina Nor Aeni, Rizka Zuhda Adyati, Rizky Franatta, Romadan Maulana, Sela Noor Dianty, Sri Rahayu Ningsih Simbolon, Textianis Grandis, Tjali David Simon, Tjoa Ricky Febrianto, Tria Eka Wahyuni, Utami Purnamasari.

Terima kasih juga buat asisten kelas kami
Kak Farah radina, Kak Hamka yusuf dan Kak Fhauzan rahadian

Wali kelas kami
Bu Winarti, Kak Nira, Bu Merry dan Pak fahrul.

Sampai jumpa di lain kesempatan teman :')

Comments

  1. Cie baru lulus! Selamat bro, gue juga baru lulus nih, tapi ga corat-coret baju... Waduh greget juga ye itu pengumuman kelulusan pake input data di sekolah segala, gue aja yang nunggu di rumah dagdigdug setengah idup...

    Emang sih, masa-masa sma itu paling indah, gue sedih ngebayangin 3 taun terakhir ini, ga bakal terulang lagi. Kata kakak kakak sih masa sma adalah masa yang paling gokil, kuliah susah dapet temen se solid temen sma :")

    Masalah kodok sama sedotan terpanjang itu absurd abis Kuh, serius dah. Mungkin kodoknya jadi arwah penasaran yang siap membawa karma bagi pelakunya wkwkwk kocak abissss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat juga atas kelulusanmu!

      Yah, namanya juga anak SMK. hal hal absurd itu sudah biasa terjadi..

      Delete
  2. Membaca tulisan Mas Kukuh, aku menjadi teringat saat di pesantren empat tahun silam. Namun, namuanya juga pesantren, tentu saja siwa dan siswi tak di satu sekolah, apalagi satu kelas. Ada banyak kenangan yang tersimpan, seperti banyak masa lalu yang sulit dihapuskan. Serru..

    Tulisanmu itu, memberiku kekuataan mengeja masa lalu. Dalam diam ini, ada banyak hal yang ingin kuketahui tentang bagaimana siswa di luar. Pikirku berbeda, dan sekarang aku mengerti. Kita tak jauh berbeda, masa SMK adalah masa terindah. Utamanya saat melepas penat dan pengumuman kelulusan. Keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah gha, ini komentarmu sudah cocok kalau dijadikan puisi.

      Delete
    2. kukuh...... hehe..
      dan benar-benar ada tuh...
      jadi gimana gitu kalau komentarku dibuat puisi..

      andaikan aku tahu metik gitar sepertimu, sudah banyak puisi kesedihan yang keluar. untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa kebahagiaan mahal harganya. kapan-kapan project dong.. buat semacam semacam ini lagi.. entar kita garap bareng-bareng puisinya...

      Delete
  3. kangen masa itu...
    Masa putih abu-abu.

    Aku gak coret-coret baju. Jadi bajuku bersih. Nyesel? enggak jua sih. haha. Banyak kok kenangan-kenangan yang masih aku simpan rapi tanpa baju pilok. :D

    Selamat ya Kuh, atas kelulusannya. Perjuanganmu belom berakhir. Pilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan hati nuranimu. Karena eman kalo di tengah perjalanan kamu mutung alias drop out karena kamu gak suka sama jurusanmu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi semua berhak memilih jalan hidupnya masing masing :D

      Delete
  4. Pasti seneng banget . kalo lulus udah mnempuh perjalanana , bertahun tahun , akhir nya lulus juga .adem banget rasanya , apalagi dengan tradisi coret - coret baju dengan , spidol , pilox , wew jadi tambah seru dan takkan lupa dengan masa - masa , sekolah .

    Canda , seneng , susah kita jalani dengan bersama - sama ,
    Semoga dengan kelulusan ini loe bisa menjadi yang tebaik bang dan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan berhasil , sukses *amin .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masa masa kayak gini memang nggak bisa terlupakan.

      Amin. mudahan aja bisa berhasil melangkah ke jenjang yang lebih tinggi :))

      Delete
  5. Ah Kuh. Kamu dan temen-temenmu nakal banget ya. Tapi keren sih, nakalnya kreatif. Meskipun yang ngeledakin kodok itu agak-agak ngeri juga sih.

    Aku ngebayangin pasti enak punya temen yang cita-citanya pengen jadi programmer. Soalnya di tempatku, meskipun jurusannya juga RPL, yang bener-bener pengen jadi programmer cuma satu-dua. Ah..

    Selamat ya Kuh! Kamu bener, ini emang baru awalnya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau difikir fikir itu memang ngeri sih.

      iya hud, disini banyak loh yang masih pengen jadi programmer :D

      Delete
  6. wali kelas yg terakhir, hilang entah kemana :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dia meninggalkan kita. kita kan jadi sedih :(

      Delete
  7. Yap, sisa itu masih panjang. Masa SMA udah berhasil dilewatin sama teman-teman yang hebat. Harapan terbesar pasti pengen liat diri sendiri bareng semua sahabat, semua teman bisa sama bahagianya di masa depan.

    Masih panjang jalan ini Kuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wal. itu adalah harapan terbesar. kini saatnya untuk mencapainya. sebuah permulaan dari perjalanan yang panjang kita akan berjalan ke tempat yang baru yeaaah

      Delete
  8. apa yang lo rasain sama seperti apa yang gue rasain, bro. gue tahun ini juga lulus sma dan perasaan gue seneng banget, gue yakin lo juga seneng banget pasti. tapi gue ngerayainnya ga pake coret-coret baju gitu bro. gue cukup elegan ngerayainnya, kan lebih baik bajunya disumbangkan ke yang lebih membutuhkan (ah sok bijak gue). selamat yaa

    ahh masa SMA ini emang bener-bener klimax. nakal itu wajar kok buat anak sma kayak lo sama gue, tapi nakal nya jangan sampek bunuh orang, bunuh kodok aja deh gapapa. gue sering banget ngelakuin hal-hal usil sama temen-temen gue yang ujung-ujungnya ntar pasti kena marah sama guru BK. prinsip gue cuman satu "kalo ga sekarang, kapan lagi bisa usil dan nakal kayak gini" hahaha

    selamat yaa buat lo yang udah lulus. dan selamat datang juga di kerasnya kehidupan yang sebenernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bajunya kamu sumbangin ya. kamu keren :D

      kalau sampai bunuh orang itu bukan nakal lagi sih. itu kriminal.

      Delete
  9. wiiih sayang banget dulu pas gue lulusan belum jadi blogger
    jadi belum bisa buat postingan beginian
    masa SMA emang paling bikin kangen, kadang gue nyesek banget kalo ngeliat foto2 jaman SMA. hahaa sumveh pingin sama temen2 di SMA terus rasanya. Nanti pasti lo bakal ngerasain syndrome yang gue maksud XD

    btw enak ya sekolahnya ngizinin corat-coret, envy banget. Sama kek SMA sebelah gue dulu juga gitu bisa corat coret didalem sekolah bahkan foto2 sm gurunya. Banyak sekolah yg takut siswanya buat onar karna corat coret, justru padahal ketika mereka dilarang malah nyari waktu dan tempat diluar sekolah dan bikin onar diluar sekolah. Coba aja corat coretnya disekolah pasti kan gak keliatan kek siswa brutal. LOL -_-

    selamet ya kuh udah lulus ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuoh, aku tunggu syndrome itu hahaha

      yoi bener banget itu. pertamanya sih sekolah nggak ngebolehin. tapi akhirnya mereka memaklumi kami hehehe

      Delete
  10. Pertama gue mau ngucapin selamat dulu atas kelulusannya. Ternyata dibalik kenakalan di kelas lo ternyata juga diimbangin sama prestasi, yg kerennya bukan cuma prestadi akademik aja tapi non akademik juga, ada basket, futsal, tapi yanga juara jomblo bertahun-tahun gak dimasukin kuh? Hehe

    Sekolah gue juga dulu gak ngebolehin coret-coret, tapi atas dasar momen itu cuma sekali dan mungkin gak akan terulang lagi, akhirnya coret-coret baju sekolah juga. Resiko emang harus diambil untuk sebuah kemauan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. keren kan prestasi kelas ku hahaha. juara jomblo dari lahir nggak perlu ditaruh disini bay hahaha

      itu artinya sekolah ku sama sekolahmu keren..

      Delete
    2. Hahaha, misalkan dipajang itu kayaknya tambah keren, tapi pasti wali kelasnya yang prihatin ngeliatnya.

      Iya, keren. Tos dulu

      Delete
  11. mirip banget sama kelulusan sekolah gue =)) corat coret tapi gue plus konvoii
    kelas gue juga nakal, ribut, gila pokoknya, tapi prestasinya ituloh, sedikit........... lumayan daripada gak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekolahku nggak ada yang konvoi sih. kayaknya itu merugikan pengguna jalan yang lain deh :)

      Delete
  12. Nama: sebut saja mawar. Tapi nama nya masih keliatan di seragam :)))))))

    ReplyDelete
  13. wih Selamat kuh karena udah bisa nemuin nomer NISNnya
    corat coretnya ga bandel kan kuh ? ga pegang kaos cewek ahahahah

    terus itu di foto ahkir di Blur kek foto apa aja kuh jadi ngeres pikiran gue #Ngebulotak

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak lah. sekolahku nggak se brutal itu kok hahaha

      itu sebenarnya adalah wajah orang ganteng yang telah di akui Google

      Delete
  14. Baca tulisanmu ini kuh pengen nangisa dah rasanya, terharu gitu baca2 postingan kelulusan dimana-mana.
    ohya, jadi kita ini sebenernya masih satu saudara ya? kenapa baru sekarang aku taunya kalo kamu juga anak RPL ? Aku juga anak RPL *berasa nemu saudara*

    Betewe, itu kelasnya asik ya. Ngegame bareng, ngelakuin hal konyol bareng dan lain2 lah pokoknya bikin aku iri ajanih -_-

    Selamat ya buat kita semua, yang LULUS. Dan jalan masih panjang, cita - cita masih terpancar indah di atas sana menungguh buat diraih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apah? kita saudarah? aku nggak nyangka banget fan hahahaha

      iyadong asik. masa kelasmu nggak gini sih fan..

      Delete
    2. Ehm, itu nadanya antara seneng, shock, sama jijik itu gak ada bedanya ya kuh? Hahahaha

      Kelasku asik jugasih, asik buat tiduran maksudnya -_-

      Delete
  15. ciye udah lulus ciye!!!
    gawl ya sekolahnya ngebolehi corat coret gitu, kalo sekolah aku ga boleh. tp teteup corat coretnya diem2 di rumah temen hahaha

    jangan senang dulu lah udh lulus kuhhh, hidup itu kerassss~
    masih hrs nunggu snmptn sbmptn dll kan?
    km hbs smk mau lanjut kerja atau kuliah lg?
    btw km bakalan kangen bgt tuh sama semua kelakuan waktu sekolah. ai jamin deh hahaha

    ReplyDelete
  16. Astagaa! Postingan ini bikin melow bingit :'D jadi falahback juga nih :')

    Waah, boleh corat-coret di sekolah? Amazing! Ahaha x))
    Tapi menurutku niatnya baik, daripada konfoi nggak jelas dan bikin macet, kan :D
    selamat atas kelulusannya :) selamat menempuh hidup yang sesungguhnya ;D

    ReplyDelete
  17. ini RPL reguler emang ada RPL karyawannya kuh? -__-

    asik yah bisa pilok-piolokannya di dalam sekolah, kalo gue dulu umpet-umpetan.
    kehidupan sebenarnya udah mulai lo rasain nanti setelah lo msauk kulah kuh, disitu gue saranin lo banyak2 berdoa supaya dishindarkan dari orang2 yang ngajak bolos kuliah haha

    semoga kalian bisa tetep bersama walaupun udah lulus

    ReplyDelete
  18. wahh, congrats kukuh atas kelulusannya! :D

    itu pas lulus emang serasa udah selesai aja semuanya. rasanya setelah itu pundak langsung lemes ga tegang kayak dulu lagi sebelum UN. Kayaknya juga mau meluk semua guru yang udah ngajar selama tiga tahun gitu. Bahagia. Banget.

    Ehhhtapiii ternyata kebahagiaan itu hanya sementara :") mesti dag dig dug lagi nunggu pengumuman masuk univ mana ckck.

    Tetap semangat, Kuh!

    ReplyDelete
  19. huwaaa... coret-coretan, jadi kangen lagi masa-masa itu :D

    btw, selamat yaa... moga kedepannya jadi orang yang sukses :))

    ReplyDelete
  20. Wah RPL. kita dari jurusan yang sama brooo :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.