RPL Adventure


Setelah sekolah ngadain pentas seni, kelas ngadain liburan ke Balikpapan (yang sampai sekarang ceritanya belum ditulis) dan siswa coret coret baju, kini giliran jurusan RPL yang nggak mau kalah untuk ngadain acara. Sekolah ini memang rajin ngadain acara yang sebenarnya nggak terlalu mengedukasi. Kali ini kami akan ke tengah hutan untuk bertemu dengan binatang buas. Siapa tau pulang pulang kami bawa serigala ganteng. Kan lumayan buat main sinetron.

Dengan penjelasan sepanjang itu tentunya aku nggak memperhatikan dengan baik dan seksama. Yang aku baca adalah "Outbond tanggal 7, bawa baju ganti, bayar Rp. 30.000 dan ngumpul di sekolah"

--

Di tanggal 7 itu kondisi cuaca kebetulan lagi hujan deras. Aku yang nggak pernah mikir kalau outbond itu nggak bisa terlaksana kalau hujan, tetap aja nekad buat datang sesuai yang di informasikan. Karena aku adalah tipe orang yang nggak suka ditunggu. Menunggu juga nggak suka sih, apalagi menunggu dia yang masih sibuk syuting sinetron Ganteng ganteng serigala. Halah.

Singkatnya, Setelah sampai sekolah, seluruh pakaianku basah. Untung aja selama diperjalanan pakai baju renang jadi kan cepet kering. Aku langsung disambut dengan tarian gangnam style sama pak satpam. Sambutannya kurang meriah, biasanya aku disambut sama kembang api, tapi kan nggak mungkin nyalakan kembang api. Kan ceritanya ini lagi hujan, gimana sih.
"Mau kemana le?"
"loh, kan katanya anak RPL mau outbond pak"
"memangnya jadi? hujan gini. memang mau outbond kemana?"
"Ya... Nggak tau sih pak. pokoknya outbond aja"
Kami akhirnya baru bisa jalan menggunakan bis sekolah sekitar jam 9:30. Ini artinya ngaret 2 jam 30 menit kalau waktunya di isi dengan main bola itu dari pemain masih semangat sampai mereka ketiduran.

Di perjalanan menuju ke hutan yang dimaksud, akses jalan kesana benar benar hardcore. Kami naik bis sekolah di jalanan yang cuman pantas untuk dilewati tank. Banyak banget rintangan yang harus dihadapi. Dari mulai jalanan yang cuman setengah sampai jalanan macet karena ada kambing yang tidur ditengah jalan. Di dalam bis juga nggak kalah spektakuler, kami seperti berada di simulasi gempa bumi. Aku didalam sampai terlempar ke atap bis. Gilak itu ekstrim banget.

Setelah bis salto 3 kali, kami sampai lalu berkumpul bareng untuk menyiapkan strategi. Kita diarahkan untuk nggak teriak macem macem ditengah hutan. Padahal sepanjang jalan beberapa dari kami sudah latihan 2 minggu cuman buat teriak auoooooo. Kami diarahkan gitu karena di dalam bumi ini bukan cuman manusia yang ada disini. Ada makhluk lain juga. Maka dari itu hormatilah makhluk lain yang sekarang ada di sampingmu. Walaupun sekarang dia tak terlihat. hiiii

Situasi disana menantang banget. Kami harus melewati arus air yang cukup deras, melewati tanah longsor, melewati Indomaret, KFC jagonya ayam. Hampir aja kami mampir buat beli paket combo hits berhadiah CD. Kami semua saling berkerja sama. Ada yang bagian menjabat tangan temannya yang kesulitan, ada yang jadi pembuka jalan, ada yang bawa panci, air minum, minyak gas, kulkas, TV, pintu. Kami solid banget hari itu. Karena kami solid, kita juga sama sama nggak pakai alas kaki. Tujuannya nggak lain biar kami bisa bersentuhan langsung dengan alam. Padahal nggak juga, ini gara gara kami kebanyakan pakai sendal jepit aja.
Kira kira gini.
Konsentrasi sangat dibutuhkan di perjalanan ini. Kita harus rajin rajin untuk melihat kebawah dan berteman dengan tanaman untuk berpegangan erat dengannya supaya kita bisa tetap berdiri dan berjalan. Di tengah perjalanan aku berandai andai kalau ini sama seperti perjalanan hidup. Kita nggak boleh terlalu terburu buru karena kita bisa aja terpeleset lalu jatuh ke jurang yang akhirnya nggak ditemukan oleh siapapun.

Meminjam semboyan tim yang sudah lama nggak dapat gelar liga inggris. You'll never walk alone. Kita nggak akan bisa berjalan sendiri tanpa berpegangan kepada siapapun. Kalau tetap nggak mau kerjasama dan mau menang sendiri kita bisa game over. Sebuah perjalanan yang benar benar berfilosofi. Banyak pembelajaran baru yang nggak akan didapatkan kalau cuman browsing di google. Wuah, kenapa di hutan aja aku jadi bijaksana. Apakah ini pertanda kalau sebenarnya aku adalah orang hutan?
Arusnya deras sih. tapi itu nggak menghalangi kami untuk poto poto
Setelah melewati rintangan yang teramat sangat sulit. Akhirnya kami sampai di tengah tengah hutan. Sebenarnya bukan ditengah juga sih, masih jauh lagi. Cuma kami takut kalau keterusan bisa tersesat sampai Brazil. Kami kan belum punya tiket nonton piala dunia. Jadi Kami semua berhenti ke tempat yang dimana ada air terjunnya. Gemercik air, udara sejuk berserta ribuan pohon pohon yang memproduksi oksigen membuat suasana sejuk dan terasa damai. Dunia terasa tenang tanpa notifikasi dari handphone.


Perjalanan untuk sampai kesini seolah terbayar ketika kami bermain air yang dinginnya bisa buat ikan nemo mati karena ini bukan air laut. Kami langsung basah basahan. Seenggaknya buat anak cowok, karena yang cewek sibuk dengan masak memasaknya. Awalnya mereka pengen goreng tempe. Api sudah berkobar dengan kayu yang masih lembab. Kak Ojan berinisiatif menumpahkan sisa minyak gas supaya apinya nggak mati. Berhasil, api kembali berkobar namun sayangnya minyak gas juga tumpah ke penggorengan tempe. Kita nggak mungkin makan tempe bumbu minyak gas. Fail banget.

Akhirnya anak anak cewek mencoba menggoreng telur yang juga sudah pecah di perjalanan tadi. Karena kelamaan, anak laki lakinya yang sudah kelaparan nekad untuk memakan tempe mentah. Ini semata mata untuk bertahan hidup. Aku juga nggak mau kalah dengan membuat inovasi dengan maksa tahu untuk langsung dibakar ke api yang nggak unggun dan suka mati mati. Sesuai dugaan, tahu bakar ini nggak pernah mateng, tapi aku sih masih maksa aja untuk dimakan. Yang penting anget anget dikit lah. Fail juga sih intinya. Di kondisi kayak gini aja, kami baru kangen dengan layanan 14045. Akhirnya kita nggak makan dan cuman foto foto.


Kami pulang melewati jalan yang sama. Kembali menantang maut dan berkerja sama kembali seperti saat kami berangakat. Karena semuanya sama sama aja Rizka juga jatuh di tempat yang sama seperti saat keberangkatan. Bukan, Rizka bukan bego. Dia cuma mau ngasih tau kita semua kalau dia orangnya konsisten. Nggak ada serigala ganteng atau kura kura ninja yang kami temukan tapi kami malah menemukan semut yang besarnya sama seperti lebah. Kami menduga itu adalah spesies baru hasil hubungan gelap antara lebah dan semut.

Pulang dengan kelaparan dan banyak sekali pelajaran yang nggak akan kita dapatin kalau cuma duduk di kelas. Kadang belajar langsung ke alam lebih seru. Nggak peduli dengan notifikasi dari HP, nggak peduli juga dengan tugas yang harus dikerjakan dan nggak peduli dengan kelanjutan sinetron ganteng ganteng srigala yang baru akan tamat 9 tahun lagi. Wuah, ternyata perjalanan ini mengedukasi juga. Rasa kemanusiaan kami keluar disini. Membantu sesama dan menjauhkan rasa ingin menang sendiri.

Ini adalah perjalan kami yang nggak akan terulang. Kalau misalnya terulang kami pasti sudah bawa KFC jagonya ayam lengkap dengan CD Agnez Monica. Terima kasih buat kalian semua anak anak jurusan RPL lulusan 2014 dan bro bro KJR48 yang mengadakan acara ini. Ketemu lagi kita di lain waktu.

Comments

  1. kampret keren kuh, ini baru traveling, kehutan men, nggak mainstream kaya pantai, air laut, pasir putih. bosen.
    oh iya itu kalian bermalam atau gimana sihh? kalo cuman sehari langsung oulang ngapain riibet bawa kompor
    delivery nasi padang aja lah jahahahah

    ReplyDelete
  2. Ceritanyaa kerennnn, lucuuuu haha :v

    ReplyDelete
  3. Seru banget Kuh travelingnya. Jadi pengen liburan juga wuahahhaha

    Wuahahaha, benar banget Kuh kalo udah travelling yang kayak gini hp mah dilempar aja kedalam tas, maksudnya nggak pegang hp sekali pun nggak jadi masalah. Kalo aku sih biasanya kalo keasikan liburan, jangankan ingat makan, yang penting menikmati pemandangan dulu + foto-foto narsis gitu wuahahhahaa

    Wah ditunggu Kuh laporan liburan ke Balikpapannya. Soalnya sekarang kayaknya kota Balikpapan famous banget deh. Aku penasaran disana gimana gitu, kayaknya keren-keren juga deh pemandangan di kota Balikpapan.

    Yang namanya liburan dekat sama Alam itu emang seru bangett deh pokoknya :D

    ReplyDelete
  4. Lo masuk2 hutan nggak takut kuh? nggak takut di jadin sodara sama orang utan hahaha

    keren nih, acaranya. bener sih sekali-kali kita harus jalan2 ke hutan indonesia, biar tau kalo hutan indoneia itu asik banget, asalkan gak nemu bada, macan dan ganteng serigala. -__-

    menurut gue foto-fotonya kurang kuh, banyakin kalo perlu satu postingan foto semua ..

    ReplyDelete
  5. seruuuu nih petualangan di hutan, hal-hal menantang kayak gini gak bakal di temuin kalo di kota-kota. Itu seriusan bertahan hidup dengan makan tahu bakar? emang ada rasanya? seumur-umur gue belum pernah nyobain hahaha. Katanya ada KFC, bukannya makan di situ aja kuh, kali aja dapet dikonan karena bela-belain ke hutan dulu buat makan KFC :P
    Petualangan yang seru, coba kalo suangainya lebih jernih, makin seru lagi :D

    ReplyDelete
  6. ini nih yang seru banget. jarang-jarang juga ada yang travelling ke hutan. tapi disitu kalian ga ketemu binatang buas satupun yaa? kayak singa atau ular kobra gitu. kali aja bisa diajak foto-foto wkwk

    mungkin perjuangan kalian melewati perjalanan yang terjal itu terbayar ketika nyampek di sungai yaa. enak banget bisa langsung melepas penat dengan menceburkan diri ke sungai. hmm seger banget bisa basah-basahan.

    gilaa, itu lo beneran makan tahu bakar? btw gimana rasanya yaa? wkwk

    ReplyDelete
  7. Aku baru baca postingan kamu yang komedinya nih Kuh. Kayaknya emang jarang nongol ke sini juga. Nggak tau jarang nongol postingannya :p

    Btw, antimainstream ya ke hutan. Di Kalimantan emang masih banyak kan hutannya? Yang jelas asik banget rame-ramean gitu. Di sini udah susah nemuin hutan. Meskipun masih ada lah beberapa.

    Itu kan cuma sehari acaranya? Kenapa nggak bawa makanan aja? Daripada masak kan ribet. Mana di hutan pula. Kalau bawa makanan jadi tinggal buka bekelnya, gelar tikar, makan sama-sama :D

    ReplyDelete
  8. gile lu ke hutan ngapain ? outbond itu sih di tempat nya kuh, bkan di hutan ? mana medannya ekstrim banget juga -_-
    eh temen lo badannya gede2 semua yah ? padahal baru lulus sma ya ? *pentingbanget*

    ReplyDelete
  9. ini edisi mempramukakan diri atau semisal belajar kembali ke habitat? Ya udahlah..saya nggak mau nyinggung yang berbau sara...

    tapi emang belajar di luar sekolah itu keren...nyaman banget,,dan bener..banyak yang tidak kita dapat dari sekolah dengan belajar di luar....

    airnya tapi nggak jernih ya,,,apa mungkin karena abis ujan...
    iya...senang banget disana masih banyak hutan,,,semoga terus lestari

    ReplyDelete
  10. Bro,, gue jadi pengen jalan-jalan kesitu... iya habis keren banget tuh lokasi.. ada indomaret, KFC dan sebagainya.. betewe kenapa kondisi airnya sangat berwarna gitu.. ada limbah pabrik ya ? hihi

    ReplyDelete
  11. Alooo, kuh... Udah lma ga mampir di blog lo yak. Heheh

    Stelah gue baca smuanya, gue smakin yakin klo lo ini penyuka sinetron ganteng" serigala. Sinetron yg ga jelas, jdul sma alur ceritanya saling bertolak belakang. Trus ini out bondnya, tnpa tema gtu, kuh? Cman jalan d hutan doang? Waah... Kurang seru, kuh. Coba lo inisiatif, bkin permaianannya. Psti lebih keren.

    Klo d hutan ga boleh teriak, gue akuin itu emg bner bnget. Ga usah d coba" deh. Pgalaman gue pribadi, gue nyasar smpai 3x d hutan. Parah bner dah -,-.... Itu lo msih mending, cuacanya msih terang. Gue berangkat dri siang, yg shrusnya smpai sore, bru smpai malem. Paraaah -,,,-. Eh, sory ini gue malah cerita. Ehehe....

    Gue yakin, supir bisnya ga bakalan mau lg nganterin lo ke hutan kuh, klo jlanannya msih kyak gtu. Hnya bkin bisnya rusak. Haa

    ReplyDelete
  12. Seru tuh bang outbond-nya. Lumayan lah buat kumpul-kumpul bareng temen sampe selfie2 gitu. Tapi airnya kenapa keruh ya bang? Tapi gapapa lah, itu gak bakal lo lupain bang! :D dan gue paling suka bagian akhir posting ini, 2 paragraf terakhir kalimat terakhir. Itu nyesss banget bang!

    ReplyDelete
  13. keuereeeenn ueiiii.... ini baru jalan-jalan :D
    kalau pergi ketempat beginian kalau sendiri masih seru nggak ya ._.

    ReplyDelete
  14. gilaaak, anjiiirrr, keren dan seru banget nih liburan.
    mau kali kapan - kapan sama keluarga BE, hehehe
    Tapi itu di hutannya ada main - main gitu gak? lomba apa gitu? apa flaying fox gitu?

    ReplyDelete
  15. Gue belum pernah travelling ke hutan-hutan kaya gitu bro.
    lo beneran sukses buat gue iri setengah mateng (lho?)

    ReplyDelete
  16. Gua suka dibagian ini "Kita nggak boleh terlalu terburu buru karena kita bisa aja terpeleset lalu jatuh ke jurang yang akhirnya nggak ditemukan oleh siapapun". Maknanya dalam.

    Gua pikir foto - foto itu lagi syuting anaconda

    ReplyDelete
  17. Malah lebih menarik pas kamu tuliskan di blog Kuh daripada pas kamu cerita langsung. Lebih detail aku bayangkannya.

    ReplyDelete
  18. berarti kalian ga makan secara manusiawi dong, hahaha

    tapi seru, bisa kumpul dan nyungsep masuk hutan sama temen2
    apalagi kalo sampai camping :)

    ReplyDelete
  19. Waww mantap, kehutan ya bro!!! Gue belum pernah tuhh..
    Jadi akhirnya dapet serigalanya engga nih? hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.