Jogjakarta - Day 1


"OM TURUNKAN SAYA SEKARANG OM"
"AMPUN OM"
"WOY INI SUDAH 3 KALI!!"

Mulai tanggal 24 Juni kemaren, kami sekeluarga ngadain jalan jalan ke Daerah Istimewa Jogjakarta untuk liburan bareng. Karena kali ini liburannya bareng keluarga, nggak bakalan lagi ada cerita nggak ada duit untuk jalan jalan. Semuanya sudah dibayarin mulai dari tiket pesawat, makan, sampai seluruh objek wisata.

Kami sampai di Bandara Sepinggan pada jam 5.15, padahal pesawatnya baru berangkat jam 7.20. Sengaja buat datang lebih pagi karena kita semua tau kalau pesawat itu suka ngambekan. Telat dikit ngambek. Trus malah ninggalin. Padahal giliran dianya yang lagi dalam masalah aja kami tungguin. 
Wah ada tanaman dalam gedung. Next gen.
gambar: racoid.com
Supaya nggak bosen nunggu, kami habiskan waktu untuk berdansa. Ini bisa aja terjadi karena Sepinggan adalah salah satu bandara internasional terbaik di Indonesia. Wajar sih, karena semuanya berasal dari masa depan. kayak ada atap di dalam gedung, sampe ada pohon dalam gedung. Penting banget nggak sih. Aku yakin kalau Doraemon ikut berperan dalam proyek ini. Buat yang belum tau, Sepinggan adalah bandara paling ramah lingkungan se Indonesia.
Ada atap dalam atap nggak tau sih buat apa. Tapi ini Inovasi
gambar: nationalgeographic.co.id

--

Sampai di bandara Adi sucipto, Jogjakarta. Kami semua kaget karena disini banyak bule. Di Samarinda kalau ketemu bule itu sama aja kayak ketemu Justin Bieber yang ketangkapan makan amplang. Kira kira bule ngapain ya ke jogja, paling juga pengen beli baju 15 ribuan di Malioboro.

Villa yang kami sewa tepat di dekat gunung merapi. Kamu pasti mikir villa yang kami tempati ini berwarna putih kusam, punya pekarangan sebesar kantor Google dan kolam renang yang seluas rumah Ki joko bodo. Tapi kenyataannya nggak gitu, villa yang kami tempati ini benar benar berasal dari masa lalu. TV cembung berantena, rumahnya mirip kayak di film Warkop DKI dan yang paling absurd adalah, ada jendela dalam rumah! Buat apa coba.

Suasana disini benar benar dingin. Lebih dingin daripada air dihutan Kalimantan. Disini sudah ada AC di seluruh ruangan. Menghembuskan nafas lewat mulut aja keluar uap. Kami sudah kayak liburan ke eropa. Tapi di tahun 1960.

Belum juga tidur, kami langsung jalan ke taman nasional gunung Merapi. Lokasinya juga nggak jauh dari Villa yang kami tempati. Disini kita bisa jalan kaki tanpa takut panas panasan atau diserempet motor motor yang maksa lewat trotoar. Coba aja cuaca dan kondisi kayak gini buka cabang di Samarinda. Kan enak juga.
Nggak sempat foto ini, gambarnya ambil dari google aja yak.
sumber gambar: rizaldp.wordpress.com

Disana ada air terjun, tapi saat kami kesana air terjunnya malah nggak dinyalakan. Kami juga ke musium dan foto foto disana. Monyet liat bebas berbaur sama kita, dia nggak takut sama manusia mungkin karena disana semuanya damai dan nggak saling menyakiti. Tapi ada juga monyet monyet liar yang ternyata nggak bro. Diajakin foto aja nggak mau ngeliat kamera. Dasar monyet!
Ini monyet yang nggak bro
Selain nggak bro, ada juga monyet yang suka gigit
Pulang dari sana aku langsung tidur karena dari semalam terlalu antusias dengan liburan ini, aku nggak mau kantung mataku mengalahkan pak presiden kita yang sebentar lagi akan tergantikan. Iya, kayaknya apa yang dibawah mata beliau itu bukan kantung mata lagi, tapi sudah jadi daging. Tapi Bapak memang pantang menyerah sih. Walaupun sudah 4 album yang semuanya nggak laku bapak tetap berusaha membuat karya, Kayaknya itulah penyebab kenapa kantung mata pak presiden kita lebih besar daripada bola matanya sendiri.Yah, kok malah ngegosipin presiden gini, kan lagi bulan puasa.

Bangun bangun kami diajak untuk ke taman lampu. Disana banyak banget yang keren. Sebenarnya Samarinda juga punya sih. Cuman disini lebih luas dan lebih lengkap. Dari dinosaurus sampai patung pak presiden pertama yang minjam kantung mata pak  beye.

Karena kami adalah kumpulan anak laki laki yang pemberani. Aku, Disa dan Hada nyoba main trampolin yang kebetulan tersedia disana. Seharusnya Disa  nggak lolos seleksi sih, bukan karena dia nggak ganteng, tapi karena berat badannya aja yang melebihi standar. Tapi tetap aja maksa aja buat ikutan wahana penuh adrenalin ini. Hasilnya dia nggak bisa terbang terlalu tinggi. lemaklah yang tak mengizinkannya.

Lanjut giliranku, dengan berat yang cuma 50kg, kayaknya aku akan mudah banget terlempar ke atas dan terbang sampai ke Afrika bersama trampolin. Buat apa coba ke Afrika, kan piala dunia bukan disana lagi. Malam itu aku sukses menjadi bulan bulanan.
“OM TURUNKAN SAYA OM!”
“OM IYA AMPUN OM!”
“OM SAYA HAMIL OM!”
Tapi si om tetap nggak mau menghentikannya, the show must go on. Si om memang nggak punya rasa kemanusiaan. Aku sukses turun dengan muntah muntah. Siapa tau beneran hamil.

Terakhir ada Hada, dia adalah anak SMK kelas 1 yang juga adik dari Disa. Aku sudah bersiap untuk ngeliat reaksinya. Dugaanku sih dia pasti teriak teriak juga. Aku udah senyum penuh kemenangan. Tapi apa yang terjadi, dia malah biasa aja. Teriak juga enggak. Padahal kan itu ngeri, pasti dia cuman jaim. Nggak salah lagi.

Setelah adegan mengerikan itu kami pulang kembali ke vila dan menyempatkan foto di taman lampion. Ini dia fotonya.
Keliatan kan siapa yang paling bergaya disini.
Ini adalah cerita hari pertama, yang rencananya pengen istirahat malah jalan jalan. masih ada hari hari berikutnya dengan pengalaman yang berbeda beda. Makanya kalau nggak mau ketinggalan baca aja blog ini setiap hari, walaupun ceritanya paling dilanjutkan minggu minggu depan.

Comments

  1. hahahaha monyet nya ngeselin tu bang, Oh iya liburan to ini ceritanya, hmm enak banget kayak nya bang liburan bareng -bareng gitu, ke jogja lagi, enak banget lah itu seru, banyak banget yang di alamin disono. Apalagi permainan trampolin?? gue nggak pernah nyoba bang, jadi pengen rasanya bermain trampolin, di lempar-lempar kayak gitu :v, hehehehe. sampekk afrikaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, cobain makanya. kalau hoki kamu bisa hamil loh

      Delete
  2. Seru banget bisa jalan-jalan bareng keluarga, gak bakalaan mikirin duit.. kan ada bendahara. hihi
    Tapi yang main di trampolin gak beneran hamil kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beneran gimana :(
      ya enggak lah, serius banget.

      Delete
  3. eh bang itu atap didalam atap mungkin pemancar sinyal wifi.. keren kan
    ngakak banget ketika dilontar2in sama trampolin.. cepet2 cek kehamilan deh bang.. sapa tau beneran positif

    ReplyDelete
  4. Asik banget liburannya kuh, bareng keluarga lagi. Jarang banget bisa liburan apalagi bareng keluarga.

    Baru tahu kalo sepinggan bandara internasional, ramah lingkungan lagi. Keren. Bikin Indonesia bangga.

    Aku seneng banget bisa ngeliat kamu bisa ketemumsodara dan foto bareng, kuh

    ReplyDelete
  5. wkwkwkwkwk monyetnya ramah mungkin berasa ketemu kembaran kali *mhuahahahaha becanda :D
    tapi keren Bandaranya, bener bener berasa di alam doraemon. berasa di film doraemon yang episode lagi di luar angkasa yang tekhnologinya menggunakan tekhnologi masa depan gitu..
    lupa namanya apa..

    tapi keren ya liburan sekeluarga menikmati hari libur yang indah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada konspirasi antara doraemon dan juga pihak bandara..
      baca terus yak, ntar hari hari selanjutnya akan di publish juga..

      Delete
  6. Main trampolin bakal susah berhenti sendiri? Hihi, Kukuh lucu. Monyetnya juga. BTW, alhamdulillah gak sampai dipipisin monyet kayak aku dulu, Kuh. *Tutup muka.
    Liburan keluarganya banyak banget, keluarga besar? Atau ada tambahan semua?
    Selamat berlibur, Kuh. Seru banget, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu keluarga besar. cuma itu juga belum semua kok. banyak banget ya..

      Delete
  7. Aduh, aku udah lupa rasanya liburan bareng keluarga gitu. Huhu jadi ngenvy abis :(
    Tunggu, itu bandara udah jadi beneran? Kok keren banget sih. Ya selain ramah lingkungan, modern abis ya Kuh.

    Cie akhirnya setelah terpisah cukup lama, kamu bisa foto juga sama kembaran. Rasanya gimana Kuh? Seneng kah? Ya pasti lah ya. Secara udah terpisah bertahun-tahun. *ditampar mamanya* hahaha

    Aaaakkk! Aku yang udah ngidam main trampolin dari pas masih dalam kandungan belum kesampean sampe sekarang. Eh baca cerita kamu malah ada main trampolinnya. Hih, ngiri banget seriusan. Huhuuu. Pasti itu asik dan seru banget. Bisa teriak-teriak lepas sih lebih tepatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoih, makanya ke kalimantan timur kakak dwi. kamu ke kaltim aku ke jawa barat yak hahaha

      senang dong..

      yoih, hati hati hamil juga hahaha

      Delete
  8. Liburan sama keluarga itu surga dunia bgt. Yg trpnting gk mikirin duit yg akan dikeluarin :p

    Bandaranya edan bangeet. Pantes jadi bandara yg ramah lingkungan. Tenang gitu suasananya

    Sama kyk komen di atas, gua jg terharu liat lu bisa ktmu sodara, td sempet bingung sih buat ngebedainnya wkwkk, canda Kuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong. bebas biaya kalau sama keluarga

      Itu yang foto pas lagi sepi aja..

      cara bedainnya, yang ganteng itu aku.

      Delete
  9. Kalo ada atap di dalam atap, jangan-jangan karyawan atau bahkan pilot disitu pake kolor 2 lapis !

    Bung Karno keliatan serem gitu, kayak zombie insomnia.

    ReplyDelete
  10. Ah, aku ga ngerti sama postinganmu, Kuh. Nggak Bro gimana? Monyetnya lucu banget kok dan bro banget kok! Aku liat foto monyetnya liat kamera sampai ngangkat jempol segala kok.
    Kukuh ini kerjanya jalan-jalan terus? Haha. Seru na. By the way SBMPTN jadi ngambil kampus mana, Om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga sih, ini lagi kebetulan aja.. SBMPTN ambil unmul aja sih..

      Delete
  11. cieee foto sama sodara jauhnya cieeeee.

    asik kuh liburan bareng gitu, gue kalo liburan bareng gitu paling mentok ya ke BPP, paginya ke pantai, monoton abisss,
    di tunggu part 2 woyyy

    ReplyDelete
  12. enak bingit lu Kuh, jalan jalan sama keluarga kayak gitu...tapi kalo Jogja gue udah pernah ke sana berkali kali, mau dong gue ke Samarinda. Di Samarinda, pantainya bagus nggak Kuh??? *salahfokus gue juga mau selfie di bandara yang keren abisss itu..

    sampai episode berapa nih Kuh gue tungguin, kemana aja lu?? itu kamu foto di Taman Pelangi bukan?? naik trampolin tuh asoyy geboy kali Kuuuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya, samarinda nggak punya pantai :(
      Ayo mba meyke, backpackeran ke samarinda.
      iya, itu di taman pelangi..

      Delete
  13. palung suka gambar monyetnya, ia pikir bang Kukuh digigit benaran. Nanti untuk oleh-olehnya jangan lupa yang serba Jogja. Tapi ahti-hati makan dawet di sepanjang Malioboro, acri ayng enak dan segar. Dulu pernah alami makan dawet gak enak, kepanasan kali karena di trotoar terbuka. Dan Jogja itu hawanya panas nian, jangan minun yang bersoda.
    Selamat menjejak Jogja, ada banyak toko buku murah di sana. Selamat berburu buku. Juga oleh-oleh kulinernya. Hati-hati di perjalanan. Eh, meski Samarinda tak berpanta, tapi hawanya gimana?

    ReplyDelete
  14. wiihh keren tuu bandaranya.. bandara Juanda mah kalah..

    sering2 aja tuh liburan bareng keluarga, kantong bakalan hemat teruss.. kalo aku sih mending sama temen2 aja.. soalnya saudara sepupu udah pada nikah, jadi udah ngga asik lagi diajak jalan2 bareng.. ngga kayak dulu.. hmm

    ditunggu next holiday nya yak :D



    ReplyDelete
  15. Wah gue baru tau kalo ada bandara sepingan internasional. Gue taunya bandara internasional cuman ada di jakarta, surabaya, bali doang. Wahaha.. :3

    Itu yang banyak monyet kayak di bali gitu gak? Eh tapi monyetnya besar gitu ya. -_- dicakar perih juga tuh. (Eh tapi lebih perih hati dicakar mantan sih) #halah

    Disa? Aldisa?? Disa itu sodara lu kuh???? :O

    ReplyDelete
  16. asikkkk jalan jalan ke jogjakarta, banyak tempat seru di sana. Manfaatkan waktu pas di sana, kalo bisa mampir ke magelang terus keborobudur, rumah nenekku gak jauh dari sana hehehe
    Emang enaknya itu jalan-jalan sama keluarga, gak bikin kantong kering, biar orang tua yg jajanin , gak perlu jajanin cewek juga, apalagi jajanin cewek orang hahah

    ReplyDelete
  17. Udah 2 tahun gue bermukim di Jogja, tapi gue belum pernah ke tempat yang elu ceritain diatas, apalagi masuk ke bandara adi sutjipto.. pernah juga cuman nympe parkirannya aja hehehe...

    ReplyDelete
  18. Waduh, bang kukuh, panjang banget nih. Tapi gue baca kok.. :)
    pengalamannya seru nih, bikin mupeng, tapi lo bener juga sih. gue mikirin Villa yang kaya' di tipi-tipi gitu..
    halaman yang luas, trus ada spa-nya juga, pemandangan yang asik dan sejuk. wehehehe.

    Yang gue heran, lo ngapain foto-foto sama monyet, bang? sengaja nyamain tampang atau gimana? hehehe maap bang, maap...
    perjalanannya keren bang!

    ReplyDelete
  19. jauh banget liburannya..tapi pasti asyik deh kalau sama keluarga..rame gitu..

    itu sama moyet nggak ada unsur buat nostalgia atau temu kangen kan...tau nyamain..ah, sudahlah

    semoga nanti sempet jga liburan ke surabaya yak..

    ReplyDelete
  20. wahh gedungnya keren kuh, mirip Graha Teknologi kalo di palembang.
    dan... muka loe kuh, entah kenapa ppas ngeliat muka loe, gue jadi pengen cepet2 close tab -_-"

    ReplyDelete
  21. Jangan cuma gedung atau bangunan lainnya yang ramah lingkungan. Tetapi pola hidup masyarakat juga harus berubah. Contohnya meminimalisirkan penggunaan produk yang terbuat dari plastik.

    Contoh, penggunaan Packaging makanan yang terbuat dari kertas. Kertas dapat berbaur dengan lingkungan. Artinya kertas merupakan bahan yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.