Piala pertama - Part 1



Habis ngeliat poster pengumuman, peraturan lomba ini ternyata lebih rumit daripada hubungan Aurel dengan mantan mantannya. Wajib pakai blog baru dan ngebuat minimal 3 tulisan tentang pariwisata, budaya dan tentang kota Samarinda. Aku juga harus masuk kategori umum. Mau gimana lagi, setelah selebrasi kelulusan aku sudah nggak bisa masuk kategori siswa lagi. Di kategori umum saingannya pasti berat berat kayak proffesor, dosen, beruang bernard, macan asia dan sapi betina. Semuanya umum umum aja.

Sebenarnya nggak masalah juga sih kalau masuk kategori umum. Nulis pakai gaya bahasa baku seperti di koran itu yang paling bikin malesin. Seperti yang kamu tau, aku udah terbiasa nulis dengan gaya yang melenceng jauh dari kode etik jurnalistik kayak gini ini. Tapi dengan semangat dapat hadiah utama bukan umroh tapi uang tunai Rp. 1.500.000, aku memutuskan untuk ikut serta.

Nulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan kode etik ternyata ribet juga. Riset sana sini, nggak boleh ngarang, harus pakai gaya bahasa yang sopan supaya nggak terkesan menggurui menghabiskan waktu hampir satu bulan cuman untuk 3 tulisan yang sesuai standar. Makanya blog ini sempat aku telantarkan dengan cuman nulis 1 postingan di bulan Juli. Sampai akhirnya, jadilah satu blog berisi 3 tulisan dengan gaya bahasa saya, anda, demikian, baiklah dan bagaimanapun yang sekarang sudah  bisa kamu baca di kunjungisamarinda.blogspot.com



Walaupun sudah tau ini bukan spesialisku dan ngerasa belum maksimal, aku submit aja dengan penuh harapan bisa dapat uang tunai lengkap dengan piala dan sertifikat. Akibatnya setelah maksa nulis 3 postingan yang baku dan formal, aku jadi kesulitan nulis dengan gaya bahasa yang kayak gini lagi. Coba aja liat postinganku yang ini, jauh dari performa biasanya. Biasanya lebih kacau lagi.

Hari pengumuman nominasi sesuai di poster telah berlalu tapi belum ada juga kepastian kalau hari itu pemumuman. Sekalinya diundur sampai sampai tanggal 20. Biasanya sih, lomba diundur karena nggak ada kontestan lainnya aja. Semakin meyakinkan kalau lomba itu sepi peminat, aku pasti juara 1. Saking yakinnya, aku bahkan sudah mikir uang sebanyak itu mau diapain. Kefikiran untuk beli rumah, beli mobil mewah sampai beli istana. Sayangnya ini bukan super deal 2 milyar. Hadiah lombanya nggak bakalan cukup untuk beli semuanya. Jadi aku mau menggunakan uang itu dengan bijaksana, smartphone LG Nexus 5 yang memang aku pengen dari dulu.

Setiap harinya, aku ngebayangin kalau akhir tahun nanti aku sudah punya HP itu. Sudah nentuin warna sampai nentuin belinya di toko mana juga. Keren kan. Sedikit informasi buat yang sekarang lagi baca, aku ulang tahun ke 18 di bulan Oktober nanti loh. Jadi kamu nggak perlu capek capek nabung beli MacBook lagi, Nexus 5 juga udah cukup kok. Ehemm, kode banget nggak sih.

"Iya sore ini rapat penentuan nominasi. Besok sore akan di telepon siapa aja yang masuk nominasi."
Mas masnya bilang gitu setelah nggak ada kabar sampai waktu yang ditentukan. Sebagai peserta, aku cuman bisa iyain aja.

Besoknya, aku nggak ditelepon! Aku masih belum menerima kenyataan sampai buka website lombanya ada pengumuman nominasi kayak begini ternyata sudah ada nominasinya.


Lanjut ke part 2 ya.

Comments

  1. Cie yang dapat piala pertamanya. Itu aja udah hebat loh bang. Kalau diliat, abang termasuk Juara 2 kategori Mahasiswa :) Selamat ya Bang Kukuh. Semoga karyanya akan lebih kreatif dan diakui lagi oleh orang banyak. Aaaamiin :)

    ReplyDelete
  2. Oalah.. Jadi blog kemaren itu buat ikutan lomba ya. Gue kirain itu inisiatif lu sendiri yg pengen ngenalin samarinda, makanya gue sempet bilang ngajak teman lain biar blognya rajin update ttg samarinda. Hahaha..

    Wah selamat kuh... Anggap aja pengalaman, kali ini blum menang, lain kali pasti menang. :D
    Ceritanya gantung bangett.. :))

    ReplyDelete
  3. acieeeehhhhh bang kukuhhhhhhh~~ congrats yaaaa pasti bangga banget dan itu pasti piala sama sertifikat dibawa tidur mandi dibawa jalan jalan :\

    itu uangnya bisa beli bubur sekampung loh :D

    hahaha, maka demikian saya ucapkan selamat.

    Itu nggak cuma apresiasi virtual. Bang Kukuh keren pokoknya..
    okeh vina tunggu 18 oktober yaa kebetulan sama sama teman vina.
    Vina tunggu makan makannya :D

    ReplyDelete
  4. Gue gak bakal ngucapin selamat dulu, soalnya dapet pialanya kan di part selanjutnya hehehe

    Panitianya semacam php ya, ngasih harapan, tapi gak nelpon2 /eaaa

    Ini lomba swasta atau dari pemda? Sorry posternya gak kebaca hhe

    1.5 Juta lumayan gede tuh, bisa beli cendol segerobak hahaha. Pengen ikut2an lomba gitu, tapi gak.pede kalau yg umum2 gitu, saingannya pasti kelas berat semua hha

    ReplyDelete
  5. oh ini yang kemarin lo post fotonya itu?
    selamat ya kuh, akhirnya kerja keras dan penantian berbuah hasil juga
    memang kalau mau sungguh2 dan berusaha pasti ada hasilnya *pakaipeci

    sekali lagi, garcia
    eh, selamat maksudnya :D
    ditunggu lanjutannya

    ReplyDelete
  6. Cieee yang yang dapat piala pertama. Keren lah ya buat blog baru demi ikut lomba. Smoga blog barunya enggak terbengkalai:D

    Ditunggu lanjutan ceritanya dari nominator jadi juara. Hehe

    ReplyDelete
  7. waaah keren ya lo Kuh, berani ambil resiko buat nulis formal...
    dan itu enggak sia-sia :D
    seenggaknya elo dapet uang jajan dari event ini.. keren Kuh, gak sia2 kan elo jadi blogger :D

    ReplyDelete
  8. cie piala pertama :)
    alhamdulillah :D
    ternyata perjuangannya gak sia-sia ya bang ;)
    tetep semangat nulisnyaaa!!
    aku tunggu cerita part 2 nya

    ReplyDelete
  9. Selamet ya...
    akhirnya kerja keras terbayar lunas...

    ReplyDelete
  10. Saikkkk. Selamat ya jadi nominator sekaligus pemenang jugaaa! Ga sia2 lo bela2in bikin blog dan nulis segala hal khusus Samarinda. Btw, gue kira lo bikin blog itu tulus inisiatif dr hati yang terdalam wkwkw. Tapi ga apa2, dengan lo ikut lomba ini lo jd terpacu buat mengenal budaya daerah sendiri. Sukses selalu dah bro!!!

    ReplyDelete
  11. ciye kukuh ciye. kamu keren.
    meski belum bisa dapet LG Nexus 5.
    tapi kamu beneran keren.

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.