Piala Pertama - part 2



Kukuh Kurniawan Nugraha dari Universitas Mulawarman. Benar, namaku memang masuk nominasi dan sudah bawa bawa nama Universitas Mulawarman, padahal sebenarnya ospek aja belum. Ngeliat nominasi lainnya, nggak ada satupun yang aku kenal tapi anehnya ada aja yang kenal aku. Namanya Gunawan dari poltek. Dikirain kenal gara gara aku ketahuan main basket ilegal di kampusnya tapi katanya sih gara gara lomba blog di EKC tahun lalu. Fase terakhir adalah wawancara di dinas komunikasi informasi dan dinas pariwisata besok. Bukan, wawancaranya bukan di dua tempat, tapi kantor diskominfo & dispar di Samarinda di gabung aja.

Besoknya di Diskominfo benar benar ada beruang bernard, macan asia dan sapi betina. Nggak gitu sih, tapi saingannya beneran bapak bapak di usia yang sudah bisa beli panci bolak balik secara tunai walaupun kalau kredit bunganya 0%. Wawancara nominasi selesai dengan biasa biasa aja dan diakhiri dengan terror anjing gangster di depan Diskominfo. Aku sudah dikepung, padahal selama wawancara cuman dikasih lemper sama Aqua aja. Aneh banget sih, ditengah kota bisa ada anjing yang berkeliaran gitu aja. Aku yang awalnya motor parkir di depan memtuskan mengelilingi belakang gedung. Bukannya nggak berani, aku cuman nggak mau kalau masa muda yang indah berakhir disini.

Hari pengumuman pemenang diumumkan di depan panggung Kaltim Expo yang penontonnya adalah orang orang yang lagi mupeng nungguin perlombaan sexy dancer. Entah apa maksud panitia, mungkin mereka mau blogger blogger cukup umur ini tiba tiba menari dengan dada dimaju mundurkan dan diiringi dengan lagu "Morena morena I'll give you morena morena". Aku juga nggak tau.



Pemenang pertama kategori umum : Frisca Dwistani
yang kedua: Reza Palevi
Ketiga: Gunawan Wibisono
dan harapan 1: Henny
harapan 2: Kukuh Kurniawan Nugraha
harapan 3: Siti Jubaidah

Ternyata duo bapak bapak menempati posisi 2 dan 3. Untuk kali ini pengalaman lebih unggul dari sekedar muda. Aku harus puas menerima trofi juara harapan 2 yang sama aja juara 5. Kalau ini kompetisi liga Inggris, zona liga champions aja nggak masuk. Kalau sudah gini nggak dapat piala nggak masalah juga sih. Yah, biar bagaimanapun, aku harus bersyukur karena setidaknya sudah lebih unggul daripada 40 orang kontestan lainnya. Ternyata yang ikut banyak juga.

Jadi ingat kata Dee lestari waktu jadi pembicara di acara Samarinda book fair beberapa bulan yang lalu. Ceritanya dia pernah ikut lomba cerpen dari sebuah majalah remaja yang fenomenal di Indonesia pada zamannya. Di majalah itu selalu ada lomba cerpen berhadiah uang tunai yang cukup buat dia jajan. Karena ngerasa tulisannya sudah bagus, Dee yakin banget bisa menang. Dia juga sudah mengalokasikan uangnya kemana aja kalau sudah menerima hadiah. Saat pengumuman, dia kalah. Lebih nyesek dari ceritaku ini.

Cuman itu dulu, sekarang Dee sudah jadi penulis novel dengan label best seller kayak Perahu Kertas, Supernova, Rectoverso dan lainnya. Mungkin sekarang aku ada di fase yang sama. Siapa tau aja ada masanya aku jadi seperti dia. Masa depan memang nggak bisa dipastikan, tapi bisa direncanakan. Makanya bergabung di jaringan kami. 2 bulan kerja sudah bisa beli mobil.

Di backstage, aku jadi kenal sama banyak blogger dari Samarinda lainnya. Mereka memang ada yang biasa nulis dengan gaya bahasa formal, ada yang buat blog untuk curhat sampai ada yang memang kuishunter. Jadi memang sering nyari nyari dan ikutan lomba kayak begini. Salah satunya Siti, yang tadi dapet harapan 3. Dia baru lulus juga kayak aku, tapi sok sokan nulis asal Universitas juga, padahal ospek juga belum. Kayaknya kami cocok. Dengan modus sesama blogger, aku minta aja nomernya. Sampai rumah aku sms Siti. Dia bilang bapak bapak yang menang itu dosen dan gurunya sendiri. Agak kaget juga sih, tapi lebih kaget lagi waktu kepoin akun sosmednya. Dia sudah punya pacar.

Kembali ke lomba, mungkin memang belum saatnya aja sih aku berada di puncak. Nexus 5 juga ternyata masih jadi angan angan. Perjalanan masih panjang juga. Karena menurutku menulis bukan tentang uang atau piala, tapi karena aku pengen berkarya dan suatu saat ada beberapa buku yang dicetak ulang berkali kali yang dijual di gramedia dengan nama Kukuh Kurniawan di covernya.

Baca part 1 disini

Oh iya, foto yang jadi featured image dapat dari twitter dengan username @timpakul. Kamu juga bisa baca tulisan pemenang lomba caranya tinggal kilk ini. Tulisannya emang keren keren loh.

Comments

  1. ciee Kukuh.. Selamaatt yaakk... Ah gak pa2 kali dapet harapan 2 daripada dapet harapan palsu kan lebih nyesek.... Tapi beneran juara harapan 2 itu juga keren lohh, apalagi pesertanya lumayan banyak gitu, lagian yang juara 1 juga pasti pernah kok dapet juara harapan, tetep semangat ngeblog yaaa, semoga besok kalau ada lomba lagi bisa jadi juaranya.

    Kasian kamu Kuh, mau ngemodus eh yang dimodusin ternyata udah punya pacar, makanya ga usah stalking.

    ReplyDelete
  2. pas banget pake kaos BE. selamat ya Kuh, terus berkarya. Juara harapan aja udah keren kuh, tidak semua orang bisa ikutan lomba seperti itu. dan tidak semua orang bisa ngedapetin apa yang kamu dapet dari lomba itu. mudah-mudahan suatu saat semua harapannya bakalan terkabul. gak ada yang gak mungkin kalau terus mau berusaha. pertahankan prestasi yang ada dan tingkatkan. :)

    ReplyDelete
  3. waaah selamat yaa bg :) harapan 2 itu udah luar biasa kok. amiin, semoga cpat2 bisa nerbitin buku dan aku bisa liat nama Kukuh Kurniawan di cover bukunya :)

    waah mau modus tp yg dimodusin udh pnya pacar. kasiian :v aku blum bca yg part 1 ni. aku mw lnjut k part stu ya. haha

    ReplyDelete
  4. wah selamat untuk yang kedua kalinya, dan semangat untuk mendapatkan ucapan selamat untuk yang kesekian kalinya ya, salam kenal :)

    ReplyDelete
  5. ciye juara harapan dua..
    mana traktir buatku hah?
    kenapa kamu pamer baju napa, sini kamu cepat datang ke Malang gih :v

    btw ttep semangat yah :v

    ReplyDelete
  6. Cie cie cie Harapan 2.

    Tapi, semangat lo udah bagus loh bang kuh :3 Semoga masa depannya kelak akan melebihi si Dee Lestari. Gua baru tau kalau ternyata dia punya masa suram gitu. Dan, emang sih, semua penulis pasti punya masa suram tersendiri :) Tapi, cara dia buat terus bertahan di masa suram itu yang membuat dia jadi terkenal sekarang :)

    ReplyDelete
  7. Kwren lah, dah masuk sbgai pemenang juara harapan 2 dari 40 peserta. Terus maju pantang mundue, gigit anjing2 yg ingin menggigitmu. Wkwkw

    ReplyDelete
  8. Perhatian pertama gue ke gambar, baju lo kebesaran ya bro?

    Semua penulis yang ceritanya diminati banyak orang pasti punya masa kelam yang susah dilupakan. dan mereka move on, mungkin ini awal dari segalanya untuk lo lebih bisa berkarya. itu.

    ReplyDelete
  9. oh lomba tentang samarinda yang pernah diposting tempo hari di sini itu.
    selamat ya, :-D
    aku pengen ikutan tapi bukan warga samarinda hehehe..kalo nggak salah baca, ada persyaratan tertentunya ya? hrs orang lokal.
    kukuh eksis dengan kaos merahnya cihuy sekalian memperkenalkan BE.

    ReplyDelete
  10. Selamat ya, Kuh. Meski harapan II, itu sudah oke banget. Semoga semangatmu menular ke temen temen yang lain:D
    Itu eksis banget ya bapak bapaknya, masih semangat aja ikut lomba. Ayo, yang muda lainnya, ikut lomba nulis yang banyak biar produkti:D

    Kaosnya keren"D

    ReplyDelete
  11. Kukuh, akh selamat selamat *salaman*
    anggep aja permulaan kuh, walaupun juara harapan dua tapi tetep aja lu keren.
    itu pencapaian luar biasa, papa bangga #apaanini
    lumayan kan pialanya buat pajangan, keren kerenan.
    masih banyak kesempatan didepan nanti.
    apalagi pake kaos BE wuihh makin cakep aja kamu hehe

    ReplyDelete
  12. one step closer :3
    semoga jalannya dibukakan lagi ya, Kuh. dan selanjutnya kamu jadi lebih bersemangat :3
    hebat nih belum di ospek aja udah mengharumkan nama kampus :)

    ReplyDelete
  13. selamat yaa kuh. segitu aja udah keren banget kok. beneran! apalagi saingannya banyak dan senior senor semua. coba kalo bapak-bapak itu ga ikut, mungkin kamu yg jadi juara satunya haha :D

    ReplyDelete
  14. Keren banget Kuh lu, dan alhamdulillah kaos BE udah jadi, jadi lu bisa pake kaosnyaaa..yeyy, bisa makin terkenal dong ntar BE hehehe..

    selamat ya Kuh, gue juga pingin bisa dapet piala kayak pnya lu, KEREN!! :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.