[MOP] 4 Benda penyimpan masa lalu


Setiap orang pasti punya sejarahnya masing masing. Dari mulai sejarah penting seperti hari pernikahan, sejarah yang nggak terlalu pening seperti kapan pertama kali nyetak gol di lapangan futsal sampai sejarah yang nggak penting sama sekali seperti kapan terakhir kali memperdebatkan duluan telor atau ayam. Kamu pasti punya sejarah yang nggak bisa dilupakan gitu aja. Ada sebuah kata  bijak di Facebook yang bilang kalau sejarah sebagus apapun tetap akan hilang dan nggak ada manfaatnya tanpa adanya dokumentasi.

Kalau dalam teori psikologi yang pernah Tebe pelajari di kampus, dalam otak kita cuman ada 2 model memori. Memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Otak cuman menaruh informasi ke dalam memori jangka panjang secara detail kalau kejadiannya berkesan banget, menarik perhatian, berulang ulang atau traumatis. Sisanya pasti akan masuk kategori jangka pendek yang bisa terlupakan. Itulah kenapa, sekarang kamu sudah lupa 15 hari yang lalu melangkah pakai kaki kanan atau kiri duluan. 

Di postingan ini Tebe mau membahas tentang benda benda yang bisa menyimpan sejarah kamu selamanya. Benda ini Tebe harapkan bisa menjadi alat pengingat buat kamu karena semakin lama benda benda ini kamu simpan, akan semakin tinggi nilai sejarahnya.

Foto
Jadi foto yang Tebe maksud disini adalah foto dalam bentuk cetak, bukan foto digital seperti zaman sekarang. Manusia masa kini memang sudah malas banget buat cetak foto, padahal menurut Vint Cerf yang punya jabatan sebagai Vice president di Google pernah bilang kalau harusnya kita tetap cetak foto walaupun sekarang sudah era digital. Padahal dia kerjanya di perusahaan teknologi populer di dunia loh. Kenapa?

Karena menurut dia, foto dalam bentuk cetak lebih abadi. Contohnya gini, kita semua tau teknologi makin berkembang. Mungkin di masa depan nanti, sudah nggak ada lagi format .jpg atau .png.Pasti ada lagi teknologi yang lebih canggih dan lebih oke daripada foto zaman sekarang. Kalau komputer masa depan sudah nggak support file zaman sekarang, otomatis fotonya nggak bisa dibuka lagi dan kenangan kamu bisa hilang. 

Huaa keren! Lanjut baca ahh..

*Selain buat blog sendiri, aku juga sering nulis buat blog lain. Makanya, supaya kamu tau aku punya tulisan baru aku buat MOP (My other post). Sengaja preview post-ya disini juga. Kalau mau baca lengkapnya, kamu bisa klik tulisan "Baca selangkapnya". Komentar di blog ini sengaja aku disable. Jadi kalau mau komentar langsung ke website aslinya aja. Oke!*