Versi 5


Mungkin ada beberapa yang sadar, tema blog ini sudah berganti dari sebelumnya. Dulu waktu pertama kali memasang tema versi 4 di tahun 2014, diharapkan tema itu bisa membuat fokus kamu ke tulisan karena tema sebelumnya nggak ada sidebarnya. Setahun lebih dipakai, aku harus menerima kenyataan kalau tema itu sudah keliatan kuno dan butuh penyegaran, sama seperti kampus yang mulai membuka penerimaan mahasiswa baru. Aku harus terima kalau nanti aku bukan mahasiswa baru lagi, aku tambah tua.

Buat yang belum tau, dan mungkin nggak mau tau juga, blog ini sudah berganti tema sebanyak 4 kali. Kamu bisa klik link ini untuk sejarah tampilan blognya. Sudah beda banget dari versi awal yang dengan yakin masang foto asli. Tampilan blog yang bisa membuat bayi jerit jerit.

Sebagai perkenalan, inilah beberapa fitur fitur unggulan di tema blog yang tentunya nggak penting buat kamu baca.



Design language featured image.
Semenjak tahun 2014, aku sudah janji ke blog ini kalau sebelum memulai postingan harus ada featured image-nya. Buat yang belum tau, featured image itu adalah foto di awal postingan. Yah, ini terpaksa dilakukan supaya otak kamu nggak rusak rusak banget saat ngebaca tulisan yang apa adanya ini.

Makin lama, aku sadar diri kalau ternyata skil di bidang desainku nggak segaul orang lain. Aku kurang kreatif dalam membuat featured image. Kalau blog lain bisa bikin kartun, aku untuk crop foto aja belajarnya harus satu minggu dua malam. Kadang juga, tulisan selesai tapi harus di pending gara-gara featured image belum dibuat.

Trend di dunia desain sudah mengenal yang namanya design language, Google punya material design, Microsoft punya metro UI dan Apple punya flat UI yang dipakai di iOS, . Sebenarnya tujuan mereka mereka cuman satu: konsistensi.

Pengen ikut ikutan, aku juga bikin design language kecil kecilan untuk featured image blog ini. Hasilnya ku publish pertama kali pada postingan Outbond berkedok workshop. Semenjak saat itu, setiap pengen publish tulisan baru, featured imagenya juga nggak jauh beda. Tujuanku juga cuman satu: biar nggak repot.

Background, icon dan pemilihan warna
Aku tetap mempertahankan warna merah sebagai warna dominan di blog. Selain lebih nasionalis, merah juga warna identitas Manchseter United, tim terbaik sedunia. Background di kiri juga sengaja dibuat warna merah supaya kegantengan diri ini tersamarkan.

Icon dibuat oleh Dimaz Risen. Menurutku icon ini sudah keren banget, tapi ada aja makhluk makhluk yang komentar kalau iconnya keliatan ngondek, Kayak yang dibilang Heru.

(((keren agak sedikit ngondek)))

Update tiap Jumat.
Tema baru otomatis adalah semangat baru. Dengan semangat yang baru ini, aku pengen kembali konsisten ngeblog seperti awal nulis dulu. Kalau diliat dari arsip, aku bisa nulis apa aja yang aku suka se-random apapun. Karena tujuanku menulis adalah untuk dokumentasi, aku nggak pengen aja melupakan momen momen seru dalam hidup. Dari masa sekolah dulu, perjuangan saat mau masuk kuliah sampai momen hujan deras tapi tetap kuliah yang sebenarnya nggak ada gunanya bagi orang. Tapi semakin sibuknya di dunia nyata, kadang blog ini terbengkalai. Satu bulan kadang cuman satu tulisan, bahkan pernah nggak ada sama sekali.

Sekarang, aku pengen kembali nulis rutin lagi. Rencananya blog ini update tulisan baru setiap hari Jumat. Karena katanya hari Jumat adalah hari yang berkah, istimewa dan hari dimana zombie dikurung dalam kurungan ayam. Ya siapa tau aja kan, tiba tiba ada editor langsung nawarin bikin buku setelah rutin nulis. Nggak ada yang tau.

Balasin komentar
Aku selalu baca apa komentar orang orang di setiap postingan. Ada yang komentarnya bagus, tapi ada juga yang komentar asal dan isinya cuman jualan obat obatan herbal. Nggak papa, supaya blog ini keliatan rame aja. Aku selalu baca komentar itu karena didalam setiap komentar, ada semangat yang bikin aku tetap nulis. Makanya aku pengen balas setiap komentar yang masuk. Jadi buat kamu yang selama ini cuman jadi silent reader, komentar ya. Biar blog ini keliatan rame juga.

Itu dia hal hal baru yang akan ada di blog ini kedepannya. Mudah mudahan dengan tema baru, blog ini juga makin kece dan terasa lebih personal dari tema sebelumnya. Jadi apa komentar dan masukan tentang tema baru ini? Share di kolom comment yak!

Comments

  1. Language Featured Image. Ya, aku juga nerapin ini. Ada gambar di atas setelah cuplikan singkat per konten, lalu dipenggal. Jadi temen-temen yang mampir ke www.vindyputri.com akam melihat cuplikan plus gambarnya. Hanya aja aku nggam bikin desain grafis seperti itu sih. Paling-paling ya poto yang paling menarik. Hehee..

    Good untuk versi 5-nya! :D

    ReplyDelete
  2. Keren nih... ckckckck, templatenya bagus warnanya dan juga ringan, btw... kok sisi kanan blog ini agak kepotong ya... aku jadi ga bisa baca tulisannya nih, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ga kepotong deng, wkwkwk... sorry2 :)

      Delete
  3. Wih... template baru ya. Selamat-selamat :D. Satu hal aku suka dari template ini, MERAH. Ngomong-ngomong, Manchester United emang tim terhebat sepanjang masa, bang, aku setuju.

    Semoga langgeng ya templatenya ;)

    ReplyDelete
  4. mantap! keren sih ikon nya....
    mari kita lihat apakah semangatnya baru juga. tunggu setiap jumat :))
    hahahaha, tapi itu.... kolom komentar gue juga sering dihantui dengan komentar ngasal obat herbal kampret.

    ReplyDelete
  5. Cieee fresh banget sih setelah lama gak mampir ke siniiii... Setuju Kuh, versi 5 ini keren! Warna merahnya gak begitu mencolok kayak yang kemarin. Lebih soft dan enak diliatinya. Lebih enak lagi kalo gak ada foto kamunya sih. Hahaha becanda deng.

    Om Heru kok jahat sih dibilang ngondek =))))))

    Tapi ya semoga rencana itu gak sekedar wacana ya. Tetep semangat nulisnya dan bisa membagi-bagi waktu. Good luck!

    ReplyDelete
  6. Sama kuh problemnya..
    Gue juga payah soal bikin desain gambar haha...
    Dulu sih sering sering nunda ngepost karena gambarnya belum dibikin.. sekarang gue jadi cuek karena kesibukan gue halah.. publish ya publish deh.

    Btw, keren nih udh ada jadwal publish brarti lo bakalan update secara konsisten :D

    Yang gue tau tulisan lo makin kesini makin keren kuh :D

    ReplyDelete
  7. wahh, jadi ini perubahan yang kelima yang terjadi di blog lo, banyak juga yaa. tapi makin keren kok.

    ngomongin featured image, gue juga selalu ngusahain supaya postingan gue make gituan, tapi yaa gitu, gue juga ga jago desain jadinya yaa featured image seadanya aja.

    warna merah sih udah cocok sama blog lo ini, dan gue kayaknya nggak setuju sama si heru kalo icon lo ngondek. icon lo udah keren banget kok.

    oh iyaa, ternyata banyak kesamaan juga antara kita yaa. gue bulan lalu juga memutuskan untuk bikin jadwal postingan setiap hari Jum'at jam 6 sore loh. warna blog gue juga dominan merah. ah jangan-jangan kita...

    ReplyDelete
  8. Aku selama ngeblog baru sekali ganti template, itupun butuh waktu lama setelah pilih pilih mana template yang cocok buat blog saya. selama ini pake bawaan blogger rasanya kurang menarik aja mana katanya juga bawaan blogger itu udah jadul jadi udah nggak sesuai sama desain sekarang yang udah HTML5 (Sebenernya ane nggak ngerti maksud HTML5).

    Yg jelas sih saya hanya ikut-iktan aja setelah liat beberapa blog pake template yang keren-keren.

    ReplyDelete
  9. Hai, Kukuh sudah lawas kada beelang ke blog ikam hehehhe

    Keren kuhhh tampilan barunyaaa, simpel desainnya. Wihhh, jadi sekarang udah ada jadwal ngepost yaaaaa...Semoga makin konsisten yaa Kuh ngeblognyaaa :D

    Aku juga pengen ganti template blog nihhh, tapi nantii aja dehh pas udah ulang tahun yang ke 19 tahunnn. Lha? apa hubungannya coba, hihihihi XD

    ReplyDelete
  10. wah bagus tampilanya, semangat buat ngblog ya :)

    ReplyDelete
  11. Wih, tampilan yang kelimanya kece. Tapi yang paling gue suka itu iconnya. Keren banget !

    Semoga niat yang udah ada buat konsisten ini bisa terealisasi ya. Jadinya bisa konsisten ikut ngeramein BE lagi :D

    Gue juga heran, kenapa akhir-akhir ini sering banget muncul akun jualan obat di kolom komentar. Tapi seperti kata lu tadi, nggak papa lah biar blog jadi kelihatan lebih rame :D

    ReplyDelete
  12. "Background di kiri juga sengaja dibuat warna merah supaya kegantengan diri ini tersamarkan." Bang. Tolong baaaang :'D Toloooong :'D

    Tampilannya keren, bang. Udah bisa desain sendiri malahan. Gue aja kagak bisa desain template sendiri. Gue nyari dari Google :'v Oh, iyaaa. Bang Kukuh nyuruh visitorsnya buat komen, kan? Yaa dibales, dong, komentarnya :p Siapa tau bisa dapet jodoh :p

    Sukses sama template barunya bang ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang. Ada yang hampir gue lupa kasi tau. Di bagian bawahnya itu, kok, kayak agak kepotong gitu yaaak? Apa emang disengaja atau koneksi internet gue yang lola? -_-

      Delete
  13. Background di kiri bagus warnanya merah, kenapa engga sama yang kanannya?

    ReplyDelete
  14. Background di kiri bagus warnanya merah, kenapa engga sama yang kanannya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.