Istilah di kampus yang harus kamu tau - Part 1


Pertama tama, selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru khususnya mahasiswa baru Universitas Mulawarman. Selamat datang juga untuk calon mahasiswa baru yang minggu depan pengumuman SBMPTN. Semoga kalian dapat hasil yang terbaik ya!

Flashback sedikit di tahun lalu, pukul 6 sore aku membuka website SBMPTN yang tampilannya sudah kuno. Hari itu adalah pengumuman kelulusan untuk tahun 2014. Begitu memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir, aku langsung lemas setelah membaca tulisan berwarna hitam dan berlatar belakang hijau yang bertuliskan "Selamat anda lolos seleksi SBMPTN di pilihan 1". Nggak nyangka, anak yang dulu kerjaannya cuman menyelundupkan makanan di bioskop bisa masuk PTN yang peminatnya jalur SBMPTN-nya 24.519 orang, padahal mahasiswa yang diterima cuman 1.947 orang.

Dengan modal tulisan di halaman pengumuman itu, aku akan bergabung dengan mahasiswa lain yang setiap belajar nggak perlu lagi pakai seragam, nggak harus bawa buku paket dan buku yang diberi sampul warna cokelat. Aku tambah senang setelah tau kalau jurusan Ilmu Komunikasi punya jumlah laki laki dan perempuan yang seimbang. Artinya, aku nggak akan ngeliat teman sekelas yang isinya cowok semua kayak waktu SMK dulu. Ada kemungkinan kalau aku bisa punya pacar untuk pertama kalinya sepanjang hidup. Hore!

Ternyata di hari pertama kuliah, banyak banget istilah baru yang selama disekolah nggak pernah diajarin. Padahal ini penting supaya mahasiswa baru makin mudah untuk adaptasi di kampus. Makanya di postingan ini aku mau membagikan guide atau panduan buat kamu mahasiswa yang skripsinya masih lama. 

---

1. Mahasiswa.
fotonya dari: http://ldfannur.blogspot.com/

Dimulai dengan yang paling gampang, pasti kamu sudah tau. Mahasiswa adalah calon calon intelektual yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, yaitu kamu. Kalau baru masuk kampus, pasti ada aja kalimat yang bilang begini:

Kalian itu sudah Mahasiswa. Siswa artinya pembelajar dan maha artinya paling tinggi. Jadi kalian itu adalah pembelajar yang serba tau, nggak ada lagi yang diatas kalian. Kalian itu agent of change.
Mungkin buat yang baru pertama baca pasti merasa "Oh iya juga ya. Mahasiswa keren banget!". Tapi sayangnya kalimat ini diulang terus menerus oleh setiap orang yang kamu temui di tempat kamu kuliah nanti. Saranku sih, kalau yang bilang kalimat sakti itu dosen, ketawa nyengir aja pura pura excited. Pura-pura kalau hal itu memang memotivasi kamu untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi. Siapa tau dapat nilai A. 


2. Dosen. 
Apakah dosen kamu akan seganteng dia? | sumber gambar: viva.id
Dosen ini sama kayak guru di sekolah. Bedanya guru ngajar di sekolah, dosen ngajar di kampus. Cuman beda nama aja. Tipe dosen juga ada banyak, dari mulai dosen yang suka gerak memperhatikan mahasiswa yang bisa bikin kamu nggak bisa tidur dikelas sampai dosen yang cuman diam ditempat dan menjelaskan kembali apa yang sudah ada di slide powerpoint. Kalau dapat dosen yang nggak interaktif kayak begini, sama aja kamu menonton video tutorial cara belajar membaca untuk mahasiswa lewat DVD. Ngebosenin.

Kalau kamu orangnya suka kejutan, biarkan mengalir aja. Pasti kamu akan kaget dengan gimana ajaibnya mereka. Tapi kalau kamu adalah tipe orang yang kepo dan selalu pengen tau, cari aja tulisan yang membahas tipe tipe dosen. Paling juga kamu nggak jadi kuliah.

3. Dosen pembimbing akademik. 
foto: www.piranhaphotography.com
Beliau ini adalah orang yang bertanggung jawab dengan masa depan kamu di kampus. Tugasnya sama seperti orang tua. Membimbing kamu selama di kampus sampai nentuin kamu lulus atau enggak. Karena mirip dengan anak dan orang tua, kamu juga nggak bisa nentuin mau lahir dari rahim dosen yang mana. Bisa aja kamu lahir dari dosen pembimbing bapak bapak yang nggak punya rahim.

Semuanya tergantung hoki. Ada kemungkinan kamu dapat dosen pembimbing gaul yang suka acara lari-larian atau kalau lagi apes ya dapat dosen pembimbing yang suka ngilang kayak Casper. Bagaimanapun karakternya, kamu harus tetap ramah dengan beliau kalau nggak mau jadi mahasiswa durhaka.

4. Rektor. 
Rektor Unmul terupdate 2015. | sumber gambar: unmul.ac.id

Anggap aja Universitas adalah sebuah negara. Rektor ini adalah presidennya. Biasanya rektor ini adalah orang paling bijaksana di Universitas yang punya masa jabatan kayak presiden. Beliau ini punya tugas untuk ngurus hal hal yang bisa mengembangkan kampus ke arah yang lebih baik lagi. Rektor ini jarang banget kamu liat di sekitar kampus, apalagi di kantin tempat kamu nebeng WiFi gratis, nggak mungkin. Bukan karena beliau nggak down to earth, tapi karena rektor ini sibuk banget.

Sebenarnya selain rektor, di kampus ada lagi presiden lainnya. Namanya presiden BEM. Tapi ntar kamu cari tau sendiri aja. 

5. Dekan. 
Dekan Fisip Unmul | Sumber gambar: unmul.ac.id

Kalau rektor tadi presiden, dekan ini jabatannya sama kayak gubernur. Dekan ini ngurus apa aja yang ada di Fakultasnya. Beliaulah yang bertanggung jawab dengan pelaksanaan pendidikan dan apa aja yang terjadi di Fakultas. Kalau misalnya kamu di Fakultas teknik, dekannya pasti beda dengan dekan fakultas kedokteran. Gitu.

Dibawahnya dekan ada lagi sih, namanya Kaprodi. Kepanjangannya ketua prodi, jadi dia ini adalah walikotanya. Ngurusnya juga cuman program studi (jurusan) aja. Biasanya kaprodi juga bisa dari dosen kamu sendiri. Anggap aja beliau ini adalah wali kelas kamu.

6. Kating. 

Kating ini punya 2 arti. Pertama, kakak tingkat. Dia ini adalah mahasiswa yang jumlah semesternya lebih tinggi daripada kamu. Kalau disekolah dulu, namanya kakak kelas. Lagi lagi, cuman beda nama aja. Misalnya kamu masuk program studi ilmu komunikasi, selamat. Kamu dapat kakak tingkat yang sifatnya agak sulit ketebak gini.

Kedua adalah ketua tingkat atau kalau disekolah dulu namanya ketua kelas. Nggak ada yang ngerti kenapa namanya ganti. Tugasnya selain untuk memimpin kelas, ngasih pengumuman dari dosen, kadang kadang kating juga harus tabah kalau disuruh kerumah dosen untuk ngantar tugas mahasiswa satu kelas, disuruh fotocopy, ngambil absen dan hal hal heroik lainnya. Bagi sebagian orang jadi kating itu sama aja merepotkan diri sendiri. Tapi untuk kamu yang punya jiwa kepemimpinan, ayo jangan ragu untuk jadi kating!

Yak, itu aja dulu istilah di kampus yang kamu harus tau. Untuk mahasiswa lama yang kebetulan baca, tolong koreksi kalau ada kesalahan di kolom comment ya. Tulisan ini sengaja dibuat untuk mahasiswa baru yang suka bingung. Mudah mudahan berguna untuk kamu yang baru masuk kampus tahun ini.

Share juga ke semua teman kamu yang statusnya masih mahasiswa baru yang belum tau apa apa. Minggu depan akan ada lagi istilah di perguruan tinggi yang harus kamu tau part 2 yang tentunya lebih bermanfaat daripada tulisan kali ini. Tungguin aja di hari Jumat sebelum sholat Jumat berikutnya.

*Buat mahasiswa baru yang mau tanya tanya, kamu bisa tanya ke akun ask.fm ku dengan id: kurniawankukuh, pasti akan aku jawab sebisanya. Tanya hal random juga boleh, Pokoknya tanya aja dulu supaya akun ask.fm ku nggak mubazir karena nggak ada yang nanya. Kalau mau tanya yang lebih privat bisa kirim email ke kurniawan@kukuh.my.id*

*Update* 

Comments

  1. Dosen pembimbing nya bisa lebih spesifik kuh, dosen pembimbing akademik. Soalnya kan ada dosen pembimbing skripsi. ((SKRIPSI)) Maaf aku sensitif ttg skripsi namanya juga maba, mahasiswa ba(r)u skripsi *maksa

    ReplyDelete
  2. tambahan kuh,
    1. MAPALA = mahasiswa paling lama contohnya kayak yang komen di atasku nih
    2. MAPASU = mahasiswa paling suram contohnya mudahan gak kayak yang komen di atasku nih

    ReplyDelete
  3. Ah kalau mahasiswa mah gak ngaruh mau kakak tingkat mau seangkatan, kadang kakak tingkat ada yang mengulang sih, jadi sekelas juga muehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah. Makanya jangan sampai ngulang. Hahahah

      Delete
  4. Udah pernah satu tim kepanitiaan sama rektor UNMUL yang sebelumnya, jadi gak susah susah amat dulu ketemu ama rektor. haha *apasih*

    Kuliah dulu aku kira bakalan kaya adegan di film-film romantis yang bakalan tabrakan sama kakak tingkat ganteng terus buku-buku jatuh bertebaran dan terjadilah perkenalan... kisah dimulai. tapi nyatanya yang kaya gitu nggak bakalan ada :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih? gaul bangeeett

      Kita adain aja gimana? :D

      Delete
    2. Hihi bikin FTV nya ajah yuh😀

      Delete
  5. *deg*
    Jadi keinget bentar lagi pengumuman SBMPTN.

    Kalo beruntung tahun ini aku jadi mahasiswa baru. Informasi yang penting untuk calon mahasiswa sepertiku. Banyak sebutan-sebutan yang asing di mata.

    Kalo dosen pembimbing itu dapetnya pas skripsi apa langsung dapet ya?

    ReplyDelete
  6. Kakak... mau tanya dong. Kalo kuliah itu, banyak cabe-cabean gak? :D

    Terus, soal kating itu kak kukuh. Aku baru tau lho. Masalahnya, akukan emang masih baru banget dalam urusan kuliah.

    Tapi, kalo Dosen Pembimbing, harusnya ditambah akademik. Kalo dosen pembimbing aja, kesannya skripsi kuh. gitu, sih.

    ReplyDelete
  7. istilah "ayam kampus" ga dimasukin bro? *eh

    masih banyak sih istilah2 yang sebenernya cuma ganti nama dari pas jaman kita sekolah
    biar keliatan beda, padahal maknanya juga ga beda jauh

    kalo di gue sih dulu namanya bukan kating sih
    komting kalo g salah, komandan tingkat

    ReplyDelete
  8. Hmm bermanfaat nih, insyaallah tahun depan aku kuliah. Btw selamat nih udah bisa menyingkirkan pesaing yang jumlahnya puluhan ribu itu.

    Menurutku yang bagian pertama itu udah banyak dikenal sama orang-orang, aku penasaran sama istilah-istilah baru. Semoga aja di part 2 ada deh,

    Ditunggu lanjutannya ya kak :D

    ReplyDelete
  9. Untuk yang mau masuk kuliah bermanfaat ni yah
    Istilahnya gak ada yang diplesetin kak ?

    Tapi kalo diplesetin takutnya dikira beneran kali ya ?
    Ditunggu part lanjutannya kakak

    ReplyDelete
  10. sengaja banget ye lu promo aku ask.fm biar dikepoin dede-dede maba emesh -_- hahaha, pokoknya ntar dede emesh Agung itu jatahku kalo nanya soal kuliah yak! wkkk

    ehya, dosen pembimbing akademik lu siape?
    pesenku yah, kamu harus hapal muka dosen pembimbing, jangan kayak aku yang tiap semester selalu lupa bapaknya yang mana, akhrinya nyariin si dosen dengan misscall, baru pas ada dosen yang ngambil hape, baru aku tahu itu dosenku ._. wahahahaha

    ReplyDelete
  11. wah... gue baru tau tentang dekan kating sama rektor. kalau begitu, rektor yang paling tinggi yak. okelah, sebagai pelajar tingkat akhir, gue udah punya gambaran gimana dunia kuliah nanti. rektor harus dihormati. okeh! mantap vroh postingnya.

    ReplyDelete
  12. saya jadi bisa tau perbedaan antara rektor dan dekan, terima kasih gan infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. istrilah-istilahnya aku berharap bisa hafal satu-satu apalagi tahun ini aku masuk kampus.
    dari semua istilah, istilah mahasiswa abadi dan mahasiswa karatan mana?
    kok gak ada? bisa kasih tau apa itu artinya

    ReplyDelete
  14. karena nggak kuliah kayaknya saya nggak perlu menghapal ini istilah
    tapi pernah denger kating gitu... eh, temenku malah nyebutnya kayak kakak angkat gitu.

    ya maklumlah dia cewek... pasti seneng banget dapet kakak tingkat yang membimbing dia dan dia jadiin kakak angkat gitu

    ReplyDelete
  15. yaelah lo udah kayak pihak UNIV ajah kuh bikin beginian haha
    tapi ini bermanfaat buat maba yang sama sekali minim informasi tentang istilah tentang dunia peruliahan.

    SKS harusnya dimasukin kuh atau masuknya yang part 2

    ReplyDelete
  16. HMP, HMJ, Bem F, Bem U. BOM (Barisan Oposisi Mahasiswa), Ormek (GMNI, HMI, PMII, KAMMI, LAMRI, FSN, dll.) di Unesa ada ilmu hukum.nya yg masih terhimpun dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) promosi dikit hehehe

    ReplyDelete
  17. Ketua angkatan kuh, dont forget

    ReplyDelete
  18. Ilmunya bisa d pake berguna, kalo gak jadi sampah, berarti kuliah bayar, beli sampah. Jd jangan salah jurusan ya hahaha apalagi kuliah setengah2 subsidi aja panti asuhan haha

    ReplyDelete
  19. Terimakasih infonya. Semoga peminat baca Indonesia meningkat agar Indonesia menjadi negara yang tak buta huruf dan tumbuh menjadi individu berwawasan.

    Ayo cek website kami di http://www.library.gunadarma.ac.id banyak kumpulan buku yang menarik untuk para pembaca

    ReplyDelete
  20. Ketua produ dan ketua jurusan itu sama yA?

    ReplyDelete
  21. apa dosen pembimbing akademik itu sama halnya dengan yang namanya dosen wali mahasiswa?

    ReplyDelete
  22. Nice info! Sangat bermanfaat bagi saya yang baru menjadi Mahasiswa.

    ReplyDelete
  23. Nice info! Sangat bermanfaat bagi saya yang baru menjadi Mahasiswa.

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.