Istilah di kampus yang harus kamu tau - Part 2


Ini adalah tulisan lanjutan dari istilah istilah di kampus yang harus kamu tau. Untuk kamu yang mahasiswa, sudah jadi sarjana atau yang kepengen jadi sarjana tapi masih delay, nggak masalah langsung baca tulisan ini. Tapi untuk kamu yang baru aja jadi mahasiswa, baca dulu part satu biar nggak bingung baca postingan ini. Cie udah jadi mahasiswa.

Dari kolom comment post minggu lalu, banyak banget yang nanya tentang istilah lainnya. Sebenarnya aku pengen balas semua komentarnya di dalam satu post. Tapi karena pertanyaannya beragam banget, makanya aku pisah jadi beberapa bagian. Bahkan ada yang tanya begini di akun ask.fm yang selama ini sepi peminat.

klik untuk memperbesar


Nggak jawab artinya nggak menepati janji, mau jawab jujur takutnya mereka malah tambah kepo nyari keberadaan ayam kampus, kalau bohongin mereka takut dikutuk jadi ayam kampung. Jadi untuk kamu yang sudah tau arti ayam kampus bisa tulis di kolom komentar ya.


7. Perbedaan Universitas, Fakultas dan Program studi.


Seharusnya kalau kamu sudah lolos di salah satu Universitas, kamu sudah tau bedanya. Biasanya perbedaan itu selalu ditanyakan calon mahasiswa yang baru mau nentukan jurusan apa di Universitas yang mana. Tapi yaudah lah ya, siapa tau aja diantara kamu banyak yang belum tau.

Supaya gampang, kita anggap aja Universitas ini sebuah negara. Jadi negaranya adalah Universitas kamu. Biasanya di negara itu punya beberapa provinsi. Fakultas inilah provinsinya. Ada Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP), Fakultas kedokteran (FK), Fakultas Ekonomi (Fekon) dan lain sebagainya. Di dalam provinsi juga ada kota. Kota itu kalau di Universitas dinamakan program studi atau jurusan kamu. Contohnya FISIP ada prodi Ilmu Komunikasi, Administrasi negara, hubungan internasional dan lainnya.

Jadi contohnya begini.

Kukuh adalah mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi di Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Mulawarman.

 Gampang kan.

8. Kampus

Kampus itu adalah daerah dimana kamu akan kuliah nantinya. Kalau kamu di Universitas Mulawarman, ada beberapa kampus yang tersebar di wilayah Samarinda. Ada kampus gunung kelua, kampus FKIP jalan Pahlawan dan lain-lainnya. Semuanya tergantung gedung fakultas dan gedung kelas kamu ada dimana.

9. Rektorat

Rektorat ini adalah gedung tempat kerjanya rektor. Tempat ini sudah kayak istana negara di Universitas. Bangunannya paling besar dan dijaga sama beberapa satpam. Karena udah kayak istana negara, nggak banyak dari kita sebagai rakyat jelata yang datang ke gedung ini.

Untuk mahasiswa baru, biasanya rektorat ini nggak akan kamu kunjungi selama proses daftar ulang. Kamu pasti lebih fokus ke gedung....

10. Dekanat

Pertama kali dengar nama dekanat aku bingung, kenapa namanya jelek gini. Satu tahun kuliah, ternyata dekanat itu berasal dari kata dekan. Kalau rektorat adalah kantornya rektor, Dekanat ini adalah kantornya dekan. Di tempat ini kamu bisa menemukan bagian akademik, ruangan tata usaha sampai ruangan dosen pembimbing akademik kamu.

Biasanya di tempat ini juga kamu sebagai mahasiswa baru akan mengurus hal yang berbau akademik. Dari mulai minta tanda tangan, legalisir surat surat, penyerahan berkas sampai nyari pacar orang lain. Itu semua tergantung kebijakan dari Universitas kamu.

11. Perpustakaan. 

Nggak banyak yang bisa kujelaskan di perpustakaan karena harusnya kamu sudah tau tempat ini semenjak SD. Perpustakaan juga ada banyak, yang paling besar adalah perpustakaan Universitas dan ada juga perpustakaan fakultas yang lebih kecil ukurannya.

Menurutku perpustakan di Universitas dan Fakultas ini punya keunggulan daripada perpustakaan daerah, perpustakaan kota atau perpustakaan SMA kamu. Kalau mau nyari referensi untuk makalah tugas bukunya lebih spesifik, nggak repot cari di antara jutaan buku di perpustakaan yang besar.

12. Auditorium. 

Biasanya gedung ini cuman disingkat audit. Ini adalah gedung serbaguna yang sering dipakai untuk seminar penulis buku, motivator dan sebagainya. Harapannya tentu untuk mengedukasi mahasiswa. Kalau misalnya dapat gebetan baru saat seminar anggap aja bonus. Aku sih belum pernah dapat bonus yang keliatannya mmenyenangkan itu. Iya, keliatannya. Namanya juga belum pernah, jadi cuman membayangkan aja.

Selain untuk seminar, gedung audit juga sering dipakai untuk tempat pentas seni atau bazar. Kalau disekolah kamu, gedung ini nggak jauh beda dengan aula. Tapi kapasitasnya lebih banyak.

Kalau rencana kamu selama jadi mahasiswa cuman pengen kuliah-pulang-tidur, mungkin gedung ini nggak terlalu sering kamu kunjungi. Tapi buat kamu yang suka datang ke seminar untuk nyari sertifikat atau datang ke pentas seni karena ada teman yang mau tampil, pasti kamu bakalan sering kesini.

13. Gedung gelora

Namanya mungkin agak beda di setiap Universitas. Kalau di Universitas Mulawarman, namanya gedung gelora 27 September. Gedung ini serbaguna banget. Bisa untuk kegiatan wisuda, bisa untuk percepatan adaptasi mahasiswa baru tapi bisa juga untuk acara pernikahan. Yang terakhir memang agak absurd. Tapi memang sering. Kalau ibaratkan negara, ini adalah stadion utama dari sebuah Universitas.

Untuk mahasiswa baru, kalian pasti akan dikumpulkan di tempat ini saat percepatan adaptasi mahasiswa baru. Di sini juga saksi bisu pertama kali kamu memakai almamater Universitas. Baca aja sedikit pengalamanku waktu PAMB (semacam mos) sebagai gambaran kamu nantinya.


Mungkin sementara itu dulu. Karena ada banyak banget istilah istilah mahasiswa lainnya yang nggak cukup kalau ditulis lewat satu post. Aku mau ngucapin selamat untuk kamu yang baru jadi mahasiswa. Untuk kamu yang belum berhasil juga jangan menyerah, tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik. Ryan D'Masiv aja bilang gitu. Lah, apasih.

 Istilah lainnya menyusul minggu depan. Share aja dulu tulisan ini ke teman kamu yang mahasiswa baru. Untuk mahasiswa lama yang baca tulisan ini, kamu bisa koreksi di kolom komentar ya kalau ada kesalahan.  Makanya baca terus blog ini yang update setiap hari Jumat sebelum sholat jumat.

*Buat mahasiswa baru yang mau tanya tanya, kamu bisa tanya ke akun ask.fm ku dengan id: kurniawankukuh, pasti akan aku jawab sebisanya. Tanya hal random juga boleh, Pokoknya tanya aja dulu supaya akun ask.fm ku nggak mubazir karena nggak ada yang nanya. Kalau mau tanya yang lebih privat bisa kirim email ke kurniawan@kukuh.my.id*

*Update*

Comments

  1. alhamaduliah udah hafal semua istilah kampus, wong udah 4 tahun mendalami seluk beluk perkampusan hahaa

    Kalo di gue tempat olah raganya di sebut GYM, anak IPB pasti tau

    ReplyDelete
  2. wah mayan nih mas, nambah pengetahuan buat kuliah nanti. doain ya mas.

    ReplyDelete
  3. Nah ini ada beberapa istilah asing. Aku bingunya sama beda fakultas dan jurusan. Untunglah baca ini jadi tau apa bedanya. Sama istilah kampus, soalnya satu universitas kampusnya bisa terpencar-pencar gitu

    Perpustakaannya keren nih ada motif-motifnya. Semoga ada part 3 nya..

    ReplyDelete
  4. Ah aku udah tinggal semester akhir. Kampusmu bagus ya. Eh di Universitas Mulawarman ada program pertukaran mahasiswa kan? soalnya aku ada kenalan di kotaku yang kuliah di sana. Dan selama beberapa waktu dia tinggal di Texas, kalo nggak salah jurusannya perhutanan.

    ReplyDelete
  5. Ahahaha... mantep! Jadi bisa lebih tau tentang Kuliah...
    Walaupun gue belom pasti mau lanjutin kuliah apa nggak...

    ReplyDelete
  6. Waduh, kakak kukuh benar2 baik sekali ya.

    Menjelaskan secara detail soal istilah kampus. Ada juga yg gak ada di kampus gue kuh. Soalnya, kampus gue bebasis Madani. Jadi yg umum sama, tapi banyak jga yg beda.

    Cuman ini udah ngebantu bgt. Makasih kakak

    ReplyDelete
  7. mantap. makin nambah ilmu, jadi makin ada gambaran. terutama tentang fakultas dan universitas. jadi, apa itu ayam kampus? gue baru tau kalau tempat wisuda di kampus bisa dijadiin tempat nikah. gile, gue kudet abis kampret -__-

    ReplyDelete
  8. ah iya.. aku juga pernah denger istilah FKIP dan FMIPA
    tapi nggak tahu artinya

    wkwkw
    nanya ayam kampus
    ada-ada aja lah pertanyaannya. mungkin yang nanya mau mencari di kampusnya

    ReplyDelete
  9. Gak ada SKS nih... Tiap kampus gak semuanya punya gedung Gelora ato Auditorium sih. Mungkin bisa riset dulu istilah yang umum-umum aja.

    UAS, UTS juga kayaknya perlu dijelasin soalnya sistemnya agak beda ama SMA. #sotoy

    ReplyDelete
  10. Ahahaha... mantep! Jadi bisa lebih tau tentang Kuliah...
    Walaupun gue belom pasti mau lanjutin kuliah apa nggak

    ReplyDelete
  11. Aduh, ayam kampus. Ayam kampus itu apa sih? *sok polos
    Mantep nih postingannya. Menambah wawasan gue tentang dunia perkuliahan. Soalnya tahun depan Insya Allah gue baru mau masuk kuliah. Dari penjelasan diatas yang gue tau cuma perpustakaan sama universitas doang. Gue juga baru tau kalo dalam satu universitas itu kampusnya kepisah-pisah.

    ReplyDelete
  12. Wahh makasih kak info tentang kampusnya! Ya walaupun aku jg gtau bakal nerusin kuliah apa krja. Ehehee.. Aku jg msh bingung tuh soal jurusan, prodi, gtu2.. Kalo rektor tau, tp dekanat blm tau. Hehe..
    Itu niat bgt yg nanya ayam kampus smpe nge ask gtu._. Dia pura2 polos atau gimana tuh?._.

    Ohiya kak, di part 3 jelasin jg sks yah, aku msh gangerti. Hehe

    ReplyDelete
  13. Wahh makasih kak info tentang kampusnya! Ya walaupun aku jg gtau bakal nerusin kuliah apa krja. Ehehee.. Aku jg msh bingung tuh soal jurusan, prodi, gtu2.. Kalo rektor tau, tp dekanat blm tau. Hehe..
    Itu niat bgt yg nanya ayam kampus smpe nge ask gtu._. Dia pura2 polos atau gimana tuh?._.

    Ohiya kak, di part 3 jelasin jg sks yah, aku msh gangerti. Hehe

    ReplyDelete
  14. Nice For U, Dont Forget Me.. And Yu See My Web - Regards :
    obat kuat viagra
    obat viagra
    viagra asli
    beli viagra
    http://viagra-id.com/obat-kuat/distributor-harga-obat-kuat-viagra/

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.