Istilah di kampus yang harus kamu tau - Part 3


Dua minggu yang lalu aku sudah publish part 1 dan part 2. Buat mahasiswa baru kamu boleh baca past sebelumnya supaya nggak bingung baca tulisan ini. Seri ini ternyata banyak juga peminatnya, sudah dibaca lebih dari 2000 orang. Aku sendiri bingung harus senang karena blog ini ternyata ada aja aja yang baca atau harus sedih karena merasa berdosa telah memaksa maba polos ke dalam blog yang banyak mudaratnya ini.

Sebenarnya walaupun nggak baca postingan ini, kamu akan ngerti sendiri istilah istilah yang dipakai mahasiswa di kampus. Keuntungannya, kamu tau lebih cepat aja dan punya gambaran lebih jelas dibandingkan mahasiswa yang belum tau sama sekali istilah istilah ini.

Mungkin part ini adalah semua jawaban kamu tentang istilah istilah yang sering kamu dengar tapi nggak tau artinya. Kita mulai aja dari...



Almamater.
Ayo banggakan almamater kalian!
Kalau kamu baru masuk kampus, pasti ada aja mahasiswa cinta kampus yang meneriakkan kalimat itu. Responnya juga beragam. Ada yang tambah semangat menjalani hidup tapi dan ada juga yang bodo amat. Itu semua terserah kamu.

Almamater adalah pakaian semacam blazzer yang warnanya tergantung dari Universitas kamu. Universitas Mulawarman, Universitas Indonesia berwarna kuning. ITB, Universitas Brawijaya warna biru. dan Universitas lainnya juga punya warnanya masing masing. Selain dipakai untuk ospek dan wisuda nanti, almamater ini juga harus kamu pakai saat turun kejalan sebagai identitas kalau kamu adalah kaum intelektual. Biasanya sih mahasiswa Unmul akan demo di depan kantor gubernur, kantor DPR dan depan mall lembuswana.

BEM / DPM / Hima / UKM / LDK.

Ini semua adalah organisasi kemahasiswaan. Mahasiswa yang aktif biasanya sering menghabiskan waktu dalam salah satu organisasi yang kusebutkan tadi. Biar kamu nggak bingung, ini adalah sedikit penjelasan dari organisasi organisasi yang biasanya ada di Universitas.

BEM itu adalah Badan eksekutif mahasiswa (kalau pengen tau gimana rasanya jadi anak BEM klik aja link ini. DPM adalah dewan perwakilan mahasiswa. Hima kepanjangan dari himpunan mahasiswa (kalau pengen tau gimana rasanya ikutan hima klik link ini). UKM adalah unit kegiatan mahasiswa (semacam ekskul gitu, ada UKM band, jurnalistik dan lainnya). LDK atau lembaga dakwah kampus, cocok untuk kamu yang religius.

Semuanya tergantung pilihan kamu. Mau ikut organisasi yang mana atau malah nggak pengen ikut semuanya. Bebas, karena memang nggak wajib juga.

Uang kuliah tunggal (UKT).

Kalau dulu waktu sekolah kamu harus membayar SPP tiap bulan, saat kuliah nanti kamu harus membayar UKT. Masing masing mahasiswa punya UKT yang berbeda beda jumlahnya, disesuaikan dengan pekerjaan orang tua, tanggungan dan kemampuan. Beda dengan SPP yang harus dibayar setiap bulan, UKT ini cuman harus kamu bayar setiap satu semesteer. Kalau kamu sudah membayar UKT, kamu nggak perlu lagi bayar uang gedung, bayar beli almamater dan lainnya. Semuanya sudah all in one dalam UKT.

Kartu tanda mahasiswa (KTM). 

Ini adalah kartu sakti para mahasiswa. Dengan kartu ini kamu bisa ikut seminar gratisan sampai bisa dapat diskon di workshop kampus. Mahasiswa baru biasanya akan foto kartu ini terus di upload ke Instagram biar seluruh dunia tau kalau mereka masuk perguruan tinggi yang mana. Padahal, isi dari KTM kamu ini cuman NIM (semacam NIS waktu kamu sekolah dulu), tanggal lahir, jurusan sama foto kamu.

Kartu rencana studi (KRS).

KRS ini adalah kumpulan mata kuliah (Kalau di sekolah dulu, namanya mata pelajaran) yang akan kamu pilih dan kamu jalani selama satu semester. Pilihan mata kuliah sendiri ada banyak banget tergantung dari jurusan yang kamu pilih.

Mata kuliah itu ada yang wajib kamu selesaikan dan ada juga yang cuman sunnah. Gunanya KRS ini adalah untuk mendata kamu mengambil mata kuliah yang mana aja. Iya, kamu bisa bebas memilih mata kuliah apa aja yang kamu suka dan pengen kamu pelajari.

Untuk kamu yang masih mahasiswa baru, biasanya di semester awal semua mata kuliah wajib kamu selesaikan karena mata kuliah semester di awal adalah dasar untuk mata kuliah di semester semester selanjutnya.

Indeks prestasi (IP). 

Dari semester awal, kamu biasanya akan mati matian untuk mendapatkan IP yang setinggi tingginya. IP ini maksimal cuman 4. Aku sih optimis kalau kamu dapat IP 4, nilai minimal di sekolah kamu aja minimal 75.

Menghitung IP nggak semudah menghitung nilai waktu SD dulu. IP ini akan tercetak dalam KHS (kartu hasil studi, semacam rapor semester) kamu. Kalau mau aman dan bisa mengambil semua mata kuliah yang ditawarkan di semester depan, kamu harus mendapatkan IP minimal 3,0. Kalau dibawah nilai itu artinya kamu harus menerima kenyataan kalau kamu akan ditinggal teman sekelas kamu.

IP yang tinggi memang nggak menentukan kesuksesan di masa depan. Tapi mahasiswa mana yang nggak bangga dengan nilai IP yang nyaris sempurna?

Tidak bisa ujian (TBU). 

Tidak bisa ujian (semester). Setiap mata kuliah itu punya jatah maksimal untuk bolos. Kalau di Unmul, batas nggak masuk kuliahnya cuman 3 kali. Jadi kalau lebih dari itu kamu nggak bisa ujian semester dan harus ngulang tahun depan lagi. Nggak ada mahasiswa yang mau TBU, kecuali mahasiswa yang pengen keluar dari planet ini. Makanya supaya nggak TBU selain harus selalu tanda tangan di absen kelas mahasiswa juga sering yang namanya....

Titip absen (TA).

Mungkin kamu sudah sering dengar namanya. Biasanya untuk mahasiswa yang malas, pengen jalan jalan tapi nggak pengen TBU, mereka akan titip absen ke teman atau pacar yang pasrah aja diminta melakukan hal tercela ini. Titip absen selalu diharamkan di Universitas manapun. Kalau ketahuan titip absen maka otomatis dapat sangsi. Bisa otomatis TBU dan bisa juga di blacklist sama dosen. Makanya jangan coba coba.

Drop out (DO). 

Dop out atau bahasa kasarnya adalah dikeluarkan. Sangsi ini dikasih ke mahasiswa yang punya kasus parah misalnya ketahuan jadi bandar narkoba, ketahuan cipokan di ruang kelas atau ketahuan hack akun facebook dosen sendiri.

Selain karena kasus, dropout juga bisa diberikan kepada mahasiswa yang sudah melewati jumlah tahun maksimal yang ditentukan pihak universitas. Kalau mahasiswa sudah kena drop out, mau nggak mau mereka harus ulang lagi dari semester 1. Sedih kan.


Nah, itu dia istilah istilah di Universitas yang harus kamu tau. Nggak mesti dihafalin juga sih, karena lama lama pasti ngerti sendiri selama kamu nggak bego bego banget. Kalau artikel ini bermanfaat kasih tau aja ke teman teman kamu supaya mereka jadi lebih siap untuk menjadi mahasiswa. Kalau ada yang mau ditanyakan bisa kirim ke akun ask.fm ku yang selama ini sepi peminat. Kamu bisa juga add akun facebook di facebook.com/kukuh12 dan follow akun twitterku di @kurniawankukuh.

Comments

  1. Mueeeheehhehe Kupu-kupu sudah belum? Kunang-kunang juga. Ada 3 D, datang duduk diam

    ReplyDelete
  2. Saya udh lulus kuliah dan ga pernah ikutan acara2 kuliah...
    Semangat yaaaa yang masih jadi mahasiswa baru

    ReplyDelete
  3. Saya udh lulus kuliah dan ga pernah ikutan acara2 kuliah...
    Semangat yaaaa yang masih jadi mahasiswa baru

    ReplyDelete
  4. saya masih penasaran soal IP
    kenapa cuma 4 ya

    bisa ada penjelasan nggak mas tentang hal itu
    kali aja bisa tambah tahu gitu


    oh ya, almamater
    saya lihat gk semua mahasiswa makenya kalau di tempat saya

    ReplyDelete
  5. lah.... ada tbu sama ta yak. sedikit absurd men -___-
    hmm... mata pelajaran jadi lebih gaul kalau di sebuat krs. lebih pendek, lebih gampang omongnya. gue pernah denger bem. gue kira bem itu naa universitas.... hmm.. kalau almamater udah tau. ada di langu kebangsaan sekolah gue itu kata :")

    ReplyDelete
  6. dari semua istilah drop out kayaknya yang paling hina. selain udah capek-capek ngerasain gimana rasanya bangku perkuliahan, eh... malah di keluarkan secara tidak hormat.

    BEM itu keren ya, jadi pengen masuk BEM lah nanti

    ReplyDelete
  7. Itu kenapa ujungnya musti promosiin akuuun? Lagi usaha sama dedek gemez ya, Kak? Huahahahah. :p

    ReplyDelete
  8. Postingnya bermanfaat buat aku yang setahun lagi mau kuliah nih. Mungkin lain waktu, aku baca-baca ini lagi. :)

    ReplyDelete
  9. Masih bingung nih. bikin part ke4nya isinya apa itu mall lembuswana.

    Kayaknya kalo maba pakai almamater itu pasti seneng banget. Rasanya bangga, masih kayaknya sih orang belum kuliah juga. Jadi anggota organisasi itu juga bisa menignkatkan kadar kekerenan kali ya.

    Jadi nggak sabar pingin lulus sma terus kuliah

    ReplyDelete
  10. wahahahahahhahha bang kukuh niat banget ngajarin juniornya hiahahaha :D
    kali aja ada juniornya bang kukuh yang nemplok dimari, lah kelelep sama bang kukuh xD

    eh bentar, TBU baru dengerrr itu istilah -_-
    kapan dibuatnyaaa..
    yang sering di dengar itu TA."aku ta ya" huahhaahah :D

    bakalan jadi pengayom bangsa yang baik, kayaknya :D

    ReplyDelete
  11. Trnyata klo kuliah namanya jd pda brubah ya? pdhal sih artinya sama aja, kyak ekskul jd UKM, SPP jadi UKT, nilai jd IP, kartu pelajar jd KTM.. Statusnya jg brubah sih ya? dri yg tdnya 'siswa' jadi 'mahasiswa'..
    Itu aku msh gak ngrti sama IP ngitungnya begimana? Haha..
    Ohiya sks gak dijelasin kak? karna ini udh episod trakhir, jd yauda deh gak dijelasin gpp :D

    ReplyDelete
  12. Karena gue udah kuliah, gue udah hapal duluan semua istilah yang ada disini. Hehehe.

    Tapi artikelnya emang recommended bgt sih buat para mahasiswa baru. :D

    ReplyDelete
  13. Cie yang udah jadi senior sampe bikin postingan 3 part gitu buat ngejelasin dunia kemahasiswaan haha. Aduh tapi setelah baca postingan kamu ini, aku bakalan kangen masa-masa kuliah dulu. Kangen deg-degannya tiap mau UAS, kangen seru-seruan sama temen-temen, kangen ngejer deadline tugas juga :(

    Dari sekian banyak istilah itu, yang paling aku suka itu KTM. Kenapa? Karena gara-gara KTM itu aku bisa dapet diskon pelajar di mana-mana huehehe...

    ReplyDelete
  14. KTM lebih cocok disebut KDM...Kartu Diskon Mahasiswa wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.