Tempat belanja buku terbaik


Akibat perkembangan zaman seperti sekarang, apapun bisa dibeli secara online. Dari mulai beli pulsa secara online, bayar listrik online, beli pakaian dalam sampai pakaian luar secara online. Dengan adanya pilihan beli online, kita juga punya banyak pilihan untuk membeli apapun yang kita mau.

Buat yang belum tau, ada banyak banget buku-buku fisik yang dijual sercara online. Setelah baca tulisan ini sampai habis, tingal kamu pilih aja mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Semuanya sudah pernah aku coba, jadi tulisan ini adalah sebuah testimoni ini berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan namun nggak kredibel kredibel banget.


Gramedia
gambar dari: http://www.centralparkjakarta.com/

Walaupun sudah banyak toko buku online, nggak ada sensasi yang lebih nikmat dibandingkan menyentuh buku fisiknya secara langsung. Kalau ke toko buku yang beneran toko buku (ya gitulah, ngerti kan maksudnya), kita bisa menyentuh langsung buku yang akan kita beli. Seberapa tebal, gimana kualitas kertasnya sampai bisa 'test drive' buku yang pengen kita beli. Yoi, buat yang belum tau, di Gramedia kita boleh minta mas masnya untuk buka plastik buku yang pengen kita beli. Pasti kamu baru tau kan Langsung bisa dibaca karena nggak perlu menunggu pengiriman. Ditambah lagu gramedia yang membuat kepala terngiang ngiang sampai tempat parkir.

Tapi ada yang nggak asik di tempat ini. Buku disini harganya bisa lebih mahal daripada buku online, kalau penerbit kasih harga Rp.50.000, di Gramedia (kota Samarinda) bisa jadi Rp.55.000. Selain itu buku baru di Gramedia nggak punya tanggal pasti kapan datangnya. Mungkin ini cuman berlaku di toko buku di daerah luar pulau jawa aja sih. Saat penerbit lagi sibuk launching buku di sosial media, stocknya juga masih belum ada. Nggak asik banget kan.

Gramedia cocok untuk: kamu yang nggak sabaran nunggu pengiriman, pengen hunting buku baru, pengen baca isi bukunya dulu sebelum beli, suka dengerin backsound gramedia.

Bukabuku.com

Di toko buku online ini kamu bisa menemukan buku yang bahkan kamu kira sudah nggak pernah ada lagi di toko buku manapun.Yap, koleksi buku disini lengkap banget! Dari buku yang impor sampai lokal, semuanya ada. Di sini juga aku menemukan buku yang dari dulu aku cari cari. Baca deh postingannya disini.

Sayangnya bukabuku bukan diperuntukkan untuk orang yang tinggalnya jauh dari pulau Jawa. Selain bayar buku, kita juga harus bayar ongkos kirim yang kadang lebih mahal daripada harga bukunya sendiri. Cara paling mudah untuk mengakalinya adalah dengan patungan. Misalnya kayak terakhir kali beli disini, aku ngajak teman teman untuk pesan barengan dan sama sama bayar ongkos kirim, sayangnya rencana itu nggak sesuai apa yang diharapkan. Buku buku yang mereka pesan banyak, tebal dan berat banget. Yak, harga ongkos kirimnya lebih mahal daripada buku yang dipesan.

bukabuku cocok untuk: orang orang yang cari buku langka, tinggal di daerah Jakarta dan mau sabar menunggu buku datang.

Republikfiksi.com

Kalau dari jumlah koleksi buku, toko online ini memang nggak selengkap Gramedia dan bukabuku. Tapi salah satu keunggulan republik fiksi yang nggak dimiliki toko buku online lainnya adalah bebas biaya ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Benar benar mengerti kebutuhan orang yang nggak mau rugi ongkos kirim. Harganya juga nggak semahal toko buku di Gramedia karena harganya sesuai dengan harga penerbit. Walaupun memang nggak semurah di bukabuku.

Beli buku di republikfiksi artinya kamu harus jadi pembeli yang mandiri. Jangan berharap banyak dengan CS yang kadang rada lambat buat balas pesan. Koleksinya juga baru sebatas buku buku fiksi Indonesia. Yah, namanya juga murah.

republikfiksi cocok untuk: penyuka novel fiksi dalam negeri, orang yang sabar demi dapetin harga yang lebh murah, orang orang yang tinggal diluar pulau jawa.

Yak itu dia beberapa review tentang toko buku fisik yang bisa kamu temui di Indonesia. Sebenarnya aku sngaja banget nggak masukkan toko yang menjual ebook karena menurutku, buku secara cetak nggak akan bisa tergantikan walaupun harganya sedikit lebih mahal. Buat yang punya pengalaman tentang ketiga toko buku ini, kamu bisa tulis di kolom comment ya.

Comments

  1. Udah resiko kalo beli buku online, modalnya sabar Kuh ..
    sejauh ini gue paling seren order di bukabuku.com, walaupun kadang mesti nunggu seminggu lebih sampai bukunya siap kirim.. tapi ya, mau gimana lagi, nyatanya bukunya lengkap juga sih .. kalo beli buku banyak, ongkirnya bisa ketutup sama diskon2nyahehe

    Kalo republikfiksi gue baru sekali order, apesnya .. sekali pesen, statusnya dalam proses mulu.. udah hampir tiga minggu malahan, gue jadi agak2 trauma mau belanja lagi.

    satu lagi gue tambahin, mungkin toko buku togamas, dulu waktu gue masih kuliaha tiap hari senin diskon 25 % semua buku, lumayan banget kan, apalagi gak pake ongkir .. hari biasa diskon 10%...
    mungkin minusnya, bukunya gak terlalu lengkap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling sering maksudnya, typonya jauh jadi 'seren' :D

      Delete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.