Join Undas.co!


Hari itu aku, Wawal dan Disa sedang berada di acara pesta wirausaha Samarinda 2015. Katanya di expo ini banyak hal hal yang layak buat dibeli. Selain itu kami juga pengen sok-sokan mendukung wirausahawan di Samarinda, acara ini juga merupakan event wirausaha terbesar di Samarinda di tahun 2015.

Kami mutar mutar ke berbagai macam booth, tapi belum ada yang benar benar menarik. Lebih tepatnya, nggak ada yang benar benar murah. Sampai didepan booth dari Undas.co aku merasa kalau namaku dipanggil.

"Ini nah, Kukuh."

Orang dengan nama Kukuh di dunia ini nggak banyak, buktinya setiap daftar akun sosial media username kurniawankukuh selalu available. Aku menoleh ke arah suara itu berasal. Suaranya tepat di stand media online Samarinda dengan ciri khas warna biru mudanya. Aku memperhatikan siapa pemilik suara itu. Satu satunya yang aku kenal disana adalah kak Anis. Dia adalah kakak seniorku di kampus. Aku dipanggil untuk mampir kesana, sementara Wawal dan Disa sibuk order es krim.

Aku duduk dan bersalaman dengan mas mas berkemeja slim fit. Namanya Mas Rhesa. Selama di booth itu, aku ditanya tentang kesibukan, udah pernah baca Undas atau belum dan ternyata, dia sudah pernah baca blogku. Kayak begini nih yang bikin senang seorang blogger indie yang udah 3 tahun ngeblog tapi nggak sukses sukses.

"Kamu kalau masuk Undas gimana?" Dia bilang. "id LINE mu apa? Biar langsung dimasukkan ke grup."

Entahlah kenapa hari itu jadi aneh, rencana mau belanja, tapi nggak jadi gara gara harganya nggak bersahabat, malah ditawarin masuk ke Undas. Dalam beberapa menit setelah wawancara kerja dadakan yang nggak formal formal banget, aku resmi menjadi bagian dari tim penulis di Undas.

Jadi kerjaanku di situ cuman setor tulisan feature satu kali seminggu dengan tema seputar kota Samarinda. Hal yang bikin nyaman dengan nulis disitu adalah, tulisannya nggak harus terlalu formal dan nggak jauh beda dengan gaya tulisanku di blog. Sepertinya sih, proses adaptasinya juga nggak terlalu sulit.


---

Minggu lalu aku ikut rapat evaluasi 6 bulan Undas. Ini adalah pertama kalinya aku ketemu langsung dengan divisi penulis Undas yang lainnya. Ternyata aku adalah anak yang paling muda dan keliatannya juga punya kapasitas yang paling minim kalau dibandingkan dengan yang lainnya. Maka dari itu, aku berusaha untuk nggak keliatan norak.

Suasana di cafe itu benar benar awkward. Sebelum rapat dimulai, mereka sibuk dengan gadget-nya masing masing. Ada yang sibuk ngetik di laptop dan ada juga yang sibuk dengan smartphone-nya. Aku yang biasanya nggak main smartphone ditempat umum jadi bingung mau ngapain karena belum akrab dengan mereka.

Akhirnya supaya keliatan sibuk juga, aku mengambil hapeku di kantong celana, membuka menu dan menggeser geser layar untuk liat liat kumpulan aplikasi. Nggak ada yang dicari, cuman untuk buang buang waktu aja karena bingung mau ngapain lagi. Mungkin kamu pernah mengalaminya juga.

"Samarinda itu hectic ya." Mas mas di samping kananku membuka percakapan.

"Iya, hehehe"

Akhirnya ada juga yang mencairkan suasana, walaupun masih tetap awkward. Aku sendiri nggak tau hectic itu artinya apaan, tapi iya iya aja dulu. Untuk anak berusia 19 tahun, sepertinya kata hectic masih asing banget di telinga.

Rapat dibuka oleh mas Rhesa yang ternyata adalah CEO dari Undas. Rapatnya terasa santai tapi tetap proffesional. Ternyata banyak banget yang dievaluasi dari tim penulis yang nggak bisa diceritakan disini. Di selingan rapat, aku baru dikasih tau info yang aku sendiri baru tau.

"Kamu tau nggak kuh, kenapa kamu ada di Sini?"

Mas Rhesa melempar pertanyan yang sudah pasti aku nggak tau jawabannya.

Jadi ternyata sebelum acara di pesta wirausaha itu, blog ini sudah di pantau untuk dilihat perkembangannya sama mas Reza yang punya posisi sebagai vice CEO. Saat kebetulan kemaren dapat momennya, makanya aku langsung diajak untuk untuk gabung dengan tim penulis.

Pertama dengar itu, aku sebenarnya kesenangan karena blog ini ternyata ada aja yang baca selain keluarga dan teman teman di Facebook. Selama ini aku memang nggak mau terlalu kegeeran untuk ngeliat siapa aja yang buka. Paling juga alien. Tapi ternyata ada aja yang baca, bahkan dibaca orang yang tak terduga.

Buat yang penasaran dengan tulisan tulisanku di Undas, ini dia beberapa artikelnya. Tulisanku di Undas klik aja link berikut:


(atau kamu bisa klik disini untuk baca tulisan tulisanku selanjutnya)

Comments

  1. Mantap! Semoga terus bisa berkembang di dunia kepenulisan, Kuh!

    ReplyDelete
  2. Kerennn. Semoga karir kepenulisanmu makin gemilang. Semangat selalu.

    ReplyDelete
  3. Ciyeee akhirnya ada yang merhatiin ya kuh. Hahahaha kasihan aja, jomblo gak ada yang merhatiin gitu.. Woya!!!!! Kerenkuh, bisa diajak langsung sama CEO-nya. Syahlud gue sama semangat nulis, lo kuh.

    Gue mah, apa atuh. Hanya bagian dari senyum yang tak pasti. Semoga tetep semangat juga nulis di blog sendiri.

    ReplyDelete
  4. sukses terus dah bro bakat jurnalismenya. anak samarinda memang keceh.
    bagus dong kalau yang namanya kukuh jarang, nama social media bisa selalu sama.. konsistensi nama socmed :")

    ReplyDelete
  5. Nggak ada yang benar-benar murah :v
    Ciee yang namanya gak pasaran :v Bayangkan aja nama Dimas di seluruh Indonesia ada berapa? -_- Saya orang Bali, dan nama Bali saya itu banyak banget yang mirip :v Untung kalo nyari username ngurahdimas masih bisa :'D Oke, sorry oot.

    Bener banget. Ngeselin momen itu ketika kita lagi ngumpul dan semua sibuk sama gadget masing-masing.

    Ciee blognya ada yang baca diem-diem :p Awas jatuh cinta entar sama mas Rhesa :p

    Ada lagi yang ngeselin. Internet saya lambat. Gambar gak keliatan zzzz -_-

    Yang paling ngeselin, Bang Kukuh gak kasitau pembaca Undas itu apa -_- Saya anak rumahan. 15 tahun. Polos dan gak tau apa-apa -_- Untung ngerti sama isi artikelnya -_-

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Lagi iseng nyari referensi makanan di Samarinda eh nyasar ke blog ini. Saya termasuk fans tulisannya deh di Undas (sering komen kok biar kelihatan artikelnya banyak yang baca :D). Izin naruh linknya di blog ya :)

    ReplyDelete
  8. ntap! bener2 ngeblog jadi pintu masuk ke dunia yang lebih pro. semoga terus meningkat. keren.

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.