Tiga tahun ngeblog


November 2015. Sekarang blog ini berumur 3 tahun.

Nggak ada yang menduga kalau blog ini masih rutin diupdate sampai sekarang. Bahkan aku sebagai satu satunya orang yang nulis di blog ini juga nggak pernah nyangka bisa sampai sejauh ini. 

Setiap blogger punya tujuannya masing masing. Ada blogger yang ngeblog untuk mengisi waktu, ada yang bertujuan untuk cari duit, ada juga yang pengen terkenal dan macam macam tujuan lainnya. Salah satunya adalah Ayam, dia pernah bilang kalau tujuannya ngeblog itu untuk sombong dan pamer. Congkak memang.

Beberapa bulan yang lalu aku juga sempat mikir, apa yang membuat aku mau menyempatkan nulis di blog ini padahal waktu luang semenjak lulus dari sekolah sudah semakin menyempit. Kalau alasannya karena uang, penghasilan dari blog ini juga belum bisa untuk kredit rumah, kalau tujuannya buat terkenal mungkin aku sudah nyerah dari beberapa tahun lalu karena blog ini tak kunjung populer. Akhirnya aku punya alasan untuk ngeblog sampai sekarang yang tanpa disadari membuat blog ini tetap hidup.

Kalau ditanya apa 1 tujuanku menulis di Blog, jawabannya adalah aku menulis untuk dokumentasi. Supaya bisa dibaca ulang...
Posted by Kukuh Kurniawan on 11 April 2015
Klik disini kalau nggak muncul

Aku menulis untuk mendokumentasikan momen momen dalam hidup. Untuk yang kenal didunia nyata, mungkin kamu mengenalku sebagai anak yang nggak banyak gerak, tapi banyak omong.Sebagai makhluk sosial aku senang banget ngobrol dan bercerita. Makanya karena belum puas ngomong, sebagian besar aku tulis tentang cerita pengalaman dan hidup yang dinamis ini.

Selain untuk menyalurkan hobi bercerita, sebagai manusia modern yang sering makan vetsin, aku juga sering lupa dengan kegiatan kegiatan yang pernah dilakukan di masa lalu. Lebaran tahun ini contohnya, aku ngumpul dengan teman teman SD dan saat yang lainnya cerita tentang hal yang dilakukan saat SD, aku lupa tentang itu semua. Katanya angkatan kami saat SD dulu pernah tawuran antar kelas lain. Ekstrim banget nggak sih, seharusnya aku ingat kenangan lucu itu.

Makanya dengan blog ini, aku berharap kalau pengalaman pengalaman unik itu bisa diingat dengan detail.

Mungkin, kalau blog ini orientasinya adalah jumlah pengunjung, aku sudah nggak nulis lagi semenjak bulan pertama blog ini ada. Pada bulan pertama aku punya blog, yang mau buka cuman 25 orang. Semuanya juga berasal dari Samarinda yang artinya mereka semua adalah teman teman yang kupaksa untuk buka.

Iya cuman segini

Sekarang blog ini sudah berumur 3 tahun, banyak juga manfaat yang bisa didapatkan. Dari blog ini, aku bisa dapat hp yang nggak bakalan mungkin aku dapatkan kalau nabung sendiri. Diajakin untuk makan makan gratis, dapat kerja sampai hal yang nggak bisa dibeli seperti teman teman yang walaupun nggak pernah ketemu di dunia nyata. Kalian.

Nggak ada yang nyangka juga kalau ternyata blog ini juga punya manfaat bagi beberapa orang walaupun isinya juga cuman tentang cerita cerita keseharian. Malam itu aku liat ada pesan di kolom lainnya yang belum dibaca di akun facebook massanger.


Aku bingung. Gimana bisa ada seorang mba mba yang tiba tiba nyasar di sebuah blog yang isinya cuman kayak begini. Begitu ngeliat, aku langsung balas dan langsung dibalasnya lagi dengan cepat.

"Alhamdulillah senang sekali pesan saya ditanggapi, membantu mengenai seluk beluk Samarinda karena saya belum punya bayangan tentang samarinda dan Kalimantan khususnya speerti alat transportasi dll."

Yaelah, mbak. Santai aja kali. Kami saling berbalasan pesan pesannya lalu kami chatting sampai larut malam. Untungnya mba ini nggak menganggap kalau pulau Kalimantan masih hutan, nggak ada listrik dan ada banyak orang utan berkeliaran di jalan raya seperti film Juarasic Park, jadi jelasinnya nggak ribet. Mungkin anggapan itu ada karena iklan "Visit Kalimantan" selalu menunjukkan hutan hutan Kalimantan dan orang utan kali ya.

Setelah urusannya di Samarinda selesai, berakhir juga pertanyaan pertanyaannya. Senang juga akhirnya bisa mempromosikan kota sendiri walaupun tanpa cara yang formal dan tanpa ikut pemilihan putra putri pariwisata. Padahal info yang kukasih itu semua orang Samarinda juga sudah tau.

Kalau masih mau ngeliat kebelakang, postingan ini mungkin nggak akan selesai karena banyak banget manfaat bagi diri sendiri dan (mungkin) bagi orang lain juga. Untuk kamu yang baca tulisan ini yang juga blogger, apa alasan kamu ngeblog?

Comments

  1. Rasanya memang senang dan bahagia banget kalo ada org yg tertarik sama blog kita ya Kukuh.
    aku juga ngerasain juga..
    Kalo aku ngeblog niatnya berbagi informasi dan pengetahuan mengenai kanker, termasuk berbagi pengalamanku ngadapi kanker.
    alhamdulillah.. banyak pembaca yg akhirnya jadi teman saling sharring.

    ayo ngeblog terusss

    ReplyDelete
  2. Kurang lebih sama alasannya, aku ngeblog juga karna suka ngebaca ulang tulisan dulu2 untuk merasakan lagi kenangan2 saat itu. Trus alasan lainnya karna aku suka nulis juga, karna biasanya kalau habis nulis itu berasa lebih bebas aja :D

    ReplyDelete
  3. tujuan gue ngeblog sih, menumpahkan segala unek unek yang ada dikehidupan gue menjadi tulisan sih Kuh ahha. makanya kebanyakan ide tulisan gue rada aneh.

    Btw ciee yang dapet hp berkat ngeblog, Nice banget :)

    Semangat terus ngeblognya eeeaaa *disemangatin zac efron*

    ReplyDelete
  4. Semangat bang. Aku juga pernah buat postingan tentang apa tujuanku menulis, dan tujuanku adalah berbagi. Mulai dari berbagi cerita, pengalaman, sampai hal yang mungkin tidak disangka~

    ReplyDelete
  5. wahh.. keren tu mbak mbak nyasar ke blog mu ya kuh... hahaha
    jd semacam guide gitu dong kamu??

    em.. aq jg mikir gitu. ngebkog ya buat dokumentasiin kegiatan sehari2 aja sih. kadang kalo lagi BT aku suka baca2in post ku 3 tahun lali yg antah berantah dan senyum2 sendiri.. gigihihihihi....

    ReplyDelete
  6. 3 tahun?waw... saya saja belum setahun mengenal blog lebih dekat. Dulu pernah berkenalan, tapi terhenti ditengah jalan karena masih vakum dalam menulis.
    Dan sekarang saya nyesal kenapa nggak dari dulu nulis di blog...,kenapa baru skrng :-D hehehe..
    coz menurutku blog sangat banyak sisi positifnya, apalagi kalau sang blogger punya visi misi yang besar untuk menebar dan mencetak kebaikan kepada pembaca melalui gugusan aksra. pasti lebih dari itu yang akan kita dapatkan bukan ^_^.

    Oia salam kenal yaa Kukuh, salam santun buat kota Kalimantan
    saya dari Sulawesi yang berdomisili di Solo hhe...

    ReplyDelete
  7. Udah 3 tahun nge blog tapi nggak bikin give away. Apa-apan ini.
    gue di jelek-jelekin pula dalam postingan ini. Sialan.

    ReplyDelete
  8. Pertama gue mau ngomongin sia Ayam dulu. Hahahaha, sumpah deh. Gue ngerasa agak kamfret sama si Ayam, yang bener aja dia bilang gitu. Rupanya Ayam emang sakit. :D

    Selanjutnya baru gue jawab pertanyaan lo kuh. Alasan dari pertama gue ngeblog kurang lebihnya sama dengan lo kuh. Menyimpan beberapa memori yang entah gue bisa mengingatnya lagi atau tidak. Apalagi, semenjak sering lupa. Blog adalah jawabannya. Tapi gue juga selain menjadi dokumentasi, blog juga buat nuangin semua pikiran yang runyam di otak gue. Setidaknya setelah gue ngeblog, bisa lega banget.

    Akhir kata, selamat atas usianya yang ketiga tahun ini ya kuh. Jangan terlalu dipikirin PV-nya berapa. Jalani aja dulu. Nikmati apa yang udah bisa lo dapet. Kan gak nyangka bisa dapet hape dari ngeblog. Semoga sukses selalu buat lo dan blognya. AMin..

    ReplyDelete
  9. Wah udah 3 tahun nih blognya :)
    Alasan saya ngeblog adalah ingin berbagi saja apa yang ada dipikiran. membagikan segala sesuatu yang dieksplore orang lain maupun dari diri sendiri.. Selain itu, mau menguji kemampuan menulis sampai dimana. apakah banyak yang baca atau tidak.. Itu saja..
    Sukses selalu buat Blognya :)

    ReplyDelete
  10. Wah bulan november kemaren gue juga 3 tahun ngeblog. Sama kayak lu, tujuan untuk populer, dapet duit kayaknya bukan alasan utama untuk ngeblog, karena sampai sekarang ketiganya belum terpenuhi. Hahaha

    Kalo tujuan gue ngeblog ya karena biar inget aja, membaca kembali tulisan-tulisan lama adalah sebuah cara mengenal kembali diri gue, kalau-kalau gue udah mulai berubah. :D

    ReplyDelete
  11. Keren, Kuh. Bisa konsisten selama 3 tahun. Bisa dapet hape gitu.

    Kalau alasan saya ngeblog biar punya banyak pembaca. Biar buku saya makin laku.

    Oh ya kota aja samarinda. Saya sama siapa ya?

    ReplyDelete
  12. SAMAAAK :') Bikin blog itu biar bisa dibaca ulang. Kenangannya semacam bisa diputar ulang gitu, rasanya kayak gimana gitu..

    ReplyDelete
  13. wkakakak ini nie pertanyaan tersulit, apa alasan kita ngeblog, pada dasarny suka bikin sesuatu, menulis itu sesuatu juga, jadi kenapa tidak X)

    ReplyDelete
  14. jujur sih alasan saya ngeblog engga muluk-muluk,

    cuma pengen masuk syurga dari pintu mana saja, :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.