Cara efektif marathon tugas


Harus kita terima kalau semakin bertambahnya usia, maka makin tua juga kita. Ya iyalah.

Selain makin tua, tugas yang harus dikerjakan juga semakin membabi buta. Dulu kita mengira setelah lulus SMP kita akan bebas dengan tugas. Kita membayangkan kalau di masa SMA kita bisa setiap hari ngeliat cewek cantik dengan rok pendek seperti sinetron di TV. Sayangnya saat SMA, cita-cita itu nggak pernah jadi kenyataan. Kita malah disuruh menghafalkan tabel periodik, menghitung bola yang jatuh ke lantai sampai belajar logaritma yang kita sendiri nggak ngerti semua itu buat apa.

Lulus dari SMA, kita kira tugas bakalan selesai di hari terakhir UN. Ternyata enggak, kita harus kembali belajar untuk SBMPTN. Setelah pengumuman yang melegakan, kita kembali berfikir kalau kuliah bakalan lebih santai karena jadwal ngampusnya lebih fleksibel. Ternyta salah, karena tugas di dunia kampus malah semakin menggila bahkan sampai mengharuskan untuk begadang. Makanya ada quote "Don't grow up, it's a trap!" di internet.



Tapi namanya juga quote internet, kadang-kadang memang suka nggak masuk akal. Mau dikasih tau dengan cara gimanapun ya tetap aja nggak bisa menahan umur yang semakin tua. Namanya manusia ya pasti makin dewasa lah. Gimana sih.

Eh, santai.

Karena kita harus menerima kenyataan kalau kita akan bertambah tua dan semakin banyak tugas yang datang, aku mau merekomendasikan sebuah teknik yang selama ini bermanfaat kalau lagi ngerjakan tugas. Merurutku teknik ini beneran cocok untuk kamu yang sukanya ngerjakan tugas kalau besok dikumpul.

Namanya Pomodoro technique. Jadi ini adalah salah satu teknik time management yang populer di belahan dunia lain. Jadi di teknik ini kita disuruh fokus dengan apa yang kita kerjakan dan nggak boleh peduli dengan gangguan yang ada di sekeliling kita selama 25 menit. Artinya kita nggak boleh memperdulikan apapun yang bisa mengalihkan perhatian kayak lelek pentol yang tiba tiba lewat didepan rumah, godaan untuk foto selfie sampai gangguan dari notifikasi hp yang kebanyakan cuman dari grup chat. Semuanya nggak boleh dipedulikan selama 25 menit, kecuali ada gangguan kayak gempa bumi. Kalau ada gempa bumi ya kamu harus lari sih, karena teknik ini juga nggak pengen kamu mati.

Setelah melalui 25 menit yang penuh fokus, kamu diizinkan untuk istirahat selama 5 menit. Bebas mau dengerin lagu, balesin chat yang masuk atau hal hal singkat yang bikin kamu semangat lagi. Setelah jeda 5 menit selesai, kamu harus kembali lagi mengerjakan tugas dengan waktu 25 menit tanpa mempedulikan gangguan yang ada seperti awal tadi.

Kalau sampai 4 kali pengulangan (120 menit) tugasnya masih belum selesai juga, kita akan dikasih waktu istirahat yang lebih panjang. Tiga puluh menit. Dengan waktu istirahat yang lebih lama itu kita bisa melakukan banyak hal dari yang tadinya cuman balas chat singkat, sekarang pasti sempat untuk kultwit di twitter, ganti dp di BBM atau teleponan sama pacar kalau punya. Aku sih nggak punya (apaan nih!)

Yak, setelah istirahat selama 30 menit mudah mudahan apapun yang kamu lakukan bisa menyegarkan fikiran dan kamu harus kembali mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan sebentar lagi. Peraturannya sama kayak 3 paragraf sebelum ini sampai tugasnya selesai. Memang keliatannya kayak kerja rodi, tapi ini beneran efektif kalau memang lagi banyak tugas.

Sebenarnya podomoro technique ini punya penghitung resmi yang namanya podomoro timer. Kamu bisa beli di www.pomodorotechnique.com. Harganya sekitar 60 Euro atau kalau dirupiahkan jadi Rp.760.000 untuk 8 buah pomodoro timer, itu juga belum sama ongkos kirim dari eropa kerumah kamu. Bentuknya kayak begini.

Gambar: pomodorotechnique.com

Fungsinya ya sama aja kayak kebanyakan mesin penghitung mundur yang sering dipakai ibu ibu untuk reminder matikan kompor. Cuman bedanya, alat ini sudah diatur sedemikian rupa supaya sesuai dengan teknik pomodoro ini. Silakan dibeli kalau berminat.

Tapi aku sih nggak beli. Nonton film waktu weekend aja nggak mau karena merasa kemahalan. Jadi supaya lebih hemat, ada aplikasi Pomodoro yang bisa didownload gratis di Play srore.

Pilih aja salah satu.

Banyak banget aplikasi kayak beginian yang fungsinya sama dengan barang seharga 60 euro. Kamu bisa pilih salah satu karena semua fungsinya ya sama aja. Paling cuman beda tampilannya. Aku download yang paling atas, namanya clear focus.



Aplikasinya cukup sederhana karena cuman kayak semacam timer hitungan mundur gitu. Tampilannya juga sederhana tapi tetap canggih karena ada statistiknya. Setelah kita tap tombol play, layar smartphone nggak akan mati dan waktu akan berjalan mundur. Itu yang bikin adrenalin bertambah karena kita berusaha supaya tugas selesai sebelum waktunya habis.

Itu dia sekilas informasi tentang Pomodoro tecqnique yang selama ini bener bener efektif kalau lagi ngerjakan tugas. Kalau menurut kamu bermanfaat, jangan lupa share ke teman teman seperjuangan dan bookmark juga tulisan ini di browser kamu siapa tau aja suatu saat dibutuhkan.

Comments

  1. Huaah, layak dicoba buat deadline kerjaan yang kayak hantu. :))

    ReplyDelete
  2. kalau pake timer biasa udah pasti mati ya, kecuali kita pake alarm setelah 25 menit itu abis. Bisa dicoba ini, pake timer biasa aja tapi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bebas mau pakai apa aja. Aplikasi itu cuman untuk membantu aja kok..

      Delete
  3. waaaah ininih yang saya butuhin selama ini. thanks yaAllah Engkau telah mengirimkan Kukuh dengan informasinya yang sangat bermanfaat ini. dengan ini saya bisa mengaplikasikannya ke tugas akhir yang belum kelar hehehe. Alhamdulillah ndang lulus ndang rabi eeeeeh ndang kerja hehe. makasih bro kukuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya sama sama. Nggak usah lebay juga kali -__-

      Mudahan tugas akhirnya berakhir yaak

      Delete
  4. klo waktu gue jadi mahasiswa si namanya itu SKS (sistem kebut semalam).
    Sama persis bang.. cocok nig rekomendasi bgt apliaksinya.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, semacam itu tapi supaya nggak terlalu capek juga..

      Delete
  5. semakin tua maka tugas bertambah.. pusing ya
    kalo aku biasanya si ga pake timer begitu, cukup pake jam tangan saja hehe

    ReplyDelete
  6. Wah bisa nih dipake buat nulis. Oke coba saya download di playstore.

    Btw, namanya Podomoro kayak orang Jawa, tapi berasal dari Eropa ya.

    Kalau Podomoro yang asli itu bisa dimakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, blesteran deh kayaknya. Kalau mainnya bagus ntar di naturalisasi terus masuk timnas Indonesia.

      Manusia nggak bisa makan ris, tapi robocop bisa.

      Delete
  7. Keren juga tekniknya. Ditntut untk fokus. Layak dicoba nih.

    ReplyDelete
  8. Walah aku pernah nyoba ngatur waktu kayak gini tapi ga ngefek. Aku sendiri sih gampang banget keganggu soalnya.

    ReplyDelete
  9. Walah aku pernah nyoba ngatur waktu kayak gini tapi ga ngefek. Aku sendiri sih gampang banget keganggu soalnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.