Rumah baru


Ini adalah salah satu keputusan paling berani semenjak blog ini dibuat.

Seperti yang sudah kamu tau di postingan sebelumnya, aku sudah ngeblog selama 3 tahun. Postingan itu ternyata menjadi post terakhir yang dipublish dengan domain www.kukuh.my.id. Karena mulai tahun ini (dan mudah mudahan) sampai tahun berikutnya, alamat blogku pindah ke www.kukuh.id. Artinya aku telah menghapus ".my" dialamat blog. Keliatannya sederhana memang, tapi sebenarnya berganti domain nggak sesederhana itu.

Mengganti domain itu sebenarnya sama aja dengan pindah rumah. Kita harus mengangkut seluruh isi yang ada didalam rumah ketempat yang baru. Tulisan yang sudah terindeks Google, kata kunci bombastis yang bikin orang buka blog ini sampai link yang sudah kusebar di Facebook supaya blog ini ada yang baca juga otomatis nggak bisa diakses lagi. Reset seperti awal punya blog lagi. OW OW OW! (Lah apaan sih, Kuh.)
Rencana ini sebenarnya sudah lama banget. Sekitar pertengahan tahun lalu. Prosesnya selama itu karena aku harus menunggu mas mas pemilik kukuh.id sebelumnya menghabiskan masa kontrak domain ini. Setelah November kemaren nggak dia perpanjang, domain kukuh.id akhirnya bisa dibeli juga. Aku sebenarnya agak ngeri juga dengan biaya pertahunnya yang mencapai Rp.500.000. Artinya, 1 tahun domain kukuh.id sama dengan 7 tahun domain kukuh.my.id.

Mungkin satu satunya alasan kenapa aku mau aja beli nama domain semahal ini cuman karena kepuasan. Sama seperti fans JKT48 yang rela bayar ratusan ribu untuk selembar photopack member favoritnya. Sama seperti orang yang ke bioskop berkali-kali cuman untuk nonton film yang sama. Sama seperti anak alay yang rela beli lem rajawali cuman untuk mabuk nyium baunya. Nggak ada yang mengerti kecuali dia yang merasakannya.

---

Tema dan featured image blog ini juga diperbarui. Sudah nggak ada lagi judul besar yang menghalangi gambar seperti postingan sebelumnya. Warna blog yang sebelumnya didominasi merah-putih-abu abu sekarang menjadi merah-biru-putih yang keliatan lebih enak dilihat daripada tema yang sebelumnya.

Karena aku dari dulu cupu dalam urusan desain dan penggabungan warna, aku minta bantuan Mba Novi untuk membuat template featured image berserta pilihan warnanya.  Kalau pernah liat desain desain dari BEMKM Unmul atau Mulawarman Festival, itu semua Mba novi yang buat branding-nya. Jago banget kan. Mba Novi juga pernah kuceritakan di post ini. Beberapa minggu kemudian, jadilah tema dan featured image kayak gini.

Kalau kayak gini, artinya postingannya berisi tulisan yang personal.
Cerita tentang keseharian, petualangan yang nantinya jadi arsip kehidupan.

Kalau warna ini, artinya postingnnya berisi info atau apapun yang menambah
pengetahuan supaya blog ini berguna bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Kalau warna ini, artinya berisi postingan yang diluar 2 kategori tadi.
Tulisanku yang dipublikasikan di blog lain juga akan ditandai warna ini.

---

Selain punya blog ini, sebenarnya aku juga punya blog di catatan.kukuh.id (sebelumnya daily.kukuh.my.id). Blog itu berisi tulisan yang lebih singkat dan lebih personal. Beda dengan blog ini yang pengen populer, blog itu lebih sering jadi tempat nyampah kalau lagi galau, kalimat singkat yang cuman aku yang ngerti maksudnya dan postinagan hasil sync dari sosial media lain. Aku sendiri nggak ngerekomendasikan buka, tapi kalau kamu orangnya kepo boleh aja main kesana. Aku juga nggak tau blog itu ada yang mengunjungi apa enggak karena kolom komentar dan statistik blognya sengaja di disable. Info lengkap tentang blog catatan.kukuh.id pernah kuceritakan di sini.

Di tahun ini mungkin aku nggak akan muluk muluk ngasih janji update setiap minggu. Bukan karena nggak mau, tapi memang waktunya sudah nggak sebebas dulu. Dunia nyata, dunia kuliah, kerjaan dan kewajiban nulis di blog East Kalimantan Centre dan di Undas cukup bikin blog ini jadi terlantar (semuanya memang sengaja disebutkan supaya keliatan sibuk), tapi mudah mudahan kamu masih mau aja baca tulisan di blog ini dan suka dengan perubahannya.

*Buat kamu yang produk, event atau blognya pengen di branding sama Mba Novi, hubungi aja lewat WhatsApp di +6282255272023*

Comments

  1. Wooo, pindah domain juga. Semoga kuat bayar tagihannya tahun depan, Kuh. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Kalau nggak kuat ikam mau bantu sokongan lok.

      Delete
  2. wow, 500 ribu pertahun, keren domainnya .id sebenarnya saya juga punya pikiran ingin beli domain itu, tapi duitnya belum cukup. Terus juga sama seperti diatas, mempertimbangkan ganti domain sama seperti ganti rumah. Ternyata sibuk sekali penulis blog ini, semoga bisa tetap update ke depannya ya, keren gambarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, kadang masih ngeri juga gimana bayarnya tahun depan hahahah

      Ah nggak sibuk kok. Cuman sok sokan keliatan sibuk aja :D

      Delete
  3. Selamat pindah rumahhhh dan semangat terus nge-blog-nya ya. Waduw, sibuk bener jadwal nulisnya. Tapi 500 ribu setahun itu waw ya.

    ReplyDelete
  4. Weh tampilannya enak...
    Kalo pindah rumah harusnya syukuran nih.. hehe

    Eh itu jasa bikin template berapaan?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung sih. Kalau emang pengen, coba aja cari jasa jasa yang bikin template siapa tau ada yang cocok. Atau coba aja chat mba novi yang udah kukasih kontaknya di paragraf terakhir.

      Delete
  5. Pertama2 selamat bg atas rumah barunya. tapi mahal juga ya domain id bisa sampai 500rb. beda jauh sama domain .com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya. Tapi tertariknya sama domain .id sih..

      Delete
  6. Akhir-akhir ini banyak yang pindah domain, beberapa masih bingung mau pakai hosting yang mana. Aku masih gini-gini aja, masih nelum kepikiran mau pakai domain.

    Selamat atas domain barunya, biasanya pakai .com ini anti mainstream pakai .id biar Indonesia banget kali ya. Templatenya juga bagus. Makin sering ngeblog aja, kalo 500ribu tapi gak diapa-apain kan percuma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. .com udah terlalu mainstream hahahah.

      Okeeee

      Delete
  7. Ngomong ngomong, mba novi jomblo enggak? he.


    ehm, domain baru, rumah baru. semua mulai dari awal. Jejak link alamat sebelumnya enggak bisa lagi di akses. sama kayak memilih hati baru. mulai dari awal, mengenal lagi, jejak history yang lalu jangan diakses lagi.

    btw perpaduan warnanya oke juga. kalem. simple.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau. Silakan di modusin sana hahahah

      Nah, bener. Itu sayangnya sih, semuanya balik ke awal lagi.

      Makasih :D

      Delete
  8. Mahal banget bang. Tapi bener sih, yang bisa ngerasain kepuasannya cuma yang ngejalanin. Kayak kimcil, cuma dia yang tau kepuasannya punya bekas kena snalpot di kakinya.

    Tapi bang, kan sayang kalo mahal-mahal tapi jarang ngepost. Ngepost lah bang. Paling nggak 1 tulisan aja perjam.

    ReplyDelete
  9. Domaim baru. Sementara gue yang masih pake domain gratis hanya bisa iri. :(

    ReplyDelete
  10. semoga sukses dengan domain baru dan segala yang baru dari blog lo kuh.. gue dukung lo untuk terus improve blogging skill maupun branding nya semog abisa jadi sesuatu yang bisa membawa lo jadi penulis profesional hehe

    keren lah

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.