3 bulan menghilang


Saat aku membuka dashboard blogger dan klik tombol orange dengan keterangan "new post", aku seperti kembali kepada masa itu, ketika ngeblog menjadi aktivitas yang nggak bisa ditinggalkan setiap harinya. Saat membuka halaman ini, aku belum memiliki ide tentang apa yang mau ditulis. Tapi aku pengen menulis, pengen bercerita lagi di sini. Yang penting adalah mulai ngeblog lagi.

Dalam 3 bulan terakhir ini sudah banyak banget momen yang nggak sempat terdokumentasikan lewat blog akibat banyaknya hal-hal yang lebih di priotitaskan. Sayang banget cerita-cerita yang harusnya kubagikan ke kamu (yang sebenarnya kamu nggak peduli juga) terlupakan begitu saja.

Karena sudah 3 bulan menghilang dari peredaran, mungkin di tulisan ini aku akan menjelaskan secara singkat mengenai apa saja kegiatan yang aku lakukan selama 3 bulan kebelakang. Dimulai dari ujian semester, bulan puasa, membuat podcast, sampai kabar tentang seorang sepupu yang ingin menjadi YouTuber.



Ujian semester.
Daftar mata kuliah semester lalu.

Untuk pertama kalinya semenjak kuliah, ujian semester bertabrakan dengan hadirnya bulan puasa. Fakultasku sangat percaya kalau puasa itu nggak boleh menghalangi aktivitas sehari-hari. Saat fakultas lain sudah selesai ujian dan mahasiswa rantau sudah pulang kampung, maka fakultasku baru memulai ujian semester. Hebat sekali.

Untungnya hampir semua dosen membuat ujian dalam bentuk tugas yang dikerjakan di rumah, seakan tahu kalau mengerjakannya di kelas akan mengurangi pahala puasa (yaa tahu sendiri lah kebiasaan kami).

Walaupun banyak mahasiswa yang senang karena bisa mengerjakannya bersama buku (dan Google, tentu saja.) tapi ujian seperti ini juga lebih menguras waktu karena banyak juga yang berbentuk praktek atau clipping. Aku senang dengan ujian seperti ini karena hasil yang tercetak di kartu hasil ujian ternyata sangat menyenagkan, nilai yang sepertinya nggak bisa didapatkan kalau ujian tertulis di kelas. Mantap lah.

Petasan anak-anak.
gambar: kaskus.co.id

Di bulan puasa kali ini aku sudah berusia 19 tahun. Masih muda, tapi sudah nggak layak lagi untuk kejar-kejaran dengan ustadz karena bermain petasan.

Di bulan puasa kali ini aku mempunyai sebuah kebingungan dalam menyikapi bocah-bocah yang hobi meledakkan petasan tanpa kenal waktu, apakah aku harus memaklumi mereka karena di masa kecil dulu aku juga begitu, atau aku menjadi om-om brengsek menurut para bocah karena mengganggu mereka meledakkan sesuatu yang hanya setahun sekali.

Podcast Meranyau

Selama satu tahun kebelakang, setiap hari Senin aku selalu mendengarkan podcast awal minggu milik Adriano Qalbi. Podcast yang berdurasi satu jam itu membuatku terinspirasi untuk membuat podcast juga.


Podcast Meranyau namanya, sebuah podcast berdurasi 15 menit yang akan di-update setiap Sabtu pagi. Meranyau ini berfungsi untuk menyalurkan kebacotanku di dunia maya. Pada episode 1, podcast itu hampir didengarkan 30 orang, namun di minggu berikutnya aku kehilangan lebih dari 90% pendengar dan hanya memiliki 5 penonton setiap minggunya. Tapi aku nggak menyerah, podcast ini rencananya akan aku publish setiap hari Sabtu pagi di channel YouTube dan Soundcloud. Info lengkap tentang podcast ini mungkin akan diceritakan di post tersendiri.

Sepupu yang ingin menjadi YouTuber.
Aku sedikit terkejut saat sepupuku yang masih SMP menulis status di Facebook: "Please LIKE, Comment, Subscribe. BOOOM!" Setelah aku buka profil Facebook-nya, ternyata dia memang sedang mencoba untuk menjadi YouTuber dengan mengupload video beatbox.


Aku sih sebagai kakak sepupu mendukung aja karya yang diciptakannya, apalagi YouTube memang sedang ngetren. Siapa tau dia jadi terkenal dan bisa membantu aku yang dari dulu begini-begini aja. Yang penting dia jangan jadi anak Swag seperti Young Lexx atau jadi YouTuber yang sering main game sambil ngomong kasar aja. Belum cukup umur.

Sebagai penutup dari postingan ini, aku pengen membagikan screenshot yang sempat membuatku terharu saat menerimanya.



Terima kasih banyak meeen, sebisa mungkin aku akan update blog ini setiap hari Jumat. (Ternyata ada juga ya yang pengen baca tulisan baru di blog ini.)

Sumber featured image: http://webneel.com/

Comments

  1. Ukhuk. Ternyta dirimu udah terkenal ya Kuh. Sibuk banget keknya. Jadi, gue sendiri ngerasa keteteran sama kegiatan, lo.

    Keknya, dari semua kegiatan, yang menguras adalah Ujian dan Podcast Soalnya gue juga pernah buat. Tapi, 3x upload, gue off. Kenapa? Karena waktu bung.. Waktu... Ngedit suara supaya bening gak kelar 1 hari. Bahkan, udah berkali2 dengerin, selalu aja ada nois. Nah, itu proses yg lama.

    Maklum, alat seadanya. Beda sama lo kuh. Merekamnya aja di Radiokan?

    ReplyDelete
  2. Wah iya ya, baru mampir kesini lagi. Haha. 3 bulan lama juga, udah berdebu. Gw sih usahain tiap minggu post di blog, apa aja. :D

    Gue juga dulu sering dengerin podcast adriano qalbi, cuma sekarang udah jarang. Gue baru tau lu bikin juga, dengerin ah...

    ReplyDelete
  3. wah lo sekarang jadi mahasiwa ya kuh, banyak kegiatan sebagai mahasiwa yang menghentikan lo nulis blog, untung lo disadarkan karena nulis di blog itu sunnah muakad kuh nget itu.. haha

    gue juga punya podcast please love that kuh hahaha

    ReplyDelete
  4. Wah, blognya udah gak berdebu lagi nih, yang tiap jumat mau apdet ya kan.

    Btw, itu sepupunya jago beatbox ya, sebagai kakak sepupu yang baik, bimbing terus bang, jangan sampe jadi youtuber yang salah, yang cuman bisa maen game teru ngomong kasar, eh, tapi dia kan beatbox ya, hehehe..


    ReplyDelete
  5. Hampir sama kuh, kemarin pas bulan puasa, di kantor banyak banget tugas, sampe akhirnya aku milih vakum dari ngeblog, tapi cuman sebulan sih.

    Aku bikin podcast tapi di soundcloud, please dengerin yah..

    ReplyDelete
  6. Yosh !!! balik lagi kedunia blogging ...

    BTW ... Semoga hasil ujian semester nya bagus kuh :D , btw pas bulan puasa itu , emang banyak anak anak yang main petasan di setiap waktu .

    Yaaa itu bisa ngeganggu kita sih ! EMANG .

    ReplyDelete
  7. Well, akhirnya setelah sekian lama nih komentar di blog kamu lagi haha.

    dan postingan ini kayaknya kilas balik kesibukan kamu selama 3 bulan kemarin yaa. Ujian semester yang dilakukan pas bulan puasa gitu pasti makan waktu banyak banget ya, makanya kamu sampai nggak punya waktu buat ngeblog.

    Well, aku barusan dengerin podcast kamu di atas loh. dan ternyataa, keren banget! Kamu cerewet banget, jadi pas deh kalau bikin podcast kayak gitu hehe.

    Tetep semangat aja, Kuh, seenggaknya aku udah menambah satu view kamu haha. enggak deh bercanda. tetap konsisten bikin podcast di YouTube dan soundcloud kayak gitu, jangan lupa kencengin juga promosinya biar yang degnerin banyak. bahasan kamu asik juga kok sebenernya.

    ReplyDelete
  8. Akhirnya kembali ke dunia blog! Yeahhh...

    Tulisan ini jadi kisah selama tiga bulan ya. Masih kurang jelas sih, tapi intinya lo sibuk banget. Hehe

    ReplyDelete
  9. Sepertinya bulan-bulan ini bulan bangkitnya para blogger yang sempet menghilang ya. Semangat bang buat projectnya. Semangat terus buat ngejar viewers.

    Aku juga kemaren UAS pas bulan puasa. Masih mainan petasan juga kemaren, hahahaha. Kangen masa kecil. Kalo aku sih nggak bakal marahin tuh anak kecil kalo waktu ngeledakinnya itu disaat yang tepat. Kalo jam 12 malem dan diledakin di depan rumahku sih, langsung tak smack down tuh anak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau sudah dibaca langsung kasih komentar ya. Biar blog ini keliatan banyak yang baca.