Hati-hati dengan Seseorang yang Nothing to Lose


Judul itu memang nyata. Kita perlu hati-hati dengan seseorang yang bermain tanpa beban, tanpa banyak berpikir, tanpa takut apa-apa. Orang yang nothing to lose tidak takut apapun karena kalau menang untung, kalah tidak rugi. Siapa tahu keberuntungan datang.

Kabar baiknya, semua orang bisa menjadi nothing to lose. Tinggal memulai saja tanpa modal dan ekspektasi tinggi, dengan begitu tidak akan kehilangan banyak. Dalam usaha, aku pernah ada di posisi ini. Dalam memasarkan produk jersey bola custom, aku datang ke lapangan futsal dan menawarkan kepada setidaknya lima tim per hari. Setelah seminggu hasilnya memang tidak ada yang beli tapi aku tidak kehilangan apa-apa kecuali waktu, yang terbayar dengan pengalaman. Impas.

Kurasa mindset ini juga harus terus ada. Perasaan saat pertama kali ada yang beli rasanya senang bukan main. Mencoba lebih banyak dan menjadi gigih adalah satu-satunya modal yang semua orang bisa, tapi tidak semua menggunakannya. Sebagai orang yang bisa dibilang rata-raa, aku tidak pernah di posisi sebagai pemain unggulan di bidang apapun. Justru jadi modal untuk menjadi nothing to lose. Semakin tidak diunggulkan seharusnya membuat kita nggak takut. Kalau ternyata gagal juga nggak ada yang peduli.

Aku percaya, nothing to lose itulah yang akhirnya menjadikan seseorang beruntung. Seperti yang kita tahu, tidak ada yang mengalahkan orang beruntung. Cerita tentang itu akan kusampaikan lain kali.

Ditulis setelah menonton video wawancara di YouTube.

Komentar